Jumat, 18 Maret 2011

Kue Mangkok Gula Merah




Dulu aku dah pernah bikin versi gula pasir. Nah yang sekarang ini dapat resep yang pake gula merah. Rasanya gak kalah enak dengan yang pake gula pasir. Cuman warna coklatnya kurang menggigit...soalnya gula merah yang kupakai warnanya agak kuning. But rasanya...enak lah yaaaww...^^. Oh iya aku gak pake gula pasir yang di resep karena udah pake soda manis. Jadi kalo mau pake gula pasir gunakan saja soda tawar. Kecuali memang suka rasa yang super sweet.

Bahan :
- 175 gr tepung beras
- 1/2 sdt garam halus
- 175 ml air dingin
- 100 gr tape singkong
- 150 gr gula palem (aku pake gula merah yg disisir halus)
- 75 gr terigu
- 50 gr gula pasir (aku gak pake)
- 150 ml air mendidih
- 125 ml air soda
- 1 sdt baking powder

Cara membuat :
  1. Campur tepung beras, garam dan air dingin, aduk dengan whisk hingga rata, sisihkan.
  2. Campur tape dan gula palem, aduk dengan garpu/tangan sampai halus, sisihkan.
  3. Tuangkan air mendidih pada terigu sambil diaduk sampai licin, sisihkan.
  4. Masukkan campuran tape gula palem dan gula pasir ke dalam tepung beras, aduk dan uleni sampai licin. Campurkan ke tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai licin, saring.
  5. Masukkan baking powder dan air soda/soft drink, aduk rata.
  6. Panaskan cetakan kue mangkok dalam kukusan yang airnya sedang mendidih. Tuangkan adonan ke cetakan sampai penuh. Kukus kurang lebih 15 menit (kalo pake cucing kecil) hingga merekah, jangan buka tutup dandang.
  7. Sajikan dengan taburan kelapa parut.

Source : dimodifikasi dari inforesep.com.

8 komentar:

Kreasi Marie mengatakan...

Mari mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :) Mampir sekarang ya..

Anonim mengatakan...

mbak
kue ku kok bantet ya
hu3x
itu air dngn maksud nya air dr kulkas yaa?
loyangnya dipanasi brp lm ya mbak?
cc

Hesti HH. mengatakan...

waaaaaa....turut sedih mbak. Mungkin kukusannya kurang panas atau isi kukusannya terlalu penuh jadi sirkulasi panas kurang maksimal. Loyangnya dipanasi sekitar 5 menitan mbak dalam kukusan. Kalau airnya air es mbak.

Anonim mengatakan...

nanya lg yg mbak
he3x mklm nih muridnya agat lemot
tapenya kl bekas dr kulkas blh ga?pengaruh ga dgn rg tapenya?
soalnya kue bantet itu menggemukkan alias mkn sendiri soalnya ga da yg mau mkn
ha3x
tape dee

Anonim mengatakan...

mbak
kl tapenya da bekas dr kulkas msh bs pk ga ya
ada pengaruh ga dgn raginya

Hesti HH. mengatakan...

Tape dari kulkas nggak masalah tapi simpan dulu di suhu ruang ketika mau dipake. Selama di kulkas ragi masih bekerja cuman nggak secepat di suhu ruang.

Anonim mengatakan...

suhu hesti
gemana neeh
gara2 kue mangkok sy jd gemuk
gmn nggak,2x bikin 2x bantet
2x ngabisin sendiri
wahh bs merah nih rapor kue mangkoknya
hu9x

Hesti HH. mengatakan...

hiyaaaaaaa...kok bisa ampe dua kali ya mbak?
Tapi jangan kawatir mbak, nggak bikin gemuk kan terigunya dikit, nggak pake telur, gulanya sedeng aja *menghibuuuur*

Mbak pake air apa? biasanya kalau air keran yang banyak khlorinnya bikin ragi mati. Mungkin aja lho...karena aku juga gak tau masalahnya dimana.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails