Selasa, 08 Maret 2011

Bruschetta Tuna



Aslinya bruschetta ini adalah snack atau appetizer dari Italia. Yaitu roti prancis yang dipotong-potong, dipanggang lalu bawang putih digosok-gosokkan di atasnya dan ditaburi lelehan minyak zaitun. Tuk variasi kemudian orang-orang menambahkan bermacam-macam topping. Potongan tomat, paprika, bawang bombay dan keju mozarella. Kadang juga diisikan daging asap, daging, sayur mayur, dsb sesuai selera mereka.

Berhubung anak-anak gak doyan minyak zaitun mentah...yaaa karena baunya itu, untuk olesannya aku kasih pasta tomat aja. Itupun aku gak bikin saos dasar. Untuk simpelnya langsung kuoles di atas roti bersama cincangan bawang bombay. Agak mirip-mirip pizza sih...

Bahan :
- 1 buah french bread, potong2 serong
- 1 kaleng tuna in oil, tiriskan minyaknya suwir-suwir
- mayonaise
- bawang bombay, cincang halus
- parika hijau, potong-potong kecil
- tomat, buang bijinya potong-potong kecil
- merica hitam, tumbuk kasar
- pasta tomat
- keju mozarella

Cara membuat :
  1. Oles pasta tomat yang sudah dicampur dengan cincangan bawang bombay ke atas roti.
  2. Taburi suwiran tuna, paprika, tomat dan merica hitam. Corat-coret dengan mayonaise menggunakan piping bag. Lalu terakhir beri parutan mozarella.
  3. Panggang dengan api atas sampai keju meleleh.
Tips: kalo tidak suka bawang bombay mentah, bawangnya bisa dibikin saus dasar dulu. Tumis bawang bombay, sedikit bawang putih dan merica lalu turunkan pasta tomat. Beri air sedikit dan masak sampai menjadi pasta yang kental dan siap tuk dijadikan olesan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails