Friday 22 April 2011

Cake Sirup Jeruk




Ini kue kesukaanku waktu kecil. Rasanya seger tapi tidak kecut walaupun memakai sirup jeruk lumayan banyak. Kalo versi sekarang banyak yang menggunakan sari jeruk bubuk...tapi I personally like this better.

Kalo dipikir-pikir resep kue ini agak aneh. Dia tetap fluffy walaupun ada cairan di adonannya dan gak pake emulsifier dan baking powder. Yang penting bahan-bahan yang dipakai seger dan tidak dari kulkas. Mixernya juga harus berfungsi dengan baik...karena mixer yang sudah lemot tidak akan menghasilkan adonan yang kental. Cake di atas aku bikin setengah resep dari resep di bawah ini.
Tekstur cake ini lembut, ringan dan springy kalo ditekan.

Bahan :
- 6 butir telur

- 200 gr terigu protein sedang

- 3 sdm margarine, lelehkan
- 1/2 gelas sirup orange (aku pake ABC orange) sekitar 75 ml

- 1/2 sdtnanili bubuk (aku pake merk Arrow)
- 225 gr gula pasir

- 2 sdm susu kental manis


Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula pasir, dan vanily sampai mengembang (kalo Bosch pake kec. no 4).
  2. Kecilkan mixer (kalo Bosch pake kec.no 1) masukkan tepung perlahan-lahan. Setelah itu masukkan margarine leleh yang sudah dicampur susu kental manis sedikit-sedikit sambil terus dikocok pelan. Terakhir masukkan sirup. Kocok sampai rata. Matikan mixer.
  3. Tuang di talam 24x24x4cm yang sudah dioles margarine dan ditabur tepung terigu.
  4. Panggang dengan panas oven 350 F atau 180 C sampai permukaan kuning keemasan dan ketika ditusuk pake tusuk gigi sudah tidak melengket lagi.
  5. Angkat, dinginkan. Potong-potong. Hias sesuai selera.

Adonan kue ketika dituangi sirup jeruk. Warnanya langsung berubah cerah.


Sewaktu diangkat dari oven warnanya sudah kuning keemasan.


Ini gambar ketika cake udah dibalik di rak pendingin.


59 comments:

Alice said...

yummy nih! pengen cobain :)
kalo aku gak punya sirup orange apa bisa pake jus orange meres langsung dari buahnya?
trus bubuk vanili kalo diganti vanilla essence pake berapa banyak ya essence nya?
thks ya :)

Hesti HH. said...

Jangaaaaan mbak...harus pake sirup orange *maksa.com* hihii...dan kayaknya harus merk A*C krn aromanya memang beda. Yang khas itu justru khas dari sirupnya. Kalo pake jus jeruk mungkin wangi juga tapi rasa jeruknya lamat2 aja. Kalo adekku sih biasa pake n*t*isari bubuk...tapi emang sirup yang paling enak....:(ini menurutku lhooo..

Aku gak pernah pake essence mbak jadi gak tau ukurannya. Mungkin sedikit aja biar ngga mengalahkan wangi jeruk.

Maaf ya mbak...kayaknya inputku nggak membantu banyak...kalo mbak mau coba modifikasi bisa coba setengah resep dari resep di atas biar ngga rugi kalo gagal...:(hihihi maksudnya apa???? memang kue ini rentan gagal or bantat krn memakai cairan lumayan banyak di dalamnya. Aku aja dah pernah bantat sekali.

Alice said...

hi Hesti, ok thks info nya :)
ok kalo gitu aku coba cari dulu sirupnya ama vanily nya disini...
vanily nya itu 1 bungkus berapa gram ya?
thks :)

Hesti HH. said...

Kalo satu bungkus itu 2 gram kayaknya sekitar 1/4 sdt. Maaf ya mbak...info bahanku gak jelas...bikin orang bingung aja...

Okey...good luck ya...^.^

Alice said...

hi Hesti, makasih ya, gpp kok, aku yg gak familiar aja ama bahan2 yg kamu pake
thks! :)

nickeJJ said...

Hesstiiii....halah baru kebaca thread nya...
teteh lagi bikin nih...sedang membakar adonan, tadi obrak abrik ga nemu eta syrop ABC, padahal biasanya nyetock buat pudding, finaly pake Sunquick...semoga ga papa, kalo nutrisari..ga gitu suka, karena gula biangnya berasa banget...!sekarang kopi kapal api juga yg sachet 2 in 1 ga enaaaak berasa gula biang..!! sebel.. (teteh penggila kopi dan teh)

nickeJJ said...

deeee' berhasil dan enak banget ! (sudah tentuuuu)
karena buat 35 orang, td teteh bikin 1 resep, berarti setengah resep Hesti di kali dua, nah loyang yg teteh pake 30x40x4...kalo sama gambar punya Hesti kurang tinggi cake ku ini...
kira2 masuk akal ga dia jadi nya mungkin 3cm dgn loyang tadi...
kalo menurut Hesti termasuk ga tinggi, berarti sunquicknya terlalu berat kali yaa..(kan kental)
trus tadi ga pede..tak tabur sedikit baking powder..salah ga..?

Hesti HH. said...

Alhamdulillah teh...senengnya kalo berhasil. Tapi kalo pake sunquick gak berasa asem??? kan kayaknya konsentrat, lebih kental dari ABC ya?? tapi setidaknya lebih oke dibanding kalo pake Nutrisari bubuk.

Haaahhh teh pantesan tipis. Kalo resep yg di atas aku tulis itu 1 resep. Nah aku bikinnya pake 1/2 resep artinya telurnya cuma 3 dan pake talam brownies...hehe. Maaf kurang jelas keterangannya...jadi punya teteh pake talam 30x40 ya wajarlah kalo tipis. Betul apa betuuull???

Hesti HH. said...

Gak papa sih teh kalo pake B.P karena biasanya adonan yang pake cairan memang dikasih B.P tapi biasanya hasilnya beremah banget. Tapi kalo teteh suka...ngga papa dilanjutkan..hehe *maksudnya opo???*

nickeJJ said...

someday..minggu depan kali, aku bikin lagi...mau beneran loyang (ukuran hesti)pengen tau hasil akhirnya...dan coba sunquicknya kasih air sedikit biar tinggi dkit, kemaren agak padet..hehehe

Hesti HH. said...

Iya teh, can't wait to see the result. Kalo punyaku malahan ringan buanget. Makan satu gak berasa...hehe

Reni said...

Hesti .. aku sdh coba resepnya semalam. Dibawa utk pengajian, langsung ludes. Rasa nya enak, lembut banget. Byk yg kira pakai lemon krn rasa nya seger .. Thanks utk sharing nya ya :-)

Anonymous said...

Mba Hesti...hiks..hiks...aku semalam bikin. Tapi bantat mba. Aku sok tau kali ya. Males nyari sirup abc aku pake orange juice abc kotak. Aku campur pake konsentrat jeruk 1 sdt. Bantat habis mba. Enak sich..tapi bantatnya itu lho. Padahal aku dah ngiler ngeliat penampakannya kue Mba Hesti. Yang salah apa ya? Karena konsentrat itu kali ya??

Hesti HH. said...

Waaaah turut sedih mbak. Aku juga nggak tau kira2 apa ya sebabnya?? mungkin kalo jus itu keenceran kali mbak jadi merusak kekentalan kue. Sebenarnya yang penting adonannya sewaktu dikocok udah mengembang dan kental berjejak. Dan gak boleh terlalu banyak adukan kalo udah masuk tepung. Cukup asal rata aj langsung tuang ke loyang.

Semoga percobaan berikutnya sukses ya mbak...

Anonymous said...

mba hestii, ni dinda yg kemaren nanya puding zebra :p
mau nyoba bikin kue ini.. hehe. eh tp ini bener ya mba ngga usah pake baking powder? kemaren aku nyoba bikin kue yg resep2nya mirip ky gini tp hasilnya buntet, kira2 itu krn ga pake baking powder atau emang ada proses bikinnya yang salah yaa :(

Hesti HH. said...

Iya mbak, emang resep aslinya nggak pake bahan pengembang. Yang penting ngocoknya sampai kental berjejak. Kalau bantat, bisa karena ngocoknya kurang kental, atau ketika masuk tepung dan margarin lelehnya aduknya kurang rata sehinggan minyaknya tertinggal di bawah.

Anonymous said...

Aslkm mba hesti, salam kenal, aku hadija. Mau nanya , itu syrup ABC nya setengah gelas / 75 ml ? Kan 75 ml dikiti banget mba

Anonymous said...

mba, aku dah nyoba, bagus jadinya n rasanya enak. kalo mau dijadiin rasa keju bisa ga kalo sirup jeruk diganti susu kental manis?

Hesti HH. said...

nggak papa mbak. kalau kebanyakan malah asem jadinya. Atau kuenya turun karena terlalu banyak cairannya...

Hesti HH. said...

Syukurlah kalo berhasil mbak.
Kalo rasa keju dicoba aja dulu mbak tapi dikira2 aja apa gak kemanisan kalo skmnya banyak. Saya juga belum prnh coba jd nggak bisa kasih review.

Anonymous said...

thx infonya mba. akhirnya aku bikin chiffon keju aja, ga brani ngutak ngutik resep ini, hehehehehe

Anonymous said...

mba hesty... aq mau nanya, klw adonan ini bisa dikukus ng' ????

Hesti HH. said...

Sejujurnya aku juga ngga tau mbak krn belum pernah nyoba. Bisa mbak coba dengan setengah resep dulu, kali kali aja lebih enak ^^

Anonymous said...

makasih yah mba hesty.. mudah-mudahan aja berhasil.

Anonymous said...

Dear Mbak Hesti,
Salam kenal....
Dari semua resep mbak Hesti yg paling bikin penasaran untuk bikin.
Coz kalau diliat kayaknya seger dan "ringan" rasanya...hmmm yummy.

Tapi 2x bikin yg pertama bantat pollll, tapi rasa enak :(
minta saran ke mama, katanya kemungkinan syropnya terlalu banyak atau
ngocoknya kurang ngembang.
Ga nyerah, kemarin nyoba lagi..lumayan agak ngembang (pake loyang bulet 22 tinggi 4cm)
tpi ga setinggi loyang hasilnya, dan pas dikeluarkan dari oven kok kempes??
hikss!! knapa ya mbak?
Mohon petunjuknya GURU..
#curhatdotcom#

Wassalam,
Lea Tioni :)

Hesti HH. said...

Salam kenal mbak lea,

Betul kue ini memang ringan dan wangi aroma jeruk.
Iya kalau gagal biasanya ngocoknya belum sampai kental berjejak. Kurang mengembang...tapi jangan juga terlalu lama karena hasilnya beremah dan bisa kempes kalo dikeluarkan dari oven. Pokoknya pas mixer diangkat adonan mengalir lambat sekali dan meninggalkan jejak kaki mixer kalo diangkat. Tuang sirupnya juga jangan sekaligus mbak, dikit dikit aja biar nggak langsung turun ke bawah dan nyampur sempurna.

Anonymous said...

Dear Mba Hesti,
Oke thank's inputnya mba :)
bakalan nyoba lagi....semangat!!

Anonymous said...

Asslm...
Mba Hesti, aku nyoba buat cake ini setengah resep pagi tadi, alhamdulillah berhasil, enak + seger, ternyata si kembar pun suka (anak2ku), tapi cakenya tidak seringan sponge cake (sedikit aga padat), apa mmg begitu, atau ada yg salah ya.
Tapi aku mau coba buat lagi, masih penasaran....
btw, makasih ya mba contekannya...., lihat blog mba Hesti bikin tambah semangat baking, hehehe..

Unknown said...

Haloo Mbak Hesti ^^
Ay seorang siswa yang tertarik mencoba resep yang tidak biasa, Ay mau tanya, kalau pakai sirup kan 75ml, tapi kalau pakai peras.an jeruk apa takaran.nya sama?
Kalau parut.an kulit jeruk bisa dimasukkan, pada waktu apa dimasukkan.nya?
Dan untuk susu kental manis apa bisa diganti dengan fresh milk???


Sign, Niva

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Syukurlah mbak kalau anak anak suka. Mengenai teksturnya justru menurutku kue satu ini sangat ringan dan spongy. Yang penting dikocok sampai kental banget (berjejak) baru masukkan bahan lain perlahan supaya adonan tidak turun.

Terigunya mbak pakai protein apa?

Hesti HH. said...

Ini kuenya agak tricky mbak. Jadi sebaiknya resepnya nggak diubah takutnya bantat.
Kalau pake perasan jeruk menggantikan sirop tentu saja beda hasilnya. Walaupun sama sama aroma jeruk tapi sirop lebih kental dan terkonsentrat sedangkan jus sangat encer.
Parutan kulit jeruk bisa saja dimasukkan biar tambah wangi. Di akhir saja bersamaan dengan sirupnya.

Kalau kental manis nggak bisa diganti dengan fresh milk karena fresh milk encer takutnya adonannya turun. Lagian susu kental kan manis mbak kalau diganti sama susu biasa takutnya kurang manis.

Anonymous said...

terigunya protein sedang mba, mungkin ngocoknya yg kurang kental ya.....

oya saya juga sudah nyoba resep Roti dengan metoda water roux-nya mba & hampir seminggu sekali sekarang jadi buat Roti, tinggal divariasikan isinya saja. makasih ya mba jadi tambah ilmu memasak karena blog mba....., banyak loh yang sudah sy praktekan resepnya dan semuanya Ok.
jadi ketagihan lihat blognya mba, nunggu2 resep baru apa yang akan muncul....... ^__^

Hera said...

Ass. Mbak Hesti sy pernah buat kue ini, hasilnya ...bantat abiiis walau rasanya tetap enak. Ndak tau salahnya di mana mbak, soalnya tidak ada yg diubah. Mau bikin lagi takuuut soalnya yg kemarin terpaksa dibuang hhh...



Anonymous said...

Salam kenal mbak hesti...
Mau tanya 3 sdm margarine itu kira2 brapa gram ya? Kalau liat resep2 Ɣªήğ lain kan biasa pake gram. Soal nya aq baru belajar juga. Liat resep sama kue nya mbak hesti jadi pingin nyoba. みϱ"̮みϱ"̮みϱ (⌒˛⌒)╯...
Makasih mbak

Mila said...

Assalaamu'alaykum kak hesti,
Kuenya klo ditambahin emulsifier bs gak? Mksdnya akan berpengaruh di rasa dan teksturnya kah? Soalnya saya gak pede klo gak pake emulsifier ntuk sponge cake macam ini. Syukron sblmnya ata jwbnnya

Hesti HH. said...

@Hera : waalaikumsalam. mungkin kocoknya masih kurang kental berjejak. Sirup jg dimasukkan sedikit dikit dan perlahan biar adonan gak turun. nanti coba lagi yaaa

Hesti HH. said...

@Hera : waalaikumsalam. mungkin kocoknya msh kurang mengembang mbak, atau telurnya kurang segar jadi gak bisa ngembang maksimal. Bisa jg sirupnya dimasukkan sekaligus. Caranya masukkan sirupnya perlahan aja sedikit demi sedikit biar adonannya gak turun.

Anna said...

Aq kalo bikin cake jarang bantatnya tapi bikin yg ini bantat mbak.kira2. ngocok adonannya berapa menit mbak?? Aq pk 15 menit tp kog bantat ya??

Anna said...

Mbak aq sering bikin cake tapi kog bikin cake ini bantat ya? Kira2 berapa menit ngemixernya mbak? Tadi aq ok 15 menit mbak . . ,tp hslnya bantat abis.

Hesti HH. said...

sebenarnya waktu bukan patokan mbak. tergantung mixernya. kalo pake mixer heavy duty cukup 7 menitan dah naik. kalo handmixer bisa sampai 10-15 menit yg penting dah kental berjejak/berpita. Sempat mengembang nggak??

Anonymous said...

Halo kak hesti, mau minta tips-tips cara bikin cake sirup jeruk anti bantat dong kak, saolnya gak pede nih, udah 2 kali bikin cake jeruk dgn perasan jus sunkistnya jd bantat dan keras , gimana yah mbak cara nya.

Anonymous said...

Kak hesti, aku barusan coba bikin cake sirup jeruk ini. Tapi jadinya bantat dan keras, padahal udah dikocok sampe kental berjejak.pas dikocok dengan tepung, adonan nya turun kak...ada tipsnya gak yah kak biar gak bantat hasilnya, klo campuran tepung diaduk pk spatula aja bole? Terus gulanya bole dikurangin gak kak?. Terima kasih

Hesti HH. said...

Oh memang kalau pake jus jeruk. kan encer sekali itu konsistensinya. Kalau mau aman bisa diganti dengan bubuk sari jeruk. Atau pake sirup sesiau takaran. Masukkanya sedikit sedikit siupaya rata dan adonan tdk turun

Hesti HH. said...

Bisa diaduk balik saja perlahan. Gulanya boleh dikurangi kok.

Emma hermawati said...

Daku berhasil mba coba resep ini. Plekkkk sama persis dan dah berulang kali buat tetap ringan dan lembut truss segarnya itu lhooo.....mantappp #maaf baru laporan copas resepnya :)

Hesti HH. said...

Alhamdulillah mbaaaa....ikut happyyyy

Anonymous said...

Hai Mba... Assalamualaikum... kalo pake sirup melon marjan boleh ngga ya...

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, dicoba aja mba...yg jelas rasanya melon bukan jeruk lagi ^^

Unknown said...

assalamualaikum mbak...saya kmarin udah coba buat tp bantet mbak..bagian bwahnya keras gt tp atasnya lembut dan enak..makanya saya penasaran buat lg, apa mgkn krn krg rata aduk sirupnya..ternyata yg kedua malah mkin parah bantetnya mbak, gk ada yg bs dmakan..bener2 down liatnya, apa lg itu slah satu menu bwt open house undang tmn2..udh gk ada wktu lg buat ulang :(
sedih sm kesel jg jadinya, krn biasanya buat cupcake dan cake besar enak2 aja jrg bantet mbak, pdhal buatnya cm pke whisk doank, gk pke mixer.
oia ini resepnya aq kasi emulsifier pas pngocokan telurnya mbak,, apa krn itu??
tp kt org2 adonan cake itu kl kena air dikit aja jd bantet mbak..pdahal wktu saya buat cupcake suka2 aja kasi susu cair, air jeruk, atau perasa lain dan gk bantet. apa krn itu jenisnya buttercake ya mbak?hehe..jd bingung..mohon pnjelasan nya ya mbak..makasi ^_^

Unknown said...

maaf mbaaak...komen saya yg panjang kemarin masuk kn mbak?? hehhe..

Hesti HH. said...

Waalaikumsalamm...

Maaf saya juga kurang tau mba gagalnya di mana krn saya sendiri selalu berhasil bikinnya tapi saya gak pake emulsifier mba. Yang penting ngocoknya asal ngembang jangan kelamaan sampai kaku banget. Masuk siripnya perlahan lahan aja sambil diaduk pelan.

Anonymous said...

Mbak, kalo abis dikocok cepat trs dimasukin tepung, adonannya jadi kaya ambles gitu ya?

Anonymous said...

Hi mba, saya lagi nyoba bikin, deg2an hasilnya bantet ngga ya. Tadi pas abis ngocok sampe ngembang, pas saya masukin tepung kok jadi kaya ambles gitu ya adonannya?

Hesti HH. said...

Tepungnya sebaiknya masuk dikit dikit mba biar adonannya gak kaget...hehe

Unknown said...

Aslmlkm Mbak, kemarin udah coba resep dari Mbak Hesti ... wah lembut Mbak bolunya... semua pada suka, Trimakasih resep nya y Mbak. :)

Hesti HH. said...

Alahmdulillah mbaaaaaaa

Paradise Ark said...

Bun :-D
Sirupnya itu ABC Squash Delight rasa jeruk florida bisa??? Kebetulan adanya itu :v

Hesti HH. said...

Iya saya juga pakai itu kok ^^

Melly said...

Aku barusan coba pake perasan jeruk+nutrisari...dan berhasil, tapi kemanisan buatku mbak, lain kali mau dikurangin aja gulanya, btw..makasi sharing resepnya mb hesti

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...