Minggu, 01 April 2012

Kue Ku Ketan Hitam

Kue Ku Ketan Hitam

Mentang mentang udah punya tepung ketan hitam yang banyak, hari hari yang dibikin kue ketan hitam melulu. Hehe...gak papa ya teman teman. Kan beda beda kuenya, semoga nggak membosankan.

Kali ini aku bikin kue ku ketam hitam. Resepnya diambil dari
Majalah Sedap Pemula. Rasanya enak legit khas ketan hitam. Tapi sebenarnya lebih mirip kue bugis sih. Kata hubby..."Ini sih bukan kue ku. Kalo kue ku itu pake isian kacang ijo kupas...lha ini kok isinya kelapa?" Aku ketawa aja...lha resepnya memang modifikasi Majalah Sedap kok...ya aku ikutan aja. Tapi memang lebih enak yang isian kacang ijo sih...mungkin karena nangkanya aku skip jadi kelapanya kurang seru rasanya...

Bahan :

- 150 gr tepung ktan putih
- 100 gr tepung ketan hitam

- 30 gr gula tepung

- 1/2 sdt garam

- 100 gr kentang kukus, haluskan
- 150 ml santan dari 1/2 butir kelapa, hangatkan


Bahan Isi :

- 200 gr kelapa parut kasar
- 2 lembar daun pandan

- 2 buah nangka potong kotak (aku nggak pake)

- 100 gr gula pasir

- 200 ml air

- 1/2 sdt garam


Cara membuat :
  1. Isi : masak bahan isi sambil diaduk sampai kalis.
  2. Kulit : campur tepung ketan putih, tepung ketan hitam, gula tepung, garam dan kentang. Aduk rata. Tuang santan sedikit sedikit sambil diaduk sampai kalis.
  3. Ambil adonan kulit, pipihkan. Beri isi, bentuk bulat.
  4. Cetak dengan cetakan kue ku yang sudah dioles minyak atau taburan tepung. Letakkan di atas daun pisang yang diolesi sedikit minyak.
  5. Kukus 10 menit dengan api sedang sambil dibuka setiap 2 menit.
  6. Setelah matang olesi santan kanil matang agar tetap lentur.

10 komentar:

Gee® mengatakan...

sedapnya kue ku...

Hesti HH. mengatakan...

iya Gee...emang enak. Tapi sedikit twist dari ketan hitamnya...

zila 4ever mengatakan...

x pernah cuba..tp tertarik dgn acuan tu..cantikkk kuihnya..:)

Hesti HH. mengatakan...

Terima kasih sudah mampir di blogku ^^

CT Delima mengatakan...

As'salam Hesti

enggak apa kalau hari-hari bikin kue guna ketan hitam melulu, asal enak dan disukai insan2 tersayang ya Hesti...hehe

k.ct juga hari2 bikin kue aje, anak2 juga enggak cerewet bila dibikin kue kegemaran mereka asal k.ct rajin itu udah kira bagus juga kan..hehehe. cantik dan sedap banget kue ku dengan acuan yang cocok ini Hesti :)

Oh ya maaf ya jika blog k.ct lambat loddingnya. tapi pic nya udah dikecilkan saiznya. nanti k.ct tengok lagi ya, tapi teman teman lain kata ada yang okey ada yang kata enggak ok :)

Hesti HH. mengatakan...

Salam Kak CT,

Hehe iya Kak...betul. Buktinya kue ini sehari saja sudah habis semua. Enaklaaah kalau tinggal makan saja ^^

Mungkin selain sizenya besar...memang di daerahku sini sinyal internet agak susah kak, makanya lama uploadingnya susah. Nggak masalah sebenarnya, cuma kadang mau kasih komen, nggak bisa selalu saja error hehe.

Ayudiah Respatih mengatakan...

Assalamualaikum..
wah saya mah belum pernah nyobain namanya kue ku hihi katrok banget...
ntar cobain ah kalo punya tepung ketannya..
makasih ya resep2 nya:)

AZLITA AZIZ mengatakan...

Assalamualaikum Hesti

Lama tak singah sini banyak deh akak sudah tertinggal..
Semua nampak sedap!
Pic macam biasa cantikkkk banget!

palariani garjito mengatakan...

hesti..lebih baik lg cetakan kue nya dikasih liat fotonya..thanks..

Paket Wisata Lombok gili Trawangan bbm 54BCF78C mengatakan...

salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak yaa.. keep writes

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails