Sabtu, 21 April 2012

Katiri Mandi Ubi Ungu




Setelah membeli beberapa kilo ubi jalar ungu lagi kemarin, hari ini aku dapat ide untuk bikin katiri mandi yang sedikit berbeda. Biasanya katiri mandi isinya bola bola ketan dalam kuah santan gula merah. Nah kali ini karena ada ubi jalar, aku mencampur ketan dengan ubi jalar untuk menghasilkan warna yang cantik tanpa merubah tekstur kenyal dari ketan. Supaya kelihatan kontras kuahnya aku bikin dari santan. Hasilnya diluar dugaan...hubby yang paling suka. Katanya "Enak sekali kuenya sayang" hihihi...daku jadi bersemu semu deh. Anak anak juga suka...ya mungkin karena tekstur kenyal kenyal itu dan kuahnya yang manis gurih. Resepnya hasil kira kira aku...

Bahan :
- 150 gr tepung ketan putih
- 100 gr ubi jalar ungu kukus halus
- 1/4 sdt garam
- 100-125 ml air

Kuah :
- 750 ml santan dari satu butir kelapa
- 2 sdm tepung beras (larutkan dengan sedikit air santan)
- 125 gr gula pasir, atau sesuai selera
- 2 lembar daun pandan, sobek dan ikat
- 1/2 sdt garam

Cara membuat :
  1. Aduk rata tepung ketan dan garam. Tambahkan ubi kukus halus. Aduk menggunakan tangan. 
  2. Tambahkan air sedikit sedikit sampai didapat adonan yang kalis dan dapat dipulung.
  3. Bentuk bulat bulat dengan bagian ujung yang runcing. Selesaikan semua adonan hingga habis.
  4. Masak air panas di dalam panci. Sementara itu buat kuahnya, masak santan, larutan tepung beras, gula, garam dan daun pandan. Aduk terus sampai mendidih.
  5. Setelah air untuk bola ketan mendidih, masak sampai bola bola terapung. Tiriskan lalu masukkan dalam kuah santan. Masak lagi santan sampai mendidih lalu matikan api.
  6. Katri mandi siap disajikan hangat hangat.



16 komentar:

Dian Fitria mengatakan...

food fotographynya keren banget mbak ...:)

kek cover buku :D

salam kenal

Rita Puspita mengatakan...

Kalau di bandung mah candil ya mba .... saya disini g pernah nemuin ubi ungu... padahal pengen banget makan ubi ungu yg dikukus ...

CT Delima mengatakan...

as'salam Hesty

mampir lagi enggak tahan melihat dessert yang enak banget. mahu tiru kata2 hubby Hesti juga.."enak sekali kuenya Hesti" sangat cantik ada 3 kombinasi warna yang menarik, izin ya amik resep nanti mahu coba juga. masuk list udah panjang rasanya..hehehe

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiiiih Mbak Dian *serasa melayang* salam kenal juga ya ^^

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, emang mirip candil. Sebenarnya saya juga baru kali ini nemu ubi ungu...makanya saya borong dan dibikin segala macam. Dikukus, dimasak, digoreng, dan masih banyak renacanan berikutnya, hehe. Rasanya lebih manis dari ubi jalar biasa menurutku...dan tentu saja warnanya yang paling menarik ^^

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam Kak CT,

Hihihi...terimakasih kak, jadi malu saya. Silahkan akak, senang bisa berbagi resep. Saya juga bookmarked beberapa resep Kak CT tapi baru 1 yang dibuat.

nanik mengatakan...

jadi bersemu-semu ungu ya mbak hesti? huehehe...btw kalow skarang warna ungunya asli kan yaaa? nggak pake diedit lg? kapan2 saya nyontek yaaakkk :)

zila 4ever mengatakan...

salam hesti..
cantik baget colornya..purple..:) harus dicoba nie..:)

Hesti HH. mengatakan...

Hihihiii...ini asli lho mbak, cantik ya ungunya ^^

Hesti HH. mengatakan...

Makasih... iya yuk dicoba. Simpel kok...

Rima mengatakan...

Hesti
yaaa adooo .. purple is sonia and my fav colour.. cantik photo nya.. i like!!

Hesti HH. mengatakan...

hehe...makasiiih akak. Saya juga suka ungu dan hijau....

mimie kesuma mengatakan...

assalam mbak...
berkunjung lagi....jangan bosan yo....
aku nyobain resep ini...endang bambang gurindang....
izin copas yo....
barakallah..... ^^

enny saraswati mengatakan...

Selamat siang mba hesti,, mau coba buat ini untuk takjil.. Tpi mau tanya dulu sebelumnya.. Itu ubi ungunya dihaluskan dengan cara diblender kah mba? Mkasih atas jawabannya..

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Makasih mbak, silahkan dicopy ^^

Hesti HH. mengatakan...

Ngga usah mbak, panas panas lamgsung diancurin pake sendok. Kalau diblender cenderung jadi cair.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails