Minggu, 01 April 2012

Putu Ayu Ketan Hitam



Putu Ayu Ketan Hitam


Beberapa hari yang lalu aku memesan tepung ketan hitam di seorang ibu penjual kue. Di sini kan nggak ada yang jual. Kalau mau bikin kue pake tepung ini harus bikin tepung alias giling sendiri. Dulu aku dah pernah giling ke tukang giling beras tapi agak repot jadi kali ini aku minta tolong ke ibu itu. Sekalian 2 kg.


Kemarin aku ambil tepungnya. Pas mau bayar....hahhh?? 50rb...apa nggak kemahalan ya? kata ibu itu "emang sekarang tepung ketan hitam mahal bu, belum ongkos gilingnya". Iya deh, apa boleh buat aku sendiri yang pesan. Ini kan demi terlaksananya resep resep ketan hitam waiting listku, hehe

Cuman yang bikin aku agak kecewa...kok tepungnya nggak kayak punyaku dulu yang aku giling sendiri ya. Pas udah dibikin kue warna hitamnya nggak keluar. Seperti bercampur dengan tepung ketan putih. Tapi daripada suudzon lagi ama pedagang kecil...udahlah aku tetap bikin aja. Mungkin jenis berasnya emang agak lain. Atau tukang gilingnya yang nggak sengaja nyampurin ketan putih...

Kali ini aku membuat putu ayu ketan hitam. Resep hasil intip di blognya Mbak Ricke Ordinary Kitchen . Karena dulu aku udah pernah bikin putri ayu yang pandan tanpa emulsifier dan sukses mengembang dengan indahnya dan lembut...kali ini juga aku skip juga emulsifiernya. Walaupun aku agak ragu karena ketan hitam kan teksturnya beda dengan terigu. Agak khawatir aja kalau bantet. Tapi...ternyata teman teman, senaaang sekali hatiku karena kuenya hasilnya mengembang sempurna dan lembuuuut bukan main. Apalagi pas disantap hangat-hangat. Puas aku...makasih baanyak ya Mbak Ricke tuk resepnya yang okey banget.


Putu Ayu Ketan Hitam

Source : Ricke Bunda Nadhifa (dengan sedikit modifikasi dari aku)

Bahan :
- 250 gr tepung ketan hitam
- 3 butir telur ayam
- 175 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 200 ml santan (225 ml santan dimasak bersama daun pandan, setelah dingin ukur 200ml)

Bahan kelapa parut (kukus semuanya, dinginkan):

- 200 gr kelapa parut
- 2 lmbr daun pandan, sobek sobek
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt vanili

Cara membuat :
  1. Panaskan kukusan dengan api tinggi. Masukkan kelapa di dasar cetakan putu ayu sambil agak dipadatkan.
  2. Kocok telur, gula dan garam dengan kecepatan tinggi hingga mengembang (aku pake bosch kecepatan 4 selama sekitar 7 menit )
  3. Turunkan kecepatan mixer hingga paling rendah. Masukkan tepung ketan sdikit demi sedikit sampai tercampur rata. Masukkan santan sambil terus dikocok kecepatan paling rendah sampai rata.
  4. Tuang di dalam cetakan putu ayu. Kukus selama 10 menit dengan api sedang. Hangat hangat keluarkan dari cetakan.

6 komentar:

IyazRania mengatakan...

salam kenal mna hesti,dr 2 hari lalu baru baca" blog mba hesti ...sangat inspiratif bgt aku sukaaa. ternyata kita samaa mbak aku jg udh coba resep putu ayu ketan item dan markotop yaa. aku copas beberapa resep mba hesti utk dicoba ya mbakkk.tengkyuuu

IyazRania mengatakan...

salam kenal mna hesti,dr 2 hari lalu baru baca" blog mba hesti ...sangat inspiratif bgt aku sukaaa. ternyata kita samaa mbak aku jg udh coba resep putu ayu ketan item dan markotop yaa. aku copas beberapa resep mba hesti utk dicoba ya mbakkk.tengkyuuu

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak, semoga manfaat ya...silahkan dicopas ^^

Anonim mengatakan...

Mbak hesti, kl mau bikin tepung ketan hitam sendiri, ketan nya langsung di giling atau harus direndam-jemur-oseng dulu baru si giling ya? Kadang susah dapet tepung ketan hitamnya. Pengen giling sendiri aja. Mohon petunjuk nya ya mbak. Makasih sebelumnya.

Vivi Marvianti mengatakan...

mba hesti, ijin copas resepnya yaa.
dan mau tanya 1 resep ini jadi berapa yaa?

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : direndam dan dijemur aja. Gak perlu dioseng mbak habis itu digiling dan diayak berulang kali sampai halus bener.

@Vivi : Silahkan mbak, kalau gak salah jadinya 20an mbak tergantung ukuran cetakannya

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails