Senin, 16 April 2012

Puding Strawberry Vla Vanilla






Kemaren pas ke supermarket di sini ketemu strawberry segar. Tapi tinggal sekotak 250 gr. Gak papalah yang penting ada...soalnya jarang jarang di sini ada strawberry.

Udah lama pengen bikin resep pudingnya Mbak Yulyan Parwati, segeralah aku siapkan bahannya. Tapi tunggu...! di resep bahan strawberrynya 300 gr tuk puding dan 150 gr untuk sausnya. Waaaaa, nggak cukup dong punyaku. Tapi karena udah niat dan bahan lain udah ada, aku pake yang ada aja. Pudingnya aku pake 250 gr strawberry aja, sedangkan saus strawberrynya aku ganti vla vanila aja kebetulan stock vanila podku masih ada.

Di bawah ini resep puding strawberrynya Mbak Yulyan Parwati ya...vlanya resepku sendiri hasil modifikasi dari vla puding ala KFC.

Bahan :
- 300 gr strawberry, blender dengan 150 ml air (aku pake 250 gr)
- 130 gr gula pasir atau sesuai selera (aku pake 150 gr)
- 300 ml susu cair
- 200 ml susu evaporated
- 1 bks agar-agar warna putih
- 1 sdt jeli bubuk
- 1 btr kuning telur
- 2 tetes pewarna merah tua


Bahan vla vanila :
- 1 kaleng susu evaporated F&N
- 200 ml air
- 6 sdm gula pasir
- 2 sdt tepung custard + 2 sdt maizena
- 1 buah vanili pod, keruk isinya

Cara membuat :

  1. Puding : campurkan semua bahan, kecuali kuning telur. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk.
  2. Sesaat sebelum mendidih, ambil beberapa sendok puding, tuangkan ke dalam kuning telur lalu aduk, masukkan kembali ke dalam puding. Masak hingga mendidih. Masukkan puding ke dalam gelas atau cetakan yang telah dibasahi air. Biarkan mengeras.
  3. Vla vanila : campur semua bahan sampai rata dan tidak bergerindil. Kalau perlu saring sebelum ditambahkan gula dan vanili (termasuk kulitnya juga).
  4. Masak di kompor sambil terus diaduk sampai meletup-letup. Angkat.
  5. Sajikan puding dingin dengan vlanya.


Makasih ya Mbak Yulyan, udah disharing resepnya. Pudingnya enak banget...pas manisnya dan bener bener terasa strawberrynya. Bikinnya siang...malamnya tinggal 2 potong aja. Laris manissss!!

30 komentar:

Ayudiah Respatih mengatakan...

aduhh mbak kl mau strawberry mah ke bandung ajahh disini mah banyak teruss...
thanx resepnya....
potona ajibb bangeett...^^

Hesti HH. mengatakan...

hiks hiks jauh bangeeet mbak. Emang bandung surganya strawbery ya. Malah sekarang blueberry juga udah mulai banyak ditanam di sana...di sini adanya beberapa bulan sekali. Kalo beruntung dapet...

Makasih mbaaak ^^

Dapoer Agiz mengatakan...

mb salam kenal senang sekal nemu blog mb Hesti,bisa banyak belajar,mb sy hr ini praktekin lapis india resep mb loh, hasilnya alhamduliah endang bambang gulindag he he he,trims mb ya, buat resepnya,

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mbak...

Alhamdulillah kalo suka mbak. Ikutan senang aku. Makasih juga ya udah nyobain resepnya ^^

Ayudiah Respatih mengatakan...

iya mbak...tapi kalo saya mah di rumah nanemnya blackberry heheh..
eh mbak saya tiap hari suka mampir ke sini, maklum emak2 kurang kerjaan, abisnya seneng aja baca2 disini..kadang suka dipraktekin sndr tapi ya begitulah namanya pemula..banyak gagalnya hehehhe...
keep posting ya mbak...maaf br ikutan komen sekarang2 soalnya suka malu...tapi kalo ga komen takut bintilan ngintip terus tapi gak ninggalin jejak disini heheh..

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaaah...blackberry?? hebat euy!

Sama dong mbak...aku juga kurang kerjaan makanya ngisi postingan terus biar betah di rumah, hehe. Don't worry mbak...gagal itu biasa. Kecuali kalo gagalnya udah 3x itu yg luar biasa ^^

Makasih ya udah ninggalin komen. Daku menghargainya...sekalian pengen tau apa sih kurang lebihnya blog ini. Apanya lagi yang perlu ditingkatkan.

Anonim mengatakan...

maaf mau nanya... itu kenapa ya di tambahin 1sdt jeli bubuk? makasih

Hesti HH. mengatakan...

Agar dan jeli kan beda tekstur tuh mbak, nah kalo agar dikasih jeli kebayang kan teksturnya. Lembut, padat agar tapi ada kenyalnya dikit.

Lisa mengatakan...

Wah mbak, sama seperti di sini, strawberry juga jarang, kalaupun ada harganya mahal....Mbak, aku mau nanya nih, klo vanilla pod itu belinya di mana ya? apa beli di Jawa atau di Sulawesi juga ada? maklum seumur2 gak pernah lihat vanilla pod, tapi ngebayangin wanginya pasti enak banget :)

Hesti HH. mengatakan...

Kalo saya belinya online di bogor mbak. Vanilla pod emang wangi sekali tapi lebih wangi esens vanila karena dikasih alkohol untuk lebih mengeluarkan baunya. Saya lebih suka pake ini karena saya nggak konsumsi alkohol. Saya beli kemasan 100 gr, sampai sekarang belum habis.

Kalau tertarik bisa buka di http://organicindonesianvanilla.blogspot.com/2010/06/local-customer-order.html

Anonim mengatakan...

Halo Mba Hesti, mo tanya nih, Di resep ini total airnya kok sedikit ya? Sekitar 900ml aja. Apa ga terlalu keras ntar jadinya? Soalnya saya sudah coba pudding ala KFC nya mba Hesti dan menurutku sudah pas tingkat kepadatannya (lembut, ga trrlalu keras dengan susu cair 1200ml). Gimana kalo ditambah susu cair lagi smp 1200ml, apa merubah rasanya? Thanx ya mba jawabannya, oya food photography'nya mba hesti bagus banget..mesti belajar secara khusus ya mba? Selama ini cuma foto n edit di handphone aja saya... Hehehe.

-imelda-

Hesti HH. mengatakan...

Kalau menurutku dicoba aja dulu mbak, karena menurutku sama sekali nggak keras. Kalau puding KFC memang termasuk puding tahu jadi lembut dan cocoknya disantap dengan cara disendok. Kalau dalam potongan terlalu lembut dan lama kelamaan berair.

Kalau memang mau ditambahkan air sebaiknya ditambahkan juga gulanya...

Obat Asam Urat mengatakan...

saya suka blok anda tentang puding strawberry vla vanila, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari anda. apakah anda menjalankan situs lain????

Siwi Setyati mengatakan...

salam kenal,
resep pudingnya kelihatan yummy banget :9
pengen nyoba, nih. saya mau tanya mbak, susu evaporated 200 ml itu dicampur air atau nggak, ya? makasih banyak :)

Anonim mengatakan...

Hai hai mba hesti... Mau tanya mba, vanili pod bs di skip gak ?? Makasih sblm nya :)

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mbak, pake vanili bubuk aja bisa kok...1/2 sdt

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak,

Iya mbak nanti dicampur. Itu ada takaran airnya di atas. Tapi kalau tertulis susu evaporated itu murni tanpa campuran.

TeeQoo mengatakan...

Salam kenal mba hesti...
Suka bgt baca2 disini...
Oia mba mau tanya klo susu evapotated bisa di ganti ga...?
Soal'y aku ssh dptin susunya...
Mksih mba hesti

TeeQoo mengatakan...

Salam kenal mba hesti...
Suka bgt baca2 disini...
Oia mba mau tanya klo susu evapotated bisa di ganti ga...?
Soal'y aku ssh dptin susunya...
Mksih mba hesti

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak, pake susu cair biasa aja mbak...

Ven mengatakan...

Salam kenal Mbak.
Mau tny nih, klo ga pake jelly bubuk sama kuning telur, beda dimana ya?

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal jg. Kalau nggak pake jelly gak papa tp nggak ada sensasi kenyalnya. Kuning telur buat gurih aja...diskip jg gak papa

Ven mengatakan...

Oh, ok2. Soalnya jelly bubuk ga tau bli. Pakai kuning telur apa ga amis ya?

Robin Ramadhan mengatakan...

Salam kenal, saya seorang ibu dengan 2 cucu, suka banget dengan dapurnya jeng Hesti HH kadang2 saya praktekin ada yang berhasil ada yang kurang berhasil, tapi rata2 enak dan praktis resep2nya, tks semoga jangan bosan ngeluarin resep2 baru'nya...salam

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal Bu ^^

Makasih sdh berkunjung ke sini dan mencoba resepnya bunda. Smoga tdk mengecewakan..hehe.

Bahan Kue Sehat mengatakan...

Terimakasih Ibu atas informasi resepnya.

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, salam kenal ya,
Mbak, ini strawberrynya gak disaring ya? trus, tahan berapa lama ya pudingnya?. makasih mbak

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga....iya mba gak disaring tapi kalau mau disaring boleh juga. Pudingnya bisa tahan 5 hari di kulkas mba

Anonim mengatakan...

halo mbak hesti, tadi saya kirim komen tapi saya ragu terkirim apa tidak. ini saya ketik ulang, kalau-kalau komen saya sebelumnya belum diterima mbak. begini, keluarga saya bilang pudingnya asam, kira2 kenapa ya?padahal saya sudah pakai gula 150 gr dengan stroberi 300 gr. lalu, jika kuning telur tidak ditambahkan apa ngaruhnya ke puding ya mbak? terimakasih...

Hesti HH. mengatakan...

Memang jenis stroberi itu beda beda mba. Ada yang asam manis ada yg cenderung asam dan ada yang manis. Kalau yang saya pakai asam manis mba tapi dikasih gula udah enak. Kalau tanpa telur rasanya kurang rich aja mbak....

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails