Rabu, 06 Maret 2013

Triple Chocolate Mouse Cake





Pertama lihat mouse cake ini di blognya Bunda Ricke "Ordinary Kitchen".  Beliau modifikasi dari resep aslinya di PastryPal. Dua duanya menarik, kalau Bunda Ricke dibuat ukuran bulat besar sedangkan pastrypal dibuat ukuran individu. Aku tertarik model satuan yang imut ini. Tertantang tuk bikin model seperti itu. Selain aku juga gak punya ring besar. Adanya mika mika plastik kecil. Kebetulan juga aku pingin praktekkan dekorasi cokelat yang menggunakan bubble wrap sebagai cetakannya. Hmmmm... menarik bukan?

Cake dasarnya aku bagi dua dari resep aslinya karena kayaknya lebih banyak dibanding mousenya. Ternyata setengah resep aja sisa. Mousenya sesuai ukuran aslinya. Cokelat crunchnya aku ganti dengan hiasan white coklat dan punyaku nggak disajikan bersama saus cokelat karena menurutku begini aja udah enak. Glazenya juga aku cuman krim kental dan cokelat karena nggak punya bahan lainnya. Hasil jadinya 7 individu mouse cake yang cantik dan lembut. Kata anak anak "kue es krim". Berikut resepnya ya...hanya sedikit modifikasi kok. Untuk white mouse aku tambahkan 100 gr krim kental karena menurutku kemanisan. Malah lain kali kalo bikin lagi aku nggak mau kasih white coklat. Di skip aja soalnya ggak terlalu suka rasa white cokelat yang kuat dalam mouse.

Satu tips buat yang pingin mencoba, sebaiknya kalau bikin dalam ukuran individu seperti di atas ukurannya jangan terlalu besar. Biar enaknya bener bener kerasa di setiap sendoknya. Sesuatu yang lezat kalo berlebihan makannya alias porsinya jumbo, jadi hilang enaknya malah blenek makannya. Tul nggaaak ???? 



Cake dasar :
-
66 gr unsalted butter
- 125 gr gula pasir halus
- 25 gr cokelat bubuk
- 1 butir telur
- 28 gr dark chocolate, lelehkan
- 105 gr tepung protein sedang
- 1/2 sdt baking powder
- 1/4 sdt soda kue

- 1/8 sdt garam
-
60 ml air
-
60 ml susu cair

 
Dark chocolate mousse :
- 1 sdt gelatin bubuk halal

- 2 sdm air
- 105 ml susu cair

- 175 gr dark chocolate (atau bisa diganti milk chocolate jika suka), cincang halus
- 280 gr krim kental (aku pake Anchor)


White chocolate mousse :
- 1 sdt gelatin bubuk halal
- 2 sdm air
- 105 ml susu cair

- 175 gr white cooking chocolate, cincang halus
- 280 gr krim kental

Glaze :
- 250 gr dark chocolate, cincang halus
- 100 ml krim kental


Cara membuat :
  1. Cake : Siapkan loyang kotak 22cm yang sudah dioles dan dialas kertas roti. Panaskan oven di 325F. Lelehkan cokelat dengan cara ditim. Sisihkan. Kocok butter, gula dan cokleat bubuk dengan mixer kecepatan sedang sampai mengembang. Tambahkan telur kocok sampai rata. masukkan cokelat leleh kocok dengan mixer kecepatan rendah sampai rata. Cokelat harus dalam keadaan hangat karena kalau terlalu panas butter akan meleleh tapi kalau terlalu dingin cokelat akan membeku kembali sehingga bergerindil ketika dikocok. Tambahkan bahan campuran tepung, baking powder, soda kue dan garam yang sudah diayak. Aduk rata. Campurkan air dan susu cair lalu panaskan tapi tidak mendidih, tuang ke dalam adonan cake dan aduk asal rata. Tuang ke dalam loyang lalu panggang selama sekitar 15 menit atau sampai ditusuk, sudah tidak melengket lagi. Setelah kue dingin potong potong dengan cutter bulat lalu taruh dalam ring bulat ukurannya sesuai selera. Aku menggunakan mika yang dibentuk tabung dan diplaster.
  2. Cokelat mouse : campur 2 sdm air matang ke dalam gelatin, aduk rata biarkan selama 5 menit. Panaskan susu cair hingga hampir mendidih. Angkat lalu turunkan gelatin, aduk rata sampai gelatin larut. Siram larutan susu ini ke dalam cincangan dark coklat. Aduk sampai cokelat leleh dan licin. Kocok krim kental sampai soft peak (jangan sampai hard peak karena cokelat akan susah tercampur). Campur dengan cokelat leleh dan aduk sampai rata. Tuang ke atas cake dasar. Dinginkan di freezer sambil menunggu pembuatan white mouse.
  3. White mouse : campur 2 sdm air matang ke dalam gelatin, aduk rata biarkan selama 5 menit. Panaskan susu cair hingga hampir mendidih. Angkat lalu turunkan gelatin, aduk rata sampai gelatin larut. Siram ke dalam cincangan white coklat. Aduk sampai leleh dan licin. Kocok krim kental sampai soft peak. Campur dengan white cokelat leleh dan aduk sampai rata. Tuang ke atas lapisan mouse cokelat. Bekukan.
  4. Glaze : panaskan krim kental asal panas, angkat. Masukkan cincangan cokelat, aduk sampai rata dan licin. Tuang di atas white mouse. Simpan sebentar di freezer, setelah set simpan dalam kulkas. Siap dihias dengan dekorasi white cokelat. Kalau menggunakan ring, gampang melepasnya dari cetakan. Gosok gosokkan tangan ke sekeliling cutter. Suhu tubuh yang hangat lama kelamaan akan melelehkan pinggiran mouse dan terlepas sendiri. kalau menggunakan mika langsung saja dilepas perlahan. Pertama buka dulu mikanya dengan cutter. Pelan pelan tarik mikanya sampai terbuka seluruhnya.



Bikin dekorasi white cokelat ini gampang. Tinggal tuang cokelat yang sudah dilelehkan ke atas bubble wrap (yang bersih) lalu ratakan. Biarkan mengeras lalu lepas plastiknya. Sisa sisa pinggir bisa dipotong dengan pipet besar yang sudah dicelup di air panas.

66 komentar:

may hendrawati mengatakan...

Mba, cantik sekali fotonya as usual..ijin contek resep :)

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiih mbak May, silahkan dicontek resepnya...

ila mengatakan...

wuiiih... looks soooo yummy.. kalau gelatin di skip bisa ga mbak Hesti? rekomendasi gulanya dikurangi atau ditambah ga Mbak kalau ga pake WCC? cake diganti sponge cake bisa ga mbak? ga terlalu suka tipe butter cake soalnya, teksturnya padet kan mbak?
btw fotonya simpel tapi jadinya mata fokus ke kue yang spesial ini.. bagusss banget..

ila mengatakan...

Mbak itu sendoknya yang di cake utuh ama yg di cake udah dimakan kok beda ya? hehehe..
yang di cake utuh lucu, ada muter2nya..

Ina Asmayani mengatakan...

Assalamualaikum mba Hesti, lam kenal mba
mba mo nanya mba klo ga punya gelatin ma krim kental bisa digantikan dgn apa ya??makasih sebelumnya mba

Ina Asmayani mengatakan...

Assalamualaikum mba hesti, lam kenal ya ^^
mo nanya mba untuk gelatin dan krim kental bisa digantikan dengan apa ya??makasih sebelumnya mba :)

mimie mengatakan...

akhhhh.....masuk list mbak..... ^_^

dwek mengatakan...

mbak hesti, kirain hiasan wcc nya itu krupuk...
sekilas foto di atas itu seperti krupuk :D

Moulina Fajrin Isra mengatakan...

fotonya kerennnnn....jadi pengennnn,icip2nya aja :) *pemalas

Hesti HH. mengatakan...

Bisa aja mbak nggak pake gelatin, tapi kurang kokoh. Seperti krim kue biasa.
Kalau nggak pake wcc ditambah mbak karena krim kental kan cenderung tawar.
Benar sekali ini tipe kuenya agak padet lebih enak sponge kayaknya mbak.

Hesti HH. mengatakan...

Hahaha...iya matanya mbak Ila teliti banget. itu hasil isengan anakku. Aku pake yang biasa dia bilang cantikan yang muter2 tp kalau dipakai menyendok kue kurang seru karena kecil. HAsilnya fotonya campur campur.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, salam kenal mbak Ina,

Kalau menurutku untuk mouse cake ini krim kental dan gelatin tidak bisa digantikan. Krim kental kan produk dairy/susu jadi rasa gurih susunya khas di kue beda dengan yang non dairy dimana bahan utamanya bukan susu tapi dari lemak nabati yang ditambahkan sedikit susu. Kalau untuk menghias atau fillingnya cake bisa menggantikan tapi kalau untuk mouse menurutku tidak bisa mbak.

Kalau gelatin sama juga nggak bisa diganti. Kalau tidak dipake bisa sih mbak cuman kurang kokoh kalau dipotong atau disendok. Seperti makan krim biasa aja.

Hesti HH. mengatakan...

ditunggu praktekannyaaa...

Hesti HH. mengatakan...

haha iya juga sih mbak...

Anonim mengatakan...

mbak
aku pernah bikin yg kyk gini
tp pas campur krim dgn coklat knp bs pecah alias gak nyatu ya????
cc

Pesta ulang tahun mengatakan...

nice post :D salam kenal yaaaa

hajar mengatakan...

salam...cantik sekali kejadian kek ini...nampak begitu enak sekali...cerita pun sangat best....

Hesti HH. mengatakan...

hihiy...makasih mbaaak

Hesti HH. mengatakan...

Kalau krimnya yang pecah mungkin karena kelamaan ngocoknya mbak. Tapi ketika dicampur coklat cokelatnya berbutir2 mungkin karena cokelatnya udah lama dilelehin dan keburu dingin baru dipakai. Sebaiknya cokelat masih agak hangat ketika dituang karena krim kan dingin dari kulkas kalau dituangi coklat leleh yang dah dingin juga jadinya cokelat membeku ketika dicampur walaupun dikocok tapi gak bisa mulus.

Hesti HH. mengatakan...

makasih dan salam kenal mbak....

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb. Salam kenal mbak hesti. Cuma mw share aja. Saya udah pernah bikin TCMC ini tp versi bunda ricke. Keseluruhan cakenya enak utk di makan meskipun setelah di rasa2 kembali utk lapisan bolunya tanpa mousse ada yg kurang. Krn saya belum buat versi aslinya. Jd tidak bisa membandingkannya. Nah yg mw saya kasih tau utk bolu ato cake ini tidak bisa di ganti dgn tipe spongecake krn lapisan moussenya berat. Alhasil bolu ato cakenya memphiiiissss (kejadian bikin tipe spongecake --> amatiran yg belajar bikin kue :) ) jd emang cocok tipe buttercake ato sekalian aja buat tipe brownies cuma takaran gulanya dikurangin krn moussenya udah manis.. Itu semua kesimpulan saya mbak.. Makasi

Hesti HH. mengatakan...

Salam...

Terima kasih sudah berkenan mampir dan meninggalkan komen manis ^^

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Salam kenal mbak, makasih banyak udah disharing ilmunya. Benar kata mbak sponge cake terlalu lembut jadi kalau isiannya/toppingnya banyak bisa penyet keberatan. Kegagalan adalah ilmu yg paling berharga ya mbak?? kalau tekstur dan rasa memang enak sponge tp ternyata kurang cocok untuk kue macam ini ya. Enakan punya bunda Ricke kayaknya karena nggak terlalu blenek ada 2 lapisan cakenya.

Indah Suhartanti mengatakan...

assalamualaikum, mba....aku mau tanya beli gelatin bubuk halalnya dimana ya?? aku sering belanja diTitan sepertinya ngga ada :(. terima kasih *penggemar setiamu* qiqqiqiiqi....

Indah Suhartanti mengatakan...

assalamualaikum, mba....mau tanya beli gelatin bubuknya dimana dan merk apa?? aku sering belanja diTitan sepertinya ngga ada, terima kasih sebelumnya :)

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak hesti. kalau krim kental saya ganti dengan susu kental full cream saja bisa tidak ? Terima kasih mbak.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Maaf mbak saya nitip teman akhwat juga. Lupa namanya. Dia belinya 1 kg langsung dibungkus dalam kemasan 100 gr.

Hesti HH. mengatakan...

Setahuku nggak bisa mbak kaena keduanya beda tekstur. kalo susu kental dikocok gak bisa ngembang tapi kalau krim kental dikocok langsung ngembang.

Anonim mengatakan...

Mba hesti,sy mw tanya utk dark coklat mba hesti biasa pakai merk apa ? Trus utk glaze coklat siram di atas cake ada 2 cara ya ? Yg pertama krim kental hrus dipanaskan dlu,br masukin dark coklat,yg kedua krim kental dan dcc lsg ditim barengan(sy lihat di resep steamed moist chocolate cake mba hesti) Beda atau sama aja ya mba? Thx mba hesti.

Hesti HH. mengatakan...

Di sini nggak terlalu banyak macam cokelat dark mbak. Seringnya pake Collata aja. tapi kalau dapat yg lebih bagus bisa dipake mbak.

Benar mbak, kalau takut cokelat dan susunya pecah, pake cara pertama saja mbak. panaskan krim jangan mendidih, angkat lalu tuang cincangan cokelatnya

Anonim mengatakan...

mba klo mikanya bl d mn? aq bl d tk fc koq tipis bgt y..susah d bntknya.

Hesti HH. mengatakan...

Saya belinya di toko khus bahan kue. Bentuknya gulungan dan tebel banget...

amai budi utami mengatakan...

Mbak hesti. Yg dimaksud krim kental itu whipping krim itu atau bukan ya?

Anonim mengatakan...

Sis ijin share y....

Hesti HH. mengatakan...

Beneeeer mba ^^ tp yg dairy

Hesti HH. mengatakan...

Silahkaaan....

Humaira Aulia mengatakan...

Mba mau tanya kalau aku pake gelatin yang bentuk lembaran gimana ya? Soalnya aku dapat nya yang bentuk lembaran gini terus bingung sesuain sama resep nya
Makasih

Humaira Aulia mengatakan...

Mba kalau pakai gelatin lembaran bisa gak?
Soalnya aku dapet nya yang lembar gitu, bingung takarannya gimana di resep ini.
Makasih

Hesti HH. mengatakan...

Boleh mbak...kalau yang lembaran satu lembarnya setara dengan 2 gram yang bubuk

Anonim mengatakan...

Mba itu buat mousse nya cream sama coklatnya di aduk rata maksudnya pake mixer apa spatula aja? Thnk

Hesti HH. mengatakan...

Kocok pake mixer sebentar asal nyampur aja mbak

sima mengatakan...

Mbak kok saya moussenya pecah ya mbak.. pdhl saya sudah ikuti resep..

Anonim mengatakan...

Mba...lydia. Gelatin itu yg bgmn...fotoin donk. Merknya apa. Klo beli di supermarket di seblah mana ya? Mksh.

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin kelamaan ngocoknya mbak, Kalo krim kental atau krimcheese ngocoknya asal ngembang. Begitu ngembang langsung berhenti...kelamaan jadi pecah kayak santan gitu ^^

Hesti HH. mengatakan...

Mbak Lydia kalau bentuknya bisa lihat di google mbak, kebetulan punyaku lagi habis. Bentuknya bubuk kayak transparan. merknya saya gak tau kmrn beli di teman katanya gelatin halal tp lupa tanya merknya. Kalo di supermarket gak ada biasanya mbak, biasanya khusus di toko bahan kue

Okky mengatakan...

Dear mba hesti.. Salam kenal.. Mau tanya mba.. Untuk adonan moussenya lelehan coklat yg di masukin ke whipcream atau sebaliknya??
Trus kalo aku pgn bikin layer lebih dr 2 tapi tetap menggunakan adonan tsb (putih, coklat, putih, coklat) bisa ga dibikin sekaligus, jadi abis tuang 1 adonan lsg ditimpa sama adonan lain, jadi ga per lapis masuk chiller??
Kalo ga bisa, adonan yg belum masuk loyang harus disimpan dimana ya biar ga cepet set??
Maaf ya mba saya banyak tanya, soalnya ini pertama kalinya saya mau bikin mousse.. Aga deg2an.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Okky,

Iya mbak lelehan cokelatnya masuk ke krim.
Bisa langsung ditimpa tapi gunakan piping bag supaya bisa rata nuangnya. Kalau mau benar benar rapi mmng tunggu set dulu sih mba

Sisa adonan disimpan di kulkas dulu mbak. nanti dikeluarin dulu di suhu ruang sebelum dipake lagi

Evi Imalia mengatakan...

Haloo mba hesti.. TCMC ini keliatan enak bgt, sy pengen nyoba bikin mba kebetulan awal bulan depan hari ultah perkawinan ^^
sebelumnya mau tanya2 dulu sm mba hesti biar makin manteb bikinnya :D
1. saya dirumah punya gelatin bentuknya kaya gula pasir gitu mba, itu bisa dipake mba? apa harus sy blender dulu biar jd bubuk?
2. resep yg ditulis mba hesti untuk dasar cakenya ini 1/2 resep ya mba? kalo mau dibuat cake untuk 1 loyang bisa kah mba? ketipisan apa sama kaya hasil mba hesti? :D

Hesti HH. mengatakan...

Waaah maaf baru sempat kejawab ya...
1. Bisa banget mbak, it udah bubuk jadi tinggal diberi air dan ditim mbak...
2. Maaf banget mbak saya bikinnya dah lama jadi dah lupa. Tapi kalo versi cakenya bisa lihat di blognya bunda Ricke ordinary kitchen

Evi Imalia mengatakan...

Makasih Ya mba.. bikinnya baru minggu tgl 6 besok mba, udah beli bahan2nya tinggal eksekusi semoga berhasil doakan saya ya hihihihi ^^

Hesti HH. mengatakan...

Amiiiiin, semoga lancar bikinnya dan sukses ya mbak hasilnyaaaaa

Maria Magdalena Yuliany mengatakan...

Mba hesti...cake yg sudah disiram chocolate glaze lalu dmasukkan kulkas memang jdi kusam ya ?(ga sekinclong sblm masuk kulkas)

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak...memang begitu kalo campuran krim kental dan DCC. Mungkin ada versi lain yg lebih kinclong dgn tambahan butter.

Maria Magdalena Yuliany mengatakan...

Pakai chocolate glaze dgn campuran butter,minyak goreng dan madu jg uda pernahmba hesti..kinclongnya sebelum dimasukkin kulkas aja..hahaa...msh ada 1 resep lagi yang pakai komposisi coklat bubuk,krim,gelatin,dll..itu blum pernah coba..anyway thanks balasannya mba

Hesti HH. mengatakan...

Kalau begitu saya tunggu prakteknya mbak, ditunggu hasilnya yaaaa

Nurpratiwi, P. mengatakan...

mbak krim kentalnya harus dingin dulu atau nggak ya?

Hesti HH. mengatakan...

Memang krim kental dairy itu harus disimpan di kulkas mbak, jadi dingin. Kalau ngga dingin nggak bisa ngembang ketika dikocok.

resep kue nastar mengatakan...

Triple chocolate nya enak banget mbak. Terimakasih loh resepnya, salam kenal

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mba, makasih ya dah mampir ^^

Devi Ulfa Ningsih mengatakan...

Makasi resepnya mb hesti.. sangat membantu

Yani Yusof mengatakan...

terima kasih mbak resepinya ini.Bisa cuba nanti

Irawati Anwar mengatakan...

Assalamualaikum..

Kak Hesti, terima kasih banyak resepnya..
Saya mau coba eksekusi.. Hehehe.. Smoga nnt hasilnya seenak yg sy bayang2kan..

Mau tanya Kak, krim kental itu bisa pakai UHT whipping cream mrek anchor ya??
Trus merek unsalted butter yang banyak beredar di soroako apa ya Kak? Dan dimana biasa dapatnya??
Trus gelatin biasanya Kakak belanja dimana??

^^,

Irawati Anwar mengatakan...

Assalamualaikum..

Kak Hesti, terima kasih banyak resepnya..
Saya mau coba eksekusi.. Hehehe.. Smoga nnt hasilnya seenak yg sy bayang2kan..

Mau tanya Kak, krim kental itu bisa pakai UHT whipping cream mrek anchor ya??
Trus merek unsalted butter yang banyak beredar di soroako apa ya Kak? Dan dimana biasa dapatnya??
Trus gelatin biasanya Kakak belanja dimana??

^^,

Hesti HH. mengatakan...

@Devi : sama sama, makasih jugaaaa

@Yani : good luck yaaa

@Irawati : amin amin saya doakan semoga berhasil yaaa. Iya saya pakai anchor. Kalau butter saya suka pake blue triangle. Kalau yg unsalted bisa pakai anchor juga beli di toko baru tapi muahaaaall hehehe. Pakai yg salted saja gak masalah.

Kalau gelatin saya dikasih mba Nana Maulida pemilik Dapur Cempaka. Gelatin halal. Kalau di pasar nda jelas sih.

CuMi mengatakan...

Mba Hesti, saya sudah coba buat resepnya tp gagal...hiks...hiks...
1. Lapisan cakenya itu memang agak rapuh ya? Pas saya cutter bulat jadinya hancur 😟. Apa ada yg salah ya? Oia, ngocok butter, coklat bubuk sampai ngembang maksudnya gimana ya?
2. Ngocok whip cream sampai softpeak kyk gimana ya? Soalnya pas lapisan coklat kayaknya kelamaan ngocok jd pas nyampur sama campuran dcc jadi berair gitu, kenapa ya?
Trus pas yg bagian coklat putih saya coba ngocoknya lebih sebentar, tp kayaknya kurang kaku mousse nya jadi ngga set gitu.
3. Trus coklat putihnya pas dituang campuran susu+gelatin kenapa jadi ada butir2 coklat putihnya ya?
Mohon pencerahannya Mba Hesti. Makasih ya sebelumnya 😊

CuMi mengatakan...

Oia, satu lagi mba...hehe, maaf merepotkan, gimana biar nuang tiap lapisan mousse sama glaze nya supaya ngga berantakan... 😆

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails