Kamis, 05 Januari 2012

Bolu Kambu


Bolu Kambu


Waktu mama datang ke sini bulan lalu, beliau ikutan intip-intip blogku. Pingin lihat variasi isinya. Terutama seberapa banyak resep-resep beliau udah kudokumentasikan. Katanya..."masih ada yang kurang niy...belum ada bolu kambu", itu lho masih sodaraan sama paria kambu, hahahaaa. Lha aku gak tau gimana cara bikinnya...waktu dulu mama bikin kayaknya aku lagi bolos masuk dapur...hehe. Segera mama menguraikan panjang lebar resep dan cara bikinnya. Tapi seperti biasa pake ilmu kira-kira. Waaaah, kalo resep rumit kayak gini pake ilmu kira-kira, aku khawatir hasilnya gak sesuai dengan yang diharapkan.


Kebetulan kemarin waktu Tabloid Saji langgananku datang aku dapat bonus kalender yang isinya beberapa resep makanan khas daerah. Termasuk di dalamnya resep bolu kambu atau bahasa Indonya ikan bandeng isi. Horeeee... luv u pul Saji *sambil ngecup-ngecup kalendernya* . Segera aku menyiapkan bahannya. Agak mirip-mirip dengan paria kambu, bedanya isian ikan bolu ini adalah dagingnya sendiri yang dikeluarkan lalu diolah bersama kelapa sangrai, telor dan bumbu-bumbu.
Lumayan ribet. Yang paling ribet adalah mengeluarkan daging bandeng dari kulitnya. Alamaaaak...walaupun berhasil tapi dengan susah payah. Kalo di resep malah bandengnya utuh, dipukul-pukul lalu dikeluarkan isi dan tulangnya. Aku nggak bisa, hingga ikannya kubagi dua. Baru deh bisa ditarik keluar isinya. Ampuuuun...kapoook deh. Walaupun hasilnya enak, gurih dan setimpal dengan prosesnya pembuatannya, kayaknya aku gak bakalan bikin lagi, kwkwkwkw...yang lucunya sewaktu ikannya digoreng kulitnya menciut hingga isinya menyembul keluar...tapi tetep cantik kok.

Oh iya, karena resep ini masih kurang dikenal, maka untuk mempromosikannya seperti biasa aku ikutkan dalam ajang IFP (Indonesian Food Party) edisi bulan ini dimana MBak Tata dan MBak Momon sebagai adminnya. Makasih yaaa udah diberi kesempatan tuk ikutan...


Berikut resepnya aku catat dari Kalender Tabloid Saji ya...


Bahan :

- 2 ekor ikan bandeng (1000 gr)

- 2 butir telur

- 100 gr kelapa parut kasar, sangrai, haluskan

- 1 1/2 sdm air asam jawa, dilarutkan dalam 2 sdm air

- 1/2 sdm garam

- 1/2 sdt gula pasir

- minyak untuk menggoreng


Bumbu halus :

- 1 sdt ketumbar sangrai

- 1 batang sereh, ambil putihnya lalu goreng

- 1 cm lengkuas, goreng

- 5 butir bawang merah, goreng

- 2 siung bawang putih, goreng

- 1/2 sdt merica bubuk


Bahan sambal mangga (my version) :

- 1 buah mangga mengkal, serut

- 4 buah cabe rawit

- 1/2 sdt terasi goreng

- garam secukupnya

- gula secukupnya


Cara membuat :
  1. Bersihkan ikan. Pukul-pukul badan ikan. Keluarkan tulang ikan dan dagingnya.
  2. Kukus daging ikan di atas api sedang 15 menit sampai matang. Bersihkan durinya, haluskan.
  3. Campur daging ikan, bumbu halus, kelapa sangrai, telur, air asam, garam dan gula pasir sampai rata.
  4. Masukkan ke dalam kulit ikan sambil dipadatkan. Celupkan ke dalam telur. Goreng dengan api panas sedang sampai matang dan keemasan. Angkat.
  5. Sajikan bersama racak racak mangga.

Tips tuk buat sambel mangga : kalo mangganya jenis yang asem, sebelum dibikin sambel diserut dulu lalu diremas remas dengan air garam lalu cuci dan saring. Baru deh dipake tuk nyambel. Jadi gak terlalu asem.

7 komentar:

Miss 'U mengatakan...

waa.. ini enak banget mbak, mama dulu juga pernah bikin *ngeces*
tapi kayaknya kasusnya sama ma mbak hesti, mama jarang bikin ini karena males ngeluarin durinya... kalo moodnya lagi bagus baru minat bikin ini :D

Hesti HH. mengatakan...

Beneeeer...enak! Aku kayaknya nggak pengen lagi bikin mbak walopun nggak repot. Kemarin itu penasaran aja, jadi nantang diri sendiri tuk bikin. Kayaknya ini pertama kali dan tuk terakhir kali, hehehe...

Nurhikmah Ayin mengatakan...

ceritanya mau ngasih kejutan...bikin bandeng isi ini...
capek capek seharian misahin tulang ikan bandeng... sampe mata kunang2 (lebay)
eh ternyata misua gak suka...katanya bandeng di bakar aja,,pake sambel ama jeruk nipis udah paling enak.
akhirnya makan sendiri deh ikan bandeng 1kilo.
misua emang tipe standar kalo masalah selera makan, gak suka yang aneh2. padahal ini kan masakan dari sana ya !!!!

Hesti HH. mengatakan...

Waduuuuh...turut prihatin mbak. Sedihnya dah bergumul seharian tnyata hubby gak suka. Artinya lain kali jangan diksh kejutan makanan yg blm pernah dimakan, hehe. Memang kalo di sulawesi ikan bandeng cuman dibakar atau dipallumara (masak kuah kuning) kalo olahan lain seperti bolu kambu memang khas juga tapi bukan menu harian ^^ karena ya itu....supeeerrr ribet bikinnya.

Mardhiyah radhi mengatakan...

Assalamu alaikum...salam kenal mba hesti.. Sy juga dr makassar :).
Mama' sy sering bikin bolu kambu,,tp kambunya bukan kelapa sangrai,,melainkan kentang,wortel dan buncis yg dipotong/iris kecil2 (goreng terpisah) yg dicampur dgn daging ikan bolu yg masih mentah (jadi ikannya tdk dikukus/dimasak). Bumbunya cuma bamer,baput dan merica lho...tp rasanya mantap mentong..
Maaf kalo kepanjangan dan skalian sy izin bookmark resep2nya ya.... ^_^

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Wah baru tau resepta' sepertinya lebih mudah ya. PAsti rasa dan aromanya beda juga dibanding yang pake kelapa. Kapan kapan dicoba, makasih sharingnyaaaa...
Silahkan dibookmarked...

lisa diah rahayu mengatakan...

mbak hesti, setelah berkali2 nyoba praktekin resepnya mbak baru kali ini yang superduper maha ribet. tapi bandengnya uenak banget bapak ku suka banget. katanya kalo untuk ukuran seorang mahasiswa yang baru belajar ini bandengnya jelewat enak...
wkwkwkwk.. :D

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails