Thursday 10 March 2011

Double Chocolate Brownie Cookies





Lebaran 2 tahun lalu aku dah pernah bikin cookies ini. Gak terlalu sukses sih...karena waktu panggangnya kutambah. Hasilnya agak keras walaupun rasanya super yummi. Memang betul-betul waktu memanggangnya harus 10 - 12 menit aja dengan panas api 325 F. But...emang pada dasarnya resep dan caranya beda dengan resep-resep kukisku. Karena mengandung banyak gula dari gula pasir dan coklat batang, kelamaan memanggang akan menghasilkan kukis yang keras. Dulu waktu bikin aku heran...di resepnya 10 menit...lha kok dah 15 menit masih lembek sekali. Ternyata memang begitu karena pas masih panas coklatnya pada leleh semua jadi lembek. Pas dingin cokelatnya membeku lagi....dapat 1 ilmu baru lagi nih.

Resepnya aku baca dari majalah
'Feel Good Food' ...layak dicoba. Gimana nggak nyoklat, total dark coklat yang dipake sekitar 400 gr...hebaaaaat khan? Sebagian dilelehkan dan dicampur kedalam adonan, sebagian lagi dicincang kasar dan dicampur ke adonan juga. Tuuuuuh kelihatan coklatnya leleh-leleh pas masih panas...oh iya...kukis ini dimixer agak lama untuk menghasilkan kukis yang agak meleber. Tapi tambahan baking sodanya membuat kukisnya tetap mengembang dan muncul cracknya...



Hasil kukisku ini menurutku terlalu gelap. Lain kali kalo mau bikin mungkin pake coklat bubuk yang warnanya gak terlalu cokelat aja. Di bawah ini resep aslinya ya :

Bahan :
- 125 gr dark chocolate, chopped
- 100 gr unsalted butter, chopped (aku pake yang salted)
- 200 gr light soft brown sugar (aku pake gula pasir biasa yang diblender)
- 1 large free range egg
- 1 tsp vanilla extract (aku pake 1/2 sdt vanili bubuk)
- 200 gr plain flour
- 50 gr cocoa powder (aku kurangi jd 40 gr karena Bendico terlalu gelap warnanya)
- 1 tsp baking soda
- 1/2 tsp salt
- 280 gr dark chocolate, extra roughly chopped (aku pake 200 gr aja)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 325 F atau sekitar 160 C. Lelehkan 125 gr dark chocolate dengan cara ditim sampai semua meleleh. Sisihkan.
  2. Kocok gula, butter, dan vanili menggunakan mixer selama 8- 10 menit sampai ringan dan creamy.
  3. Tambahkan telur lalu lanjutkan mengocok selama 2 menit.
  4. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking soda yang telah diayak. Aduk perlahan sampai tercampur rata. Masukkan coklat leleh. Campur sampai rata. Tambahkan cincangan dark coklat, aduk rata lagi.
  5. Bentuk bulat bulat dan pipihkan sedikit lalu taruh di talam tanpa olesan margarin. Beri jarak karena kukis ini akan melebar.
  6. Panggang selama 10-12 menit sampai mulai muncul crack/retakan di permukaan kukis. Biarkan sekitar 10 menit di atas talam karena masih lembek.
  7. Angkat, dinginkan di rak. Masukkan dalam wadah kedap udara.

Source : Diambil dari Majalah 'Feel Good Food' thn 2008 edisi Christmas.

20 comments:

Gorakazenzero said...

Dear mbak Hesti,

Kemarin aku bikin cookies ini... tapi kok pahit yak???
DCCnya aku pake elmer 57% trus coklat bubuknya aku pake van houten... apakah pahit karena DCC or Coklat bubuk???

Hesti HH. said...

Oh iya mbak...makanya aku pake Bendico karena gelap tapi nggak pahit. Kalo pake van houten mungkin dikurangi aja separuhnya mbak. Aku belum pernah coba elmer jadi nggak tau bagaimana rasanya.

Tapi emang orang bule suka cokelat pahit. Itu ciri khas dark cokelat yang tinggi kandungan lemak cocoanya. Yang tulisan hitam itu resep aslinya lho mbak. Makanya dinamakan double cokelat karena aslinya rada-rada pahit kali...hi hi

Maaf ya kalo resepnya mengecewakan...

rosy stuart said...

tapi saya suka coklat pahit minum ama kopi ...maknyus banget. thks for ur recipes.

Hesti HH. said...

Makasih Mbak Rosy...pahitnya tergantung jenis cokelat yang dipakai sih. Kalo aku rasa biasa biasa pahitnya aja. Enaaak!

Anonymous said...

Mbak.... Cookies nya mmg enakkk... Barusan saya coba resep mbak.. Makasih ya mbak hesti :) saya mau nanya kok cookies nya saya gak retak2 yaa gundul2 gitu jadinya nya hehehe

Unknown said...

Mbak Hesti... makasih atas sharingan recipe2 nya... enakkkk.... mau nanya mbak, cookies ini kalo dan dingin agak keras ya???

Hesti HH. said...

@Anonim : syukurlah kalo sukses mbak, biasanya retak retak itu masalah panas kompor saja. Panas kompor memang beda beda mbak...

@Linda : Renyah mbak, nggak keras kok

Anonymous said...

Mbak....makasih ya sharing nya...resep dah saya coba rasanya endangggg bgtttt.....anak² malah suka pas masih anget anget gitu...cocok dilidah keluarga saya....

Hesti HH. said...

Alhamdulillah, makasih ya mbak ^^

Unknown said...

mba,itu kalo dipanggang di loyang yg diolesi margarin gmn?

Hesti HH. said...

gak papa juga sih ^^ tp gak lengket kok walaupun gak dioles

Ketut Manji said...

Mbak Hesti, saya mau tanya ya.. di resep ini ada 1 large free range egg.. itu apa ya, minta tolong dijelaskan dong.. maklum lah,, saya gak biasa bikin kue. Terimakasih untuk resep dan penjelasannya ya..

Hesti HH. said...

Itu maksudnya 1 butir telur ukuran besar ya mbak...

Unknown said...

Mbak, aku baru coba resep ini. Hasilnya kok di bagian tengah cookies agak chewy gitu.. emang kayak gitu atau nggak ya? Atau kebesaran api selama panggang. Waktu panggangnya udah 10 menit kok, bawahnya udah kecoklatan jadinya aku angkat aja. Mohon pencerahan mbak Hesti :)

Hesti HH. said...

Maaf baru bales ya mbak, abis pulang cuti langsung tepar. Tentang kukis yang chewy di bagian tengahnya itu karena apinya besar dan manggangnya sebentar. Sehingga sekeliling kue sudah matang tapi dalamnya belum kering, ewmang begitu kuenya mbak. Apalagi kue ini banyak cokelat dan ketika masih panas cokelatnya masih leleh. Tapi kalau mau lebih garing bisa ditambah waktu panggang dan kurangi panas ovennya.

Anonymous said...

Hai, Mbak Hesti!
terima kasih sharing resepnya ya,Mbak.
aku tadi pagi coba buat cookies ini.
batch pertama keluar dari oven, bagian atasnya sudah agak kering. setelah dingin memang jadi keras ya,Mbak.
batch kedua dan berikutnya, aku panggang pas 10 menit, keluar oven masih lembek.
setelah dingin cookies ga kering dan garing,Mbak. tapi lembut banget. teksturnya jadi kayak tekstur chocholate chips cookies-nya Mrs.Field's. Thanks a lot ya,Mbak Hesti! :)

Hesti HH. said...

Iya mba...jadi agak chewy chewy gitu kan. banyk jg yg suka versi yang itu ^^

Unknown said...

Mba hesty mau tanyak kalau masih pakek oven yang manual berapa lama waktu panggang nya.. Apa mestu pakek api sedang

Hesti HH. said...

Maksudnya manual yg gimana mba, saya cuma paham pakai oven listrik

Unknown said...

Mb,, ini sya bikin yg ke 2x nya kok g mau bleber kuenyaa

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...