Minggu, 08 April 2012

Brownies Ketan Hitam





Udah lama ngiler sama reviewnya temen temen blogger tentang kelezatan bronketem ini. Akhirnya kali ini berkesempatan bikin, kebetulan masih banyak stock tepung ketan hitamku. Resep aku lihat di Mbak Ricke "Ordinary Kitchen". Mbak Ricke aja yang pengalamannya sudah tidak diragukan lagi di dunia perbakingan bilang bronketem ini enaaaak. Segeralah aku bikin juga dengan semangat 45 !! Resep aku tiru plek kecuali aku tidak menggunakan emulsifier.

Kalau kemarin waktu bikin putu ayu resep tanpa emulsifier mengembang dengan indahnya, bronketemku kali ini tetap mengembang tapi bertekstur agak padat. Nggak tau juga kenapa...mungkin karena bronketem pake loyang besar dan tepung ketan hitam memang agak berat dari tepung terigu makanya kuenya nggak terlalu lembut. Kalo putu ayu kan cetakannya imut jadi sirkulasi panasnya maksimal...hmmm kayaknya sih *bingung sendiri*

Eeeeiit...tapi kalo soal rasa, enak banget! hubby doyaaaaan. Katanya lebih enak dari brownies biasa. Kalo menurutku dua duanya enak, baik yang biasa maupun yang ketan hitam...tapi keunikan bronketem ini ada di teksturnya yang agak berpasir dan paduan rasa coklat dan ketan hitam yang samar samar.

Aku bikinnya setngah resep aja karena menggunakan dandang ukuran sedang. Resepnya bisa di lihat di My Ordinary Kitchen ya...tuk Mbak Ricke sekali lagi terima kasih banyak tuk resepnya yang maknyuuus!!


20 komentar:

AZLITA AZIZ mengatakan...

Assalamualaikum hesti..

Aduh! petang-petang singgah sini.. bikin perut akak lapar deh!
engak pernah lagi coba guna kentan hitam.. nanti boleh coba.. nampak sedap deh!

ibudirafisa mengatakan...

hmmm yummm... kayaknya enak nih..
Hesti kalo mau bikin tepung ketan hitam bisa gak dari beras ketan hitamnya terus di blender aja?
pengeeen euy bikin ini...:)

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam Akak,

Iya kak, memang unik brownies ini. Susah menjelaskan rasanya sebelum dicoba sendiri, hehe ^^

Hesti HH. mengatakan...

Aku belum pernah bikin sendiri sih uni. Tapi setahuku kalau mau digiling, nggak bisa langsung giling begitu aja. Supaya mudah gilingnya, harus dicuci dulu baru dijemur sampai kering (gak perlu kering sekali). HAbis itu diblender baru dijemur lagi dan diayak. Yang masih kasar kasar diblender kembali...

Rina Audie mengatakan...

Dari fotonya keliatan legit deh mbak. Ih jadi pingin aku.

Rina Audie

Hesti HH. mengatakan...

Iya beneran legit ini mbak. Ya khas ketan itam gitu deh ^^ yuuuk dibikin...

Rima mengatakan...

Resep sudah dibookmarked.. tepong ketan hitam sudah dua kali ku beli.. sampai sekarang masih belum belum buat hahaha.. pertama kali ku pakai tepong ketan itam untuk buat kek chiffon .. kek ku bantat barangkali.. jadi nye macam dense.. dont really like the taste too.. tu yg sampai sekarang ditangguh tangguh.. now that ur done it.. i think i will gv it another try.. but first i better check tepong nye dulu.. takut sudah expired hahaha

Hesti HH. mengatakan...

Waaah kayaknya harus dibikin secepatnya itu Kak Rima, sebelum tepung ketannya betul betul kadaluarsa. Semogalah belum...

nancy kodoatie mengatakan...

aduuuhh ngiler abis kak...kangen kue ini, pengen blajar bikin dsini gak ada ketan hitamx. aku ngiler semua kak hes...

Hesti HH. mengatakan...

Aiiiiiih ternyata dirimu toh Nancy, kemarin2 kan ada komen toh tapi saya ragu ini Nancy siapa. TApi kok panggilnya 'kak' yg lain kan panggil 'mbak' heheeee tapi pas ada Kodoatienya di belakang eeh baru sadar. Nancy tinggalnya di mana?? di sini juga nda ada tepung ketan tapi saya beli sendiri beras baru suruh giling. Kalau mau yg nda susah bahannya bikin brownies kukus Ny Liem saja...enak juga kok ^^

oeymom mengatakan...

Mba Hesti, semalem sy coba bikin bronketem ini sesuai resep Mba Ricke tp hasilnya kenapa bagian tengahnya lembek ya...spt krg mateng...apa emang begitu? Dan jg manis banget pdhl sy skip SKM dan gula nya sy kurangi sedikit. Sy jg skip emulsifier (sy ganti dg baking powder sktr 1/4sdt). Trus mba...gimana rata in bagian atas kue, krn sy py jadinya bergelombang gak rata :( (Saat ngukus...sdh sy lapis kain di tutup nya)
Maap byk tanya2...maklum lg tahap belajar :D

Hesti HH. mengatakan...

Waaaah, bingung juga dimana kurangnya ya. Tapi waktu mbak tusuk dengan lidi apakah sudah kering atau masih basah adonannya?? Biasanya kalau masih panas emang lembut banget cakenya.

Kalau masalah manis lain kali mbak kurangin aja lagi gulanya. Soalnya kalo saya udah pas sih. TApi emang ada gula yg lebih manis dari yg lainnya apalagi gula yg berwarna kekuningan/kecoklatan.

KAlau masalah gelombang...apa dandang mbak pakenya yg besar?? takutnya kalo dandangnya besar dan lubang lubangnya jg besar jadi uap panasnya berlebihian, apalagi kalo loyang kuenya kecil. Kalo aku pale loyang cuman ada space sekitar 2 cm di sisi sisinya. Nggak tau jg kalo ada hubungannya dengan permukaan kue yg bergelombang.

oeymom mengatakan...

Wkt ditusuk dg lidi, msh basah sih...berarti blm mateng ya? Mba ngukus nya brp menit? 10 menit ditambah 25 menit kan?
Sy gak pake dandang khusus sih tp kuali yg ditaruh mangkok tahan panas, loyang ditaruh diatas mangkok tadi. Hmm...mgkn jg ya uap panasnya jd berlebihan... >.<!

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, kayaknya masih mentah...mungkin karena ada mangkoknya jadi panasnya kurang. Tapi uap banyak malah lari ke atas jadi bergelombang. Mungkin aja lho mbak...

vina sabri mengatakan...

mba, kalo bronketem ini di panggang enak gak ya? seret gak kira-kira? trus kalo dibikin bolu gulung bisa ga mba?
makasi

salam, vina

Hesti HH. mengatakan...

Saya khawatir nggak bisa digulung mbak, karena tidak terlalu lentur. takutnya patah...
Kalau dipanggang harusnya bisa sih mbak, tapi gak berani jamin karena belum pernah bikin juga...maaf ya mbak

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum... salam kenal mba Hesti... alhamdulillah aq udah nyoba,enak,legit n teksturnya itu lho unik bgt! tp ada satu yg kurang sreg knapa ya pas lapisan kedua berlibang besar di tengahnya jdnya pas diiris kelihatan nggak cantik. kl bikin brokus kdg jg gitu,pdhl stlh nuang lapisan kedua loyang jg ku ketuk2 perlahan. tlg pencerahannya mba..

Hesti HH. mengatakan...

waalaikumsalam,

iya mbak memang kadang begitu. Maaf gak bisa bantu, saya sendiri kurang tahu selanya dimana.

atha mengatakan...

Mb,bronketemnya enak tapi kok yang aku bikin mengkerut ke tengah ya?kenapa ya mb?Mksh

Hesti HH. mengatakan...

Apa apinya ketinggian mungkin mba...sehingga sewaktu dikeluarkan dan terjadi perunahan susu mendadak kuenya mengkerut

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails