Rabu, 11 April 2012

Ongol Ongol Ubi Kayu





Aku baru tau kalau ternyata nama kue ini ongol ongol. Dulu mama biasa bikin dan cuma menyebutnya kue ubi kayu kukus. Ternyata karena sering googling, baru ketahuan kalau namanya ongol ongol. Memang sih sama cara buatnya dan bahannya dengan ongol ongol. Bedanya ongol ongol biasa pake sagu sedangkan kali ini sagunya diganti dengan ubi kayu/singkong parut. Rasanya ya enaaaaklah, secara aku pecinta kue tradisional. Hubby juga sukaaaaa...



Bahannya kemaren itu aku cuman pake kira-kira aja, tapi tetap ditimbang biar bisa dituliskan resepnya. Menurutku manisnya sudah pas. Tapi aku memang pecinta manis, jadi bagi yang gak terlalu suka manis bisa dikurangi gula merahnya.

Bahan :
- 500 gr singkong parut
- 150 ml air
- 250 gr gula merah
- 2 lembar pandan
- 1/4 sdt garam

Bahan taburan (aduk rata dan kukus) :
- 1/3 butir kelapa agak muda parut
- garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Masak air, gula merah dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Saring.
  2. Tuang air gula merah ke dalam singkong parut. Tambahkan garam, aduk rata.
  3. Tuang di loyang brownies yang sudah dioles sedikit minyak. Kukus selama sekitar 30-35 menit sampai matang.
  4. Angkat dan potong potong menggunakan pisau/spatula plastik. Masukkan ke dalam parutan kelapa. Siap dihidangkan hangat hangat.

12 komentar:

  1. Eh, baru tau saya kalo ongol ongol bisa dibuat dari singkong segar. Saya biasa beli ongol ongol di pasar dekat rumah. Katanya dari sagu aren. Tapi sagu aren tuh yang seperti apa saya juga belum tau.
    Kapan kapan mau nyoba resepnya mbak. Makasih ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak saya juga baru tau kalau namanya ongol ongol, hehe

      Kalau yang dari sagu aku juga udah pernah bikin, beneran dari pohon sagu asli "sagu basah" sama sama kenyal kenyil cuman beda di aroma aja mbak.

      Hapus
  2. Kelihatannya mudah bikinnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener...mudah banget bikinnya. Tinggal dikukus sekali lalu potong potong dan campur kelapa. Simpel. Dalam 1 jam sudah bisa dimakan...

      Hapus
  3. salam ziarah
    rasanya saya tak pernah makan kuih ini,atau kat malaysia ada cuma namanya berbeza..saya teringin sangat nak cuba...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal...

      Iya, kue kue kita banyak yang sama cuma beda namanya saja...ayo dibikin. Murah meriah dan enaaaak...

      Hapus
  4. Nyokap dulu jg sering bikin...tapi di atasnya dilapis warna putih dari santan...nama kue nya apa yaaa....lupaaa...nanya nyokap dulu ahh :p

    BalasHapus
  5. Barusan nanya nyokap :p
    Mirip dg kue talam singkong hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...sama, mama juga sering bikin. Resepnya persis kayak ini tapi atasnya dari santan kanil, sedikit garam dan sedikit tepung beras. Hadoooh...legit dan gurih.

      Aku juga udah pernah bikin pake atasan santan kalo nggak salah versi Malaysia dapat di Majalah Sedap namanya bingka ubi, bisa dilihat di sini
      http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2010/10/bingka-ubi.html

      Hapus
    2. Oh iya aku lupa, udah pernah bikin talam singkong juga, hihi. Resepnya di

      http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/01/talam-singkong.html

      Hapus
  6. Hesti
    Hmmm kalau tak silap.. this is awol awol.. disini warnanya can be red or green.. enak deh.. uishhh udah lama tak makan awol awol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ongol ongol vs awol awol....hehe samalah ini Kak Rima. Beda beda sikit saja ^^

      Hapus

Related Posts with Thumbnails