Rabu, 30 Maret 2011

KBB #22: Made in Indonesia Plus Spun Sugar




Alhamdulillah...selesai juga tantangan KBB #22 kali ini kulaksanakan. Sempat kepikiran juga sih...soalnya waktu itu aku udah mau cuti ke Makassar. Pulangnya udah dekat deadline. Jadi kapan lagi waktunya...?

Resep kulit susnya ambil dari resep ibuku. Swannya sih gak terlalu susah...karena udah sering bikin kue sus. Yang susyaaah abis tuh bikin spun sugarnya. Hwaaaaa...yang ketiga kali baru berhasil. Itupun pas mau difoto, bentuknya dah mewek gak karu-karuan. Aku bikinnya sekaligus. Abis bikin kue susnya langsung deh bikin spun sugarnya. Nah bikinnya pas anak-anak ke sekolah. Spun sugarnya dah jadi bertepatan anak-anak pulang sekolah. Kenapa lama? iya soalnya gagal 2x. Pas berhasil...aku sisihkan dulu, mau nyiapin makan siang buat anak-anak. Pas mau difoto...waaaaa udah mingpes. Udahlah gak papa. Yang penting foto step by stepnya udah terdokumentasi. Udah ada buktinya kalo sempat berhasil...hehehe
. Sebenarnya aku tuh mau bikin 'swan in the nest'. Tapi nestnya gak jadi...karena dah gak berbentuk. Jadi judulnya diganti...'swan berendam di lumpur' huahahaha...emang ada ???? Iya berendam dalam lumpur coklat...hmmmm yummiii...^^


Bahan kulit :

- 250 ml air

- 150 gr margarin

- 150 gr terigu protein sedang

- 1/2 sdt garam

- 4 butir telur (5 butir kalau kecil)


Bahan vla :

- 1/2 kaleng susu kental manis

- 600 ml air

- 6 sdm gula pasir (atau sesuaikan selera berdasarkan derajat kemanisan)

- 30 gr tepung custard/maizena

- 30 gr tepung terigu

- 1 buah vanilli bean, belah dan kerat isinya

- 1 kuning telur

- 1 sdm salted butter


Cara membuat:
  1. Masak air, margarine, dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis. Matikan api. Dinginkan.
  2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  3. Masukkan dalam kantong segitiga yang telah diberi spuit bintang. Untuk bagian badan swan, semprotkan adonan sedikit memanjang di talam beroles margarin. Untuk bagian leher swan lobangi ujung piping bag kecil saja. Semprot membentuk angka 2.
  4. Panggang bagian badan swan dengan panas oven 200 C atau 400 F selama kurang lebih 15 menit lalu turunkan panasnya menjadi 180 C atau 350 F dan lanjutkan memanggang sampai kuning kecoklatan sekitar 10 menit. Oven tidak boleh dibuka selama memanggang, akan berakibat turunnya kue. Untuk bagian leher, panggang dengan panas 160C atau 325 F sebentar saja sampai kekuningan. Panggang terpisah dengan bagian badan karena leher lebih cepat matang.
  5. Sementara itu, untuk filling campur semua bahan kecuali butter lalu saring dan masak sambil diaduk terus sampai mendidih meletup-letup. Masukkan butter, aduk sampai butter lumer dan adonan vla licin. Angkat dari api, tuang di wadah dan tutup dengan cling wrap.Usahakan wadah pas ukurannya dengan jumlah vla sehingga tidak ada ruang antara vla dan cling wrap, supaya tidak terbentuk lapisan di atasnya. Dinginkan.
  6. Setelah matang dan dingin, belah kue sus mendatar. Bagian yang atas belah lagi menjadi 2 bagian untuk dijadikan sayapnya. Isi bagian bawah dengan adonan vla. Pasang sayapnya dan lehernya. Hias sesuai selera.
Resep dan cara pembuatan spun sugar aku pake kira-kira aja. Karena gagal 2x menggunakan resep...pembuatan kali ke 3 aku banyakin gulanya, airnya dikit aja. Tuk ibu-ibu host dan moderator KBB...makasih ya, tantangan kali ini bener-bener seruuuu. Menguras keringat... dan otot...hahaha. Bertambah lagi satu ilmu 'per spun sugar'an....dan Alhamdulillah daku lulus.


3 komentar:

bunbun mengatakan...

huaaaaaaaaaa.. apa ini mbak???? cantwikkkkk.. sampe pake "w" cantiknya..
mau mau mauuuu.. hehehehehe.. mbak Hestii. aku padamu.. hehehehehehehe.. *jempol*

Hesti HH. mengatakan...

Haiiiiii Bunbun...daku dah pulang...kangen, kangen, kangen...hehehe. Kumaha? damang?

Itu mah cuma kue sus say...gayanya aja tuh begono...padahal rasanya biasa aje...

Tengkyuuu jempolna...dah baca pesanku blom di FB?

bunbun mengatakan...

haa? ada pesan ya utk diriku? ah.. senangnyaaa.. ^^ gak dpt notofikasinya sih.. tapi akan ku cek.. :)

kangen jugaaaa.. welcome home, mbakk.. :D

pasti rasanya enak deh.. mmhh.. sus angsa. jadi gak tega makannya. hehehehehehehe..

*melesat menuju ke FB*

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails