Jumat, 01 Maret 2013

Blueberry Streussel Bread, Chocolate Cream Cheese and Coffee Bun




Hari ini lagi pengen bereksperimen dengan beberapa jenis roti. Resep rotinya sendiri hanya satu macam yaitu  roti dengan metode water roux. Cuman sepertiganya aku beri cokelat pasta sehingga menjadi 3 variant. Strawberry Streussel Bread yaitu roti yang dibentuk kepang dan ditaburi streussel dan selai blueberry. Gambarnya di atas. Chocolate creamcheese bun yaitu roti cokelat yang diisi adonan creamcheese dan yang ketiga coffee bun. Isiannya creamcheese juga tapi toppingnya kopi. Fillingnya aku lihat di resepnya Veronica's Kitchen via WendyInkk. Thanks to both of you for sharing this great recipe.







Kenapa aku posting lagi coffee bunnya padahal dulu udah pernah?? karena aku sedang mencari resep topping kopi yang renyahnya bertahan lama seperti roti boy. Selama beberapa kali bikin, yang terakhir inilah yang paling mendekati teksturnya. Biasanya adonan toppingnya renyah ketika masih panas. Begitu dingin langsung melempem. Lapisannya pun tipis...kayaknya itu yang menyebabkan renyahnya gampang hilang kena udara. Resep kali ini hasil gabungan antara topping crunchy sus jepangnya Pak Sahak dan topping coffee bun. Aku perhatikan toppingnya Pak Sahak agak tebal, mungkin bisa diaplikasikan ke roti juga. Ternyata benar. Cuman hasil akhirnya belum bisa semulus roti boy. Masih kelihatan motif spiral pada toppingnya samar samar. Resepnya belum aku share karena menurutku belum sempurna. Entar kalau udah puas bener sama hasilnya in sha Allah aku share yaaa...


Di bawah ini  resep roti yang aku pakai ya...

Water roux :
- 50 gr tepung terigu protein tinggi
- 250 ml air

Bahan :
- 400 gr tepung protein tinggi
- 200 gr tepung protein sedang
- 120 gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir telur + 1 kuning telur
- 10 gr ragi instan
- 200 gr water roux
- 175 - 200 ml air hangat
- 80 gr margarin
- 1 sdt garam

Bahan Pelengkap :
- selai blueberry
- filling creamcheese ( lihat di sini)
- streussel 

Streussel ( aduk sampai menjadi butiran yang kecil)  :
- 50 gr butter
- 35 gr gula halus
- 10 gr susu bubuk
- 75 gr terigu protein rendah

Cara membuat :
  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Apabila diaduk menggunakan sendok kayu kelihatan jejak sendoknya di dasar. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat. 
  4. Untuk roti cokelat isi creamcheese : ambil sepertiga adonan lalu beri pasta cokelat (dari 2 sdm cokelat bubuk yang diberi sedikit air hingga menjadi pasta). Uleni sampai rata. Setelah fermentasi pertama ambil masing masing 40 gram adonan, pipihkan, sendokkan bahan filling creamcheese lalu rapatkan dan bentuk bulat. Letakkan di atas loyang bersemir margarin. Sesaat ketika akan dipanggang olesi telur dan taburi streussel.
  5. Untuk blueberry streussel bread ambil 60 gram adonan lalu giling manjang dan bagi menjadi tiga tanpa putus ujung atasnya. Kepang lalu rapatkan ujungnya. Taruh dalam wadah kertas dan letakkan dalam loyang. Setelah mengembang olesi telur, taburi streussel dan beri selai blueberry.
  6. Untuk coffee bun nanti dishare kalo resepnya dah memuaskan ya.
  7. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Panggang selama sekitar 15 menit atau sampai atasnya kuning keemasan. Jangan lupa oven dipanaskan terlebih dahulu dengan api 200C atau 400F.

49 komentar:

ayou mengatakan...

Salam kenal mbak... sy ayu dcirebon.. resep2 mu aku bukukan mbak..tp tiap lembarnya aku tulis pke tangan...hehehee lbh ke rasa penghayatan kali yak.. coz kumpulan resepku udh 2 box plastik besar..dan itu aku kumpulin dr smp.. super duper inspirasiku deh.. selain ortu jg suami.. lop u deh... izin nyontek smuaaaaaa resepnya yaa mbak... makasih...

Nisa's Mom mengatakan...

aaaaw.. cantik nya roti mu mba, kreatif skali. Klo aku dah nyerah deh, bikin roti sudah time consuming eeh di model 3 pulak.. *paling naksir bluberry bread nya, eeh koq bisa sih mba roti boy nya rapi gitu, nggak meleleh sana sini... TOP !!!

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Ayu,

Waaaaaa...telaten banget mbak. maaf ya terpaksa harus ditulis karena nggak bisa dicopy. Mbak mungkin dah tau isi blogku (malah satu blog) udah beberapa kali diclonning orang dan diganti namanya. Sedih mbak, aku capek masak/baking, ditata, difotoin sampe berpuluh puluh lalu kemudian diedit satu persatu dan dipilih yg terbaik. Habis itu diposting di blog dengan cerita panjang lebar. Orang tinggal comot aja, dihilangkan watermarknya dan diaku jadi punyanya. Pasang iklan dan dapat uang.

Semoga suka ma resep resepnya dan bermanfaat ya mbak.

ibundo mengatakan...

salam hesti. ternyata kreatif. Saya suka sekali resep kami juga kagum dengan fotonya.

Hesti HH. mengatakan...

Nggak tau kenapa ya mbak, yang paling less effort bikinnya ya roti menurutku. Mgkn karena udah keseringan ya hehe...cuman kadang bosan ma modelnya yg itu itu ajah.

Anis mengatakan...

huhuhuhu... banyak sekali PR dari mu yang mesti daku kerjakan mba! *_* Seneng liat postingan mba hesti, gak bosen dengan foto2nya. Masih terbatas waktu dengan si kecil.. jadi yaaahhh... bikin kue pun harus curi2 waktu luang :-)
Love that chocolate cream cheese.. it looks so... YUMMYY!!!! ^_^

Indonesia Eats mengatakan...

Lagi demen berpolkadot nihh Kak :))

febry vitale eureka mengatakan...

postingan yang sangat bermanfaat mbk

toko sulap jogja mengatakan...

senang bisa lihat postingan mbk

Eka Nurlita mengatakan...

Assalamu'alaikum wrwb. Mba Hesti, saya Eka Nurlita, ibu rumah tangga biasa yang suka mencoba resep. Saya sering mampir ke blog Mba Hesti, dan menyalin beberapa resep ke dalam buku resep saya. Mba, mohon maaf sebelumnya, saya sama sekali tidak ada maksud negatif apapun itu, atau menjatuhkan pihak manapun itu. Mbak, saya menemukan kejanggalan dalam sebuah blog yang dimiliki oleh seorang chef terkenal. Dalam satu resepnya, 95% sama persis dengan sebuah resep dalam blog Mba Hesti. Hanya saja, kenapa saya memilih untuk lebih percaya pada keabsahan blog Mba Hesti, karena di blog Mba Hesti tercantum jelas sumbernya dari Joy of Baking dan Bakerella, dan bahwa Mba Hesti sendiri yang mentranslate resep tersebut. Saya mohon maaf kepada semua pihak, sama sekali tidak ada maksud untuk menjatuhkan siapapun dalam hal ini. Saya hanya sangat menghargai kerja keras Mba Hesti, mencoba resep, mentranslate, dan menyebarkannya dengan baik melalui blog ini. Link terkait saya post di resep terkait,Mba Hesti bisa kan menemukannya. Terimakasih.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, makasih mbak infonya sudah saya balas komennya di link terkait.

Hesti HH. mengatakan...

Salam juga ibundo. Terima kasih komen manisnya ^^

Hesti HH. mengatakan...

hahahaaa....tenang mbak masih banyak waktu in sha Allah...
Saya juga dulu belum terlalu sering baking sewaktu anak anak masih kecil. Tapi karena skrng udah besar justru bete kalo nggak ngapa ngapain jadinya seperti sekarang ini.

Hesti HH. mengatakan...

hihi...bangeeeeeet mbak Pepy *wink

Hesti HH. mengatakan...

Makasih Febry...

Hesti HH. mengatakan...

thank you...

Eka Nurlita mengatakan...

Terimakasih kembali Mba Hesti ;). Iya saya orang Sorowako banget. Saya teman seangkatannya Hendra waktu SMP, dulu Lalu dan Aniel kawannya sering datang makan mie dirumahku hehehehe... Resep rotinya saya coba ini Mba :) Terimakasih

Anonim mengatakan...

mbak hesti blog nya bisa playing video ? kebetulan saya sedang mencari blog ibu-ibu yang bisa playing video untuk iklan,kalu tdak keberatan balas comment saya terimakasih ya mbak.. bisa email saya di hannah@ocentrummedia.com

Anonim mengatakan...

Mba hesti salam kenal, saya pengunjung setia blog ini dan sudah sering praktek resep2nya.
Salam, novie.

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga Novie, semoga cocok ya sama resepnya. makasiiih...

Hidayatul Hikmy mengatakan...

assalamu'alaikum..
salam kenal mba hesti, sy hikmy. mohon maaf sebelumnya baru bisa ninggalin jejak di sini. pdhl sdh banyak bgt resep2 mba hesti yg udh aq praktekin. resep2nya inspiratif bgt, enak2. fotonya jg keren abis. bikin semangat baking buat para newbie seperti sy. salut bgt sm ibu cantik satu ini.. :D
btw kalo utk roti bisa pake mixer biasa g mba? (misal: philips). soalnya sy blm prnh nyoba bikin roti, stiap kali mau nyoba ragu, takutnya gagal klo pke mixer biasa :D
mksh mba..
barakallah bwt mba hesti sekeluarga.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, maaf baru balas ya mbak saya baru pulang dari Makassar.

Alhamdulillah kalau suka sama resepnya mbak. GeEr niy dibilang cantiiiik *hidung kembang kempis* makasih juga buat doanya.
Bisa banget, yang pake tangan aja bisa kok cuman butuh waktu lama. saya juga dulu selalu pake philips. Sekitar 15 menitan habis itu sambung pakai tangan sambil sesekali dibanting sampai dirasa betul betul kalis elastis. In sha Allah jadi mbak. Asalkan raginya baru jadi bisa bekerja dengan baik.

Anonim mengatakan...

salam bunda hesti,
baru resep roti bunda yg sukses kupraktekin hehe seneng banget sampe bikin roti tiap hari :) thx for share ya bun, sukses slalu

Hesti HH. mengatakan...

Salam juga mbak,

Alhamdulillah, senang sekali dengarnya mbak kalau sukses dan suka sama resepnya. Semoga resep resep yg lain juga sukses ya...

Sashy mengatakan...

Mba Hesti laporan saya sudah coba resep blueberry streusselnya ... hasilnya enak bgt seperti biasanya ... rotinya lembut dan empuk ya mbak :)

Anonim mengatakan...

hai bunda Hesti..salam kenal..saya Andin.. jujur saya sering banget praktekin resep yg bunda share di blog yang cute ini.. enak2 banget...! walopun saya belom mahir dalam urusan mencetak, membentuk dan finishing..tapi rasa nomer satu.. saya newbie bgt dalam urusan baking..dan share resep dari bunda Hesti banyak bgt yang mudah dikerjakan dan bahan2nya mudah di dapat secara saya tinggal di daerah..aga susah dapat bahan yang aneh2.. dan kasian banget ya saya,bun..baru tau metode water roux.. *tepok jidat* hehhehe..bakalan langsung praktek nih..moga sakseiiis.. bunda sukses selalu..makin menginspirasi juga.. semangat! terimakasih..

Hesti HH. mengatakan...

syukurlah mbak kalo suka. makasih ya laporannyaaaa

Hesti HH. mengatakan...

alhamdulillah senang banget mbak kalo cocok sama resepnya. Makasih doanya dan feedbacknya ya. Ditunggu laporan baking metode water rouxnya ya...semoga sukses bikinnya ^^

Andina Berata Jaya mengatakan...

bunda Hestii.. saya udah coba dong pake water roux.. saya ngerti banget kenapa bunda klop banget sama metode ini..hasilnya..WOW sekali! roti lembuuuuttt banget..sampe dipuji uda pantes buka bakery..kekekkee.. *ge'er maksimal* kaya'nya bakalan jadi metod andalan juga deh,bun.. makasih banget uda support dan shared.. sukses selalu bunda Hesti.. ^^

-andin-

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah kalau Andin cocok. memang nggak nyesel pokoknya kalo dah nyoba resep ini nggak bisa ke lain hati lagi. Bunda sendiri nggak pernah pake bread improver lagi...

Naila hari mengatakan...

Mbak, makasih resepnya aku dah eksekusi dan sedikit diutak atik, sipp hasilnya..
ini hasilnya:
http://nailandra.blogspot.com/2013/04/roti-lembut.html

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum...
Salam kenal Mba' Hesti...
Saya juga org Sulawesi asli... :)
senang banget liat2 blognya Mba' Hesti... Canttttiiiikkkk.... Apppiiiikkk...
Oh ya Mba'... Saya minta ijin copy beberapa resep Mba' ya... Soalnya menggoda banget... Plus fotonya bgs2...

Salam hangat...
Aenun... :)

Triana Febrianti mengatakan...

Mba hesti aku baru nyoba bikin resep ini,tp kok pasta coklatnya ga tercampur rata ya mba?jd kykk marmer gitu...lucu sih hasilnya....gmana ya caranya biar tercampur?aku masukin pastaa stlh adonan ngembang....

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Salam kenal juga mbak Aenun...*toss dulu* sesama orang sulawesi hehe
Makasih nah sudah mampir, semoga resepnya cocok ^^

Hesti HH. mengatakan...

memang gulen/mixernya harus lama mbak. Mungkin sekitar7 menitan baru nyampur rata.
Diwarnainnya setelah diadon mbak artinya sebelum fermentasi. Jadi begitu sudah diuleni rata, ambil secukupnya untuk adonan cokelat lalu lanjutkan mengulen sampai rata. Adonan putiih langsung aja difermentasi di tempat yang terpisah.

Anonim mengatakan...

Mbak hesti, kalo bikin pizza pake resep ini kira2 cocok gak mbak, soalnya ud coba resep ini dan enak, thanks ya mbak resepnya
Linda

Hesti HH. mengatakan...

Cocok saja mbak, tapi kurangkan jumlah gulanya karena ini resep roti manis.

yunda wulandari wulandari mengatakan...

Mbk hesti slm kenal ya,,q blakang2an ni sring nyoba resep2 di blog mbk,, hasilnya enak2 smua,,dan syukur,skali buat lngsung jadi,,tp stiap resep q buat setengahnya aja,,hehe,biar ga rugi bnyk kalo gagal :p,,smoga q nanti bs hebat kyk mbk ya,,

yunda wulandari wulandari mengatakan...

Mbk hesti slm kenal ya,,q blakang2an ni sring nyoba resep2 di blog mbk,, hasilnya enak2 smua,,dan syukur,skali buat lngsung jadi,,tp stiap resep q buat setengahnya aja,,hehe,biar ga rugi bnyk kalo gagal :p,,smoga q nanti bs hebat kyk mbk ya,,

yunda wulandari wulandari mengatakan...

Mbk hesti slm kenal ya,,q blakang2an ni sring nyoba resep2 di blog mbk,, hasilnya enak2 smua,,dan syukur,skali buat lngsung jadi,,tp stiap resep q buat setengahnya aja,,hehe,biar ga rugi bnyk kalo gagal :p,,smoga q nanti bs hebat kyk mbk ya,,

yunda wulandari wulandari mengatakan...

Mbk hesti slm kenal ya,,q blakang2an ni sring nyoba resep2 di blog mbk,, hasilnya enak2 smua,,dan syukur,skali buat lngsung jadi,,tp stiap resep q buat setengahnya aja,,hehe,biar ga rugi bnyk kalo gagal :p,,smoga q nanti bs hebat kyk mbk ya,,

yunda wulandari wulandari mengatakan...

Mbk hesti slm kenal ya,,q blakang2an ni sring nyoba resep2 di blog mbk,, hasilnya enak2 smua,,dan syukur,skali buat lngsung jadi,,tp stiap resep q buat setengahnya aja,,hehe,biar ga rugi bnyk kalo gagal :p,,smoga q nanti bs hebat kyk mbk ya,,

pepermelk mengatakan...

Cozy picture en recipe, banyak menginspirasi... Mba, kami biasa mengemas roti tipe ini dengan 2 kemasan, pertama roti satu persatu dikemas dengan kertas roti lalu dilapisi lagi dengan kemasan plastik, dengan begitu kerenyahan toppingnya en kelembutan dough nya masih akan tetap bertahan hingga 3 hari. just try it... :)

Hesti HH. mengatakan...

@Yunda : alhamdulillah kalau cocok sama resepnya mbak. Sama juga kayak aku mbak kalau percobaanbiasanya biki setengah resep ^^

@peppermelk : waaaaaah makasiiih banyak inputnya mbak. InsyaAllah nanti saya coba. Sudah lama penasaran bagaimana cara supaya toppingnya tetap crunchy...

Rizki Apriliant mengatakan...

makasih buat tiap tulisan dan resepnya.. salam dari seorang pengangguran yang sedang mencari inspirasi memulai bikin roti.. ingin melanjutkan usaha roti kakek yang udah lama bangkrut.. cuma berbekal resep yang masih terselamatkan dan perlu inovasi adaptif di kota yang udah banyak saingan (pengusaha roti).. u're the best !!

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaahhh ayooo mba semangaaat. Semoga mba bisa meneruskan usaha warisannya dan semoga sukses ya. Ditunggu kabarnyaaaa...

Dian Hariani mengatakan...

Mbak Hesti, dikotaku kan susah tuh dapetin creamcheese. Aku pebgen banget nyobain roti coklat isi creamcheesenya,kira-kira bisa ga ya pake creamheese gadungan?trus icing sugar yang buat campuran creamcheese itu bisa ga kalau dganti gula halus biasa?maaf ya mbak kalau banyak pertanyaan.terimakasih banyak sebelumnya

Dian Hariani mengatakan...

Mbak,akhirnya aku nyobain yang blueberry streussel breadnya aja, cuma aku pakainya selai strawberry dan basic rotinya pakai soft breadnya ncc. Ngepang rotinya ga bisa rapi kayak punya mbak Hesti.tapi rasanya enak. Selai,roti dan streussel hmm..mantap wes. Udah aku posting di blog hasilnya dan aku kasih link kesini juga Mbak. Makasih mbak Hesti..eh iya,happy wedding anniversary jg ya Mbak. Moga-moga langgeng terus aminnn

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mba ada kok di blognya mba Endang just Try and taste cara bikin creamcheese sendiri. Gulanya jg bisa pake gula pasir diblender mba. makasih ya tuk doanyaaa maaf baru jawab. Saya sdh mengurangi blogging karena bermasalah dgn pergelangan tangan.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails