Kamis, 19 April 2012

Kuih Keria


Semoga belum pada bosan. Aku lagi semangat  nyobain resep resep dengan bahan dasar ubi jalar ungu. Kali ini dapat resep kuih keria atau kue keria dari Notabilia. Resep ini ditulis oleh Maameemoomoo untuk Notabilia sebagai guest postnya.

Kue keria ini mirip pilus sebenarnya tapi bentuknya seperti donat, dan memang inilah ciri khas kue dari Malaysia ini. Tapi aku heran, walaupun gak pake ragi...rasanya tetap enak, legit dan ringan. Barusan coba dan langsung jatuh cinta. Suka teksturnya chewy chewy gitu. Belum lagi di luarnya ada baluran gula seperti kue getas. Enak deh pokoknya...layak dicoba! pasti anak anak suka!

Aku bikin separuh dari resep aslinya. Resepnya berikut ini ya, cuman aku tambahin garam dikit biar lebih berasa *kebiasaan buruk*

Bahan donat :
- 250 gr ubi jalar ungu (kupas dan rebus sampai matang)
- 15 gr tepung tapioka
- 30 gr terigu serba guna (aku pakai segitiga biru)
- sejumput garam
- minyak untuk menggoreng

Bahan glaze :
- 200 gr gula pasir
- 70 ml air

 Cara membuat :
  1. Donat : campur tepung tapioka, tepung terigu dan garam. Aduk rata. Tambahkan ubi kukus halus. Uleni sampai kalis. Bentuk bulat seperti donat.
  2. Panaskan minyak banyak dalam wajan. Goreng donat dengan api sedang sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Glaze : masak air dan gula sampai berbuih buih dan kental. Matikan api dan masukkan donat. Aduk rata. Angkat.



Mungkin jenis ubi ungu lokal dan luar negeri ada perbedaan sedikit di warnanya. Sama sama ungu tapi yang luar punya lebih ngejreng, hehe

6 komentar:

CT Delima mengatakan...

As'salam Hesty

di KL hujan sangat lebat, bikin lapar bila lihat kuih keria nya Hesty..hihi. Enggak pernah buat kuih keria guna ubi jalar ungu, selalu guna yang kuning aja. nanti bisa dicoba juga mesti sedap rasanya :)

Hesti HH. mengatakan...

Walaikumsalam kak CT,

Menyesal saya baru bikin kue ini kak...kenapa tidak dari dulu dulu saja buatnya, hehehe. Semua keluarga sukaaaa sekali. Belum pernah makan kue macam ini sebelumnya...

monalisa mengatakan...

Hi mbak hesti, salam kenal aku mona.. Belakangan ini lg seneng2nya liatin resep mbak yg pake ubi ungunya. Pengen nyoba resep yg ini, mau nanya saat glaze nya dimasak diaduk2 gak mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak, iya diaduk mbak

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum mba hesti, saya ida. Utk ygkesekian kalinya saya tertarik dgn resep mba hesti, udh beberapa yg dy praktikin, semuanya enak, dan mohon maaf jika baru izin skrg ...hehe.
Kali ini pengen nyobain resep ini, kebetulan bru beli ubi ungu kmarin. Ada yg mau tanya mba, adonan diuleni sampai kalus itu apa smpi benar2 kalis sprti kita membuat donat gitu ya mba, atau hny tercampur baik saja sefara tanpa ragi kan mba?... mohon pencerahanny ya mba, makasuh sebelum nya.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, alhamdulillah mbak ikut senang. Nggak perlu minta izin mbak memang sengaja saya share supaya teman teman praktekkan. Kalau untuk keria ini ngulennya sampai kalis lembut nggak nempel di wadah mbak, gak perlu sampai elastis kayak mau bikin roti

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails