Jumat, 27 April 2012

Moist Chocolate Beet Cake





Udah lama kubookmarked, akhirnya hari ini baru sempat bikin karena baru nemu beetroot (buah bit) juga. Membayangkan kelembutan kue yang menggunakan buah di dalamnya. Ternyata benar benar yummy...beneran moist cakenya. Rasanya juga unik karena ada aroma bitnya...tetap nyoklats. Resepnya Nigel Slater hasil browsing di David Lebovitz.com.

Di resep asli tertulis menggunakan loyang diameter 20 cm, tapi aku lihat kayaknya bakalan kepenuhan karena adonannya banyak. Jadi seperempat adonannya aku tuang di 6 buah paper cup pake loyang muffin. Hasilnya ternyata kuenya setelah matang memang agak turun sedikit. Tapi bukan berarti bantat. Karena aku lihat semua yang menggunakan resep tersebut hasilnya hampir sama.

Bahan :
- 240 gr buah bit, cuci bersih tidak usah dikupas
- 200 gr bittersweet atau semisweet chocolate (70% cacao solids), cincang
- 160 ml  air espresso panas (atau air panas biasa)
- 200 gr butter, suhu ruang (aku pake 100gr butter dan 100gr margarin)
- 135 gr tepung terigu protein sedang
- 3 sdm cokelat bubuk 
- 1 1/4 sdt baking powder
- 5 butir telur ukuran besar, pisahkan putih dan kuningnya
- sedikit garam
- 200 gr gula halus

Cara membuat :
  1. Olesi loyang 22 dengan margarine/butter, alasi dengan baking paper.
  2. Masak buah bit dengan sedikit garam sampai matang. Buang airnya lalu setelah tidak terlalu panas kupas kulitnya, potong kasar dan haluskan dengan food processor.
  3. Tim cokelat hingga leleh, lalu matikan api tapi biarkan tetap di atas kompor. Masukkan kopi espresso panas, aduk sekali. Masukkan butter ke dalam cokelat leleh, tekan tekan biarkan meleleh tanpa diaduk.
  4. Panaskan oven 350 F atau 180 C. Ayak tepung terigu bersama cokelat bubuk dan baking powder.
  5. Angkat cokelat dari kompor. Aduk rata. Biarkan menjadi dingin, lalu masukkan kuning telur, aduk asal rata. Masukkan buah bit halus lalu aduk rata.
  6. Kocok putih telur sampai agak kaku. Tambahkan gula halus, aduk pelan menggunakan whisk. Masukkan sambil diaduk pelan ke dalam adonan cokelat. Aduk asal rata. Jangan overmix.
  7. Masukkan bahan tepung, aduk rata. Turunkan panas oven menjadi 325 F atau 160C. Panggang selama kurang lebih 40 menit. Atau sampai pinggirannya sudah mengeras tapi tengahnya masih lembek. Hilangkan uap panasnya lalu keluarkan dari loyang.
  8. Cake ini paling enak dinikmati pada hari kedua atau setelah bermalam. Olesi krim lalu taburan poppyseed pada saat akan disajikan.

Disajikan dengan olesan krim atau mascarpone, atau sour cream atau bisa juga es krim. Sesuai selera saja. 



Lihat kelembutannya ketika dipotong...yummiiiiii!!




8 komentar:

CT Delima mengatakan...

As'salam Hesti

Aduhhh k.ct kalau nampak kek coklat ni macam geram aje Hesti. Tapi anak2 dirumah macam kurang dengan kek yang bercoklat. Suami juga gitu, asal mahu buat kek aje, requestnya lain dari yang coklat..hehehe udah jemu katanya.

enggak apa k.ct bookmarks juga resepnya ya, halal ya Hesti :)

Hesti HH. mengatakan...

Hahahaaa...iya pastinya sudah bosan dengan segala macam kek cokelat. Sama seperti suamiku, sekarang sedang suka kue tradisional...kue cokelat lewatlaaaah, takut kalorinya katanya, hehe

Silahkan KAk mana mana saja resep yg akak suka...

Rima mengatakan...

Waduh Hesti.. enjin ku belum start lagi .. baru habis cucian baju.. ni belum lagi gosok baju.. harus lah tunggu sampai pembantu ku cos gosok mengosok ku enggak suka..

Di jakarta memang machap.. mintak ampun.. tu sebab.. kalau tak betul betul memang malas mau keluar dari hotel.. biar aja berkurung dalam bilik aircon hehe

Hesti HH. mengatakan...

Wuiiiiih, kebayang capeknya K'Rima. Menggosok adalah pekerjaan yang paling melelahkan. Walaupun ada AC tetap saja keringatan kena panas dari iron itu hehe.

Semoga cepat balik lagi pembantu akak, biar bisa baking kue kue cantik lagi ya ^^

Ira Rodrigues mengatakan...

kapan2 pengen coba beet cake yg ini, menggoda sekali bahan2 nya. cihuy!

Hesti HH. mengatakan...

Betul mbak Ira, beneran yummi nih...sumpah!!

meinekueche mengatakan...

Mirip red velvet cake,hahah sotoy banget saya, bikin & makan aja belom pernah...:D..tapi pernah baca resepnya sih, salah satunya cake yg ngetrend di jakarta itu pake buah bit...cuman kue ini warnanya lebih gelap ya? btw, testimoni rasanya gimana mba? secara saya belum pernah makan kue berbahan daasar bit ini...

Hesti HH. mengatakan...

Emang mirip mbak, apalagi warnanya. Tapi kalau ini banyak cokelatnya sih. kalao habis dikupas dan dicium aromanya sih kayak bayam. Tapi kalau sudah diolah jadi kue nggak terlalu kentara lagi baunya. Cuman samar samar, malah kalau orang nggak tau bit nggak mengira kalau dalamnya ada bitnya. Kayak hubbyku...hehe

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails