Rabu, 02 Maret 2011

Kue Toli-toli


Toli-toli adalah kue tradisional dari Sulawesi. Kenapa disebut toli-toli? Yaa...karena bentuknya. Toli artinya telinga dalam bahasa sini...nah karena kue ini bentuknya kayak telinga makanya dinamakan toli-toli...hehehe. Rasa kue ini mirip-mirip dengan kue cucur gula merah. Apa memang bahannya sama kali ya...?

Aku dapat resep ini dari adinda Hera yang manissss...makasih ya tuk mamanya udah dibagi resepnya. Tapi ternyata hasilnya gak secantik buatan yang punya resep. Walaupun rasanya udah enak, tapi bentuknya pas digoreng agak pecah dikit. Mungkin ada kesalahan dalam proses pembuatannya. Hehe...soale takarannya pake kira-kira...



Bahan :
- 2 bag tepung ketan
- 1 bagian tepung beras
- sedikit garam
- gula merah dimasak dengan air
- wijen
- minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Campur tepung ketan, tepung beras dan garam. Aduk rata.
  2. Setelah larutan gula merah dan air mendidih, saring lalu segera tuang ke dalam adonan tepung sambil diaduk dengan sendok kayu. Tambahkan sedikit-sedikit sampai didapatkan adonan yang kalis.
  3. Diamkan sekitar 6 jam sambil ditutup agar tidak kering.
  4. Bentuk-bentuk adonan menjadi angka delapan. Gulingkan di wijen. Goreng dalam minyak yang sedang panasnya.
  5. Tiriskan dengan tisu dapur. Setelah dingin, simpan dalam wadah tertutup rapat.

4 komentar:

meiditami mengatakan...

Aduuh suka banget dengan kue satu ini.
Thank resepnya ya.
Blog ini menarik dan membantu saya buat
masak2..hehehe

saya tarok di blogroll di blog saya ya mbak :)

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama mbak...senang kalo mbak jg suka.

Silahkan di taruh di blogrollnya mbak...

Anonim mengatakan...

Mba hesti maksudnya dua bagian sama satu bagian itu άpª ya?

Hesti HH. mengatakan...

Dua bagian dan satu bagian maksudnya 2 banding satu mbak atau 2:1. kalau tepung ketan 200gr artinya tepung berasnya 100 gram. kalau ukuran gula merahnya saya kira kira saja sampai bisa diulen.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails