Selasa, 17 Januari 2012

Puding Kentang Biskuit

Puding Kentang Biskuit


Mmmmmh...puding bener-bener yummiii...lapisan kentangnya lembut, begitu pula dengan puding cokelatnya. Enaaak deh pokoknya. Ini resep mama, tapi baru sempat aku bikin. Sebenarnya dari satu buku resep warisan mama sudah 3/4nya aku praktekkan...dan tak satupun mengecewakan. Secara beliau juga dulu hobby cooking and baking. Akunya jadi ikutan deh...hehe

Ada yang lucu dalam pembuatan puding ini. Ternyata aku salah lihat resep. Di resep tertulis satu 1/2 gelas kentang, lha aku bacanya ngawur jadi 1/2 kg. Pas kuenya udah jadi dan aku mau tulis resepnya baru ketahuan dimana salahku. Tapi kok pudingnya tetap enak ya?? nggak keras padahal kentangnya agak kebanyakan. Malah aku suka teksturnya. Tapi tuk resep di bawah aku tulis aslinya aja ya...

Bahan puding kentang :
- 200 gr kentang kukus (blender)
- 200 gr gula pasir
- 1 telur utuh + 2 kuning telur
- 1 1/2 sdm margarin (lelehkan)
- 150 ml susu kental manis diencerkan dgn 150 ml air
- 25 gr terigu protein sedang
- 25 gr tepung maizena
- 1/2 sdt vanili

Bahan puding cokelat (campur rata, masak sampai mendidih):

- 200 gr gula pasir
- 1 bks agar-agar putih
- 1/2 sdt vanili
- 3 sdm cokelat bubuk (ayak)
- 1 sdt moka pasta
- 750 ml susu cair

Pelengkap :
- biskuit marie secukupnya

Cara membuat :
  1. Puding kentang : kocok telur, gula dan vanili sampai kental dan putih. Turunkan berturut-turut sambil terus dikocok pelan : kentang, larutan susu, dan margarin. Kocok pelan sampai rata.
  2. Tambahkan tepung terigu dan maizena, kocok rata.
  3. Tuang di loyang bulat diameter 22 cm atau loyang kotak 20x20x7cm yang dioles margarine.
  4. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Angkat. Tata biskuit marie (yang terlebih dulu dicelup dalam susu cair sebentar) di permukaan puding kentang.
  5. Tuang larutan agar-agar cokelat perlahan agar biskuit tidak berhamburan. Hilangkan uap panasnya. Dinginkan dalam lemari es.

Puding Kentang Biskuit




42 komentar:

Sashy mengatakan...

Ditunggu resepnya mba Hesti :) (ngk sabaran hehee)

Anonim mengatakan...

Sepuluh tahun yang lampau saya pernah bikin puding kentang biskuit dari femina. Tapi resepnya raib entah kemana. Sekarang di blognya mbak hesti memuat puding ini. Tolong mbak hesti buruan ditulis resepnya biar saya bisa praktek. Makasih ya mbak.

Rina Audie

Hesti HH. mengatakan...

Wah wah...udah selesai mbak resepnya. Silahkan dilihat dan dipraktekkan...

Tnyata resep Femina ya?? Aku mau pasang sourcenya takut bukan resep asli Femina lagi. Mungkin udah dimodif sana sini. Ntar dituntut...hahaha

Anonim mengatakan...

Makasih mbak Hesti, resepnya sudah ditulis. Aku bisa praktek lagi. Mumpung punya stok kentang dan agar-agar bubuk. Seingatku puding ini memang memakai biskuit mari. Tapi proses membuatnya lupa-lupa ingat. Ternyata ada proses pengukusan juga. Waktu aku bikin puding ini dulu, tetangga rumah aku bagi. Dia bilang " wah yang bikin orang yang sudah ahli nih ". Hahahahaha....aku maluuuu banget dengernya karena resepnya aja hasil nyontek. Bukan kreasiku sendiri gitu. Sekali lagi makasih ya mbak Hesti.

Rina Audie

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama Mbak Rina, semoga bermanfaat.

Iya mbak emang enak pudingnya, rasanya khas dan unik tapi sama sekali gak berasa makan kentang. Mungkin mbak emang udah ahli mbak...hehe, kan gak harus menciptakan resep sendiri biar jadi ahli. Justru kalo berhasil meniru resep aslinya dengan sukses itu baru hebat...apalagi jenis kue yg rumit pembuatan.

Okey...happy baking eh steaming ya mbak...semoga pudingnya sama rasanya dgn yg dibuat dulu. Cuman kalo mbak gak tlalu suka manis, gula di puding kentang resep ini bisa dikurangi dikit.

Moulina Fajrin Isra mengatakan...

assalamu`alaikum...mbak,saya udh nyoba resepnya...gulanya dikurangin & hslnya enak bgt apalgi dimakan pas dingin ^_^...makasi ya mbak


ina-medan

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam.
Makasih mbak udah nyobain resepnya...turut senang kalo berhasil dan pada suka resepnya ^^

Anonim mengatakan...

ijin mau di coba mba..

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan, semoga sukses ya mbak...

Alice mengatakan...

Hes, aku mau coba nih, cuma mau nanya satu hal... Itu agar2 bubuk nya kalo di Indo berapa gram ya? Soalnya aku inget kyknya yg disini isinya lbh banyak deh... Mau konfirmasi dulu, daripada ntar jadinya kerasss hhehehehe... Makasih ya :P

Hesti HH. mengatakan...

Hehe iya mbak. Di sini ukurannya 7 gram mbak sebungkus...

tyas mengatakan...

Mba knp ya saya coba buat kok ga seperti gambar diatas :D
Puding kentangnya ngembang dan pecah2 bagian bawahnya setelah dikukus, trs biscuitnya jadi mengapung dipuding coklat.
Padahal sdh ikutin cara yg mba tulis.
Tlg infonya ya mba..kira2 kurang dan lbh dimana.
Oia..utk ukuran tepung 25gr itu kira2 brp sendok makan ya mba?

Hesti HH. mengatakan...

maaf mbak kalo nggak sukses. Mungkin mbak gunakan panas yang tinggi sekali sehingga pudingnya mengembang sekali dan ketika keluar jadi rusak. kalau biskiutnya memang nggak bisa turun di dasar dia hanya ngapung aja mbak.

25 gr ama dengan 2 sdm agak munjung ya mbak.

Anonim mengatakan...

Mbak... kok ngga bisa di copas y,,, alna q pengin coba bikin,,, lagi gandrung ama yg berbau puding nih,,, :)

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mbak sengaja saya setting begitu karena kemarin ada beberapa orang yang clonning blogku. DIa copy semua isi blogku lalu diganti namanya jadi punyanya...sedih aku mbak orang enak enak aja claim yang bukan haknya. Sama sekali nggak ada usaha dan keringatnya tinggal mau enaknya. Dia pasang iklan tuk dapat uang. Maaf ya...terpaksa dicatat dulu

sastia mengatakan...

Sy sudah coba resepnya, tp gulanya sy kurangi sedikit karena buat saya agak kemanisan. Berhasil. Makasih banyak mbak Hesti, nanti sy coba resep mbak Hesti yang lain....
Mengenai biskuit yang mengapung, saya pakai trik sedikit. Biskuitnya saya tata saat lapisan kentangnya baru keluar dari kukusan, ditekan agar melekat pada lapisan kentang. Di samping itu uap panasnya akan melembutkan biskuit tadi jadi biskuitnya ga perlu dibasahi lagi. Jika menggunakan biskuit biasa dengan bentuk segi empat, biskutnya bisa ditata miring berlapis-lapis dengan sedikit jarak, ditancapkan ke adonan kentang. Insya Allah biskuitnya nggak mengapung lagi...dan pudingnya menjadi sangat cantik saat dipotong.

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaaah, memang kegagalan itu pengelaman berharga mbak, kita jadi bisa belajar darinya. Betul sekali kata mbak biskuitnya ditaruh pada saat masih panas pudingnya. Muakasiiih tak terhingga tuk sharingnya. pastinya berguna buat teman teman yg akan mencoba resep ini...

Anonim mengatakan...

Mba.. klo kentangnya diganti sama ubi ungu bisa ngga yaa Mba.. masaknya dipanggang lalu diberi parutan keju diatasnya.. soalnya lg banyak stok ubi ungu, dan kebetulan dirumah suka dengan pudding.

Hesti HH. mengatakan...

Itu sesuai selera aja mbak. Cuman kalau ubi ungu ada sedikit bau langunya khas ubi. Kreatifitas sih nggak terbatas...kalau jadi kabarin yaaa

teredisya mengatakan...

mba..kmrn aq buat tp kok kentang ama agarx pisah yah? ga' nyatu kyk d foto.. :(

Hesti HH. mengatakan...

Saya juga kurang paham mbak. Tapi mungkin saja kocoknya mbak kelamaan jadi pisah padatannya. Atau margarinnya dilelehkan sampai terpisah minyaknya. Baiknya sih margarin dilelehkan asal panas aja. Habis itu angkat dan aduk terus sampai meleleh semua. kalau kelamaan atau bahkan sampai mendidih maka akan berpisah lemak dan cairannya.

hera mengatakan...

Mbak Hesti mau nanya, bisa tidak susu cairnya diganti santan kental?

Hesti HH. mengatakan...

Boleh mbak, tapi kalau kentalnya langsung dari kemasan (bukan yang seger) sebaiknya ditambah air dulu ya biar gak blenek hasilnya ^^

hrea mengatakan...

Ass. Saya buat puding ini tadi sore, gula sy kurangi (bawah 150 gr n atas 160gr)rasa manisnya pas untuk keluarga mungkin karena rasa biskuit juga manis dan menuruti saran mbak Sastia biskuit sy tancapkan ke lapisan kentang jadi waktu coklat dituang biskuitnya tdk melayang. Terima kasih lagi mbak Hesti untuk resepnya

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Asyiiiik, dapat ilmu jg akunya...lain kali bikin udah betterlah. makasih ya...

Anonim mengatakan...

mbak, puding ku koq ga bisa keluar dari loyang ya? bgn bawahnya lengket nempel loyang, pdhl loyangnya da ku oles margarin, knp ya mbak? apa ada trik-trik khusus? hehe..

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin kurang banyak olesannya mbak. Harusnya gak nempel krn aku dah buat berapa kali gak masalah.

hera mengatakan...

Ass. Mbak Hesti sy baru saja lihat resep n foto puding ini di copy dan diakui atas nama 'informasikan.com' coba Mbak Hesti cek dulu

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Iya betul sekali. memang mbak banyak sekali yg suka ambil foto/resep. Sampai bingung mau gimana lagi >,<

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak hesti. Aq sdh cobain resep ini dan hasilnya uenak tenan... Cuman punyaq biskuitnya aq taruh diatas puding coklat dan di beri sdkt olesan jeli atau agar putih biar g lepas. Jdnya tambah cantik.

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak, alhamdulillah kalau suka. makasih feedbacknya ya serta tipsnya, siapa tau lain kali aku coba versinya mbak ^^

Anonim mengatakan...

saya udah coba Mbak. lembuut banget. makasih resepnya y :)

marieska

aza kayla mengatakan...

assalamuallaikum mbak hesti sy dah 2 kali nyoba yg pertama gagal karna pisah kentang n puding ckltx. tp sy pantang menyerah td sore bt lg n alhamdlllah hslx memuaskan. lembut pudingx pokoe sempurna makasi ya mbak atas rsp2x .

Hesti HH. mengatakan...

@Marieska : makasih juga mbak...

@Aza : waalaikumsalam, salut sama mbak Aza...tp memang proses baking itu pantang patah semangat. karena resep yang terbaik biasa didapatkan dari beberapa kali percobaan gagal ^^ ilmunya yg penting, kalau prnh gagal jadi tau dimana selanya dan lebih berhati hati. Sukses terus ya mbak, bakingnyaaaa...

Anonim mengatakan...

mba hesti..aku udah coba 2x puding ini tapi nempel terus di loyang ga bisa di lepas..ada trick ga ?

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin kurang tebel aja mbak olesannya...

Mazaya Muslimah mengatakan...

Asalamu'alaikum,,mba..ikut promo yach :-D
klik yuks?? www.mazayabandung.com

Add :
FB => mazayamuslimah@gmail.com
YM => mazaya_bandung@yahoo.com

Diantosss,,nuhunnn ('_^)

Shirley Theresia mengatakan...

Mbak Hesti, minta izin untuk repost resep puding ini di blog ya. Makasih ....

feni eka fitriani mengatakan...

Mbak, anakku kan lg alergi telur sm susu sapi... Kira2 utk kedua bahan itu bisa diganti apa ya?? Kl diskip aja, gimana??

feni eka fitriani mengatakan...

Salam kenal mbak... Mbak, anakku kan lg alergi sm telur dan susu sapi... Kira2 kedua bahan itu bisa diganti dg apa ya?? Kl dskip aja gimana?? Trims

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan ci Shirley....

Hesti HH. mengatakan...

Nggak rich lagi rasanya mbak...bisa dicoba puding gula merahnya aja tanpa telur

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails