Minggu, 06 Maret 2011

Roko-roko Cangkuning





Ini kue tradisional dari Makassar. Kalo di Jawa mirip-mirip kue mendut tapi kalo mendut disiram areh lalu dikukus. Sedangkan kue ini gabungan antara nagasari (tanpa pisang) dan kue Bugis. Dalamnya adonan ketan hitam yang diberi cangkuning lalu dibungkus dengan adonan dari tepung beras. Enak deh pokoknya. Kue ini sodaraan dengan kue roko-roko unti (pisang) kalo di Jawa namanya nagasari or nogosari. Roko artinya bungkus. Nah kue yang dibungkus daun pisang namanya roko-roko. Yang lucu kalo unti kan artinya isian kelapa dan gula, kalo di Makassar unti artinya pisang. Beda yaaa...

Bahan cangkuning/unti :
- kelapa setengah tua parut yang dimasak bersama air gula merah kental dan daun pandan sampai kering.

Bahan I :
- 125 gr tepung ketan hitam
- 1/2 sdt garam
- 125 gr santan kental

Bahan II :
- 250 gr tepung beras
- 50 gr sagu tani
- 150 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili
- 800 ml santan kental
- 2 lembar daun pandan
- daun pisang

Cara membuat :
  1. Bahan I : campur tepung ketan dan garam, aduk rata. Tuang sedikit-sedikit santan kental sambil diulen hingga kalis.
  2. Pipihkan adonan, beri isian cangkuning. Tutup lagi dan bentuk bulat. Selesaikan semua adonan. Sisihkan.
  3. Bahan II : campur tepung beras, tepung sagu, gula pasir, vanili dan garam. Aduk rata.
  4. Tuang santan. Aduk menggunakan whisk sampai rata.
  5. Masak di atas api sedang bersama daun pandan sambil diaduk terus agar bawahnya tidak gosong. Masak sampai adonan kental dan sudah tidak bergerindil.
  6. Ambil daun pisang, lipat bentuk kerucut. Beri bahan tepung beras. Tambahkan isian ketan itam sambil ditekan sedikit. Tambahkan lagi bahan tepung beras di atasnya sambil dipadatkan.
  7. Lipat daun pisang dari arah bawah, kiri lalu kanan. Terakhir bagian atas lipat ke bawah sambil diselipkan masuk dalam lipatan.
  8. Kukus dalam dandang yang sudah didihkan airnya selama 30 menit.
  9. Angkat. Dinginkan.


Untuk membentuk daun pisang jadi kerucut bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Lihat searah jarum jam.

8 komentar:

  1. Roko Roko unti sagang Roko Roko cangkuning are the yummiest. Thanks uda posting resep roko2 cangkuning. Ijin copas ya.

    BalasHapus
  2. Iya ini makanan makassar favorit at all times! silahkan dicopas ^^

    BalasHapus
  3. Dear Mba Hesti

    Boleh nanya ukuran daun pisang nya berapa kali berapa? :)

    BalasHapus
  4. Mbak hesti, di tempatku jarang ada yg jual daun pisang yg masih muda, yg ada yg udah tua. Minta tipsnya dong mbak biar daunnya ga sobek pas di lipat. Sy biasanya rendam air panas buat ngelennturin daunnya tapi tetap aja sering sobek, atau cara sy salah ya?? :D.. makasih ya mbak.

    BalasHapus
  5. Mbak hesti, minta tipsnya dong biar daun pisang ga gampang sobek. Soalx di siini jarang ada daun pisang yg muda. Sy biasanya cm ngerendam daun pisang pake air panas biar daunnya lentur tapi tetap saja sobek.. apaa caraku salaah ya mbak?:D makasih

    BalasHapus
  6. Kalau saya biasa dipanaskan di atas kompor dengan api kecil sampai layu dan mengkilap mbak (saya pakai kompor listrik)

    BalasHapus
  7. Mbak hesti resep"nya memang yummy deh aku sdh banyak nyontek loh n syukur smuanya sukses n jualan kueku jg mkin laris maklum selama ini aku cuma tau bikin roti doank he..he.., thanks berat buat Mbak hesti, nanya mbak klau ketan hitamnya bleh dganti ketan putih gak soalnya dtempatku susah dpat ketan hitam,skli lg thanks ya Mbak smga sukses n diberkati selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak Tya, ikut senang kalo suka ma resepnya. tentang ketannya, boleh diganti mbak, teksturnya sma kenyal cuman beda di aromanya sedikit. Tp gak masalah kan?

      Hapus

Related Posts with Thumbnails