Jumat, 01 April 2011

Bubur Ketan Hitam


Udah lama gak bikin bubur ketan hitam...kangeeen. Apalagi musim hujan begini. So pas ke pasar kemarin aku beli beras ketan, tapi ternyata lupa beli kelapa. Jadi aku pake santan Kara aja. Sama aja kok enaknya. Pas aku bagi ke tetangga (haiiiii Rikaaaa ^^) segera deh dia minta resepnya. Katanya "Mbak, resepnya dah ada di blog ngga?" hahaha...aku bilang, "sabar ya, segera kuposting." Katanya dia suka karena ada wangi aroma kayu manisnya, padahal biasanya dia gak suka makanan dari ketan hitam. Alhamdulillaaaah...artinya buburnya enak dong. Nah Rika...kupersembahkan spesial for you...ini dia resepnya...

Bahan :
- 1/2 liter beras ketan hitam, cuci lalu rendam selama 2 jam
- 1 kotak kecil santan instan
- 1 sdt peres garam halus
- 350 - 400 gr gula merah (tergantung derajat kemanisan)
- 1 batang kayu manis
- air secukupnya

Saus (masak sampai mendidih sambil diaduk):
- 1/2 kotak santan instan
- 150 ml air
- 1/2 sdt garam, halus
- daun pandan, sobek-sobek

#) Untuk saus, kalau menggunakan santan segar ambil bagian kanilnya, tambahkan garam dan pandan lalu didihkan.

Cara membuat :
  1. Masak beras ketan, kayu manis dan air secukupnya menggunakan panci presto listrik dengan mode 'conge/bubur'. Kalau menggunakan panci biasa, masak sampai air menyusut lalu apabila air habis tambahkan lagi dan diulang sampai beras benar2 lunak dan menjadi bubur. Jangan lupa untuk sering mengaduk sampai ke dasar panci, untuk menghindari adonan bubur lengket/gosong di bagian dasarnya.
  2. Masak gula merah dengan sedikit air sampai gula larut. Saring. Tuang gula dan santan ke dalam adonan bubur tadi. Tambahkan garam. Masak lagi sampai bubur meletup-letup. Cicipi. Apabila kurang gula atau garam tambahkan secukupnya.
  3. Sajikan dengan guyuran saus santan gurih dalam keadaan hangat.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak.. mau nanya.. ambil kanil nya itu gmana caranya yaa?
soalnya suami sy ga suka pake kara.. jd sy beli kelapa parut td.. cm bingung gmn biar bs kental gt saus nya.. soalnya besok direquest bubur ketan hitam nih..hehee
makasih sebelumnya.. :)
-ratih-

Hesti HH. mengatakan...

Caranya kelapa parutnya diberi air sedikit aja. Untuk satu butir kelapa airnya kira kira 300-400ml saja. Gunakan air panas supaya santannya banyak keluar. Setelah diambil santan kanilnya sisanya buar bikin buburnya. Nah yang kanil tadi dimasak di api sedang bersama garam dan pandan sambil diaduk sampai mendidih.

tavip astuti mengatakan...

kalau pakai panci presto biasa bisa nggak mba?

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mbak, tapi harus hati hati. Kalo dah matang tunggu beberapa saat baru dibuka. Biasanya buburnya masih meletup letup. Kalau setelan katupnya dibuka muncrat semua buburnya >,<

Umi Kinan mengatakan...

Mba Hesti yang cantik... ada tips gak supaya rasa ketan hitamnya gak pahit.. Pernah bikin tapi masih ada rasa pahit-pahitnya, padahal udah direndem lama.. hiks >,<

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails