Saturday 30 March 2013

African Gateau





Kue ini adalah salah satu kue favorit keluarga yang mamaku dulu sering bikin. Zaman SD. Waktu itu tiramisu, cheese cake dan black forest belum terlalu populer di sini. Yang populer seperti kue lapis surabaya, lapis legit dan kue ini. Cakenya tidak terlalu manis karena vlanya sendiri udah manis. Tapi berhubung resepnya udah hilang aku modifikasi sendiri sesuai seleraku. Aku pake resep browkusnya Ny. Liem yang sudah kumodifikasi. Aku hilangkan emulsifiernya. Hasilnya tetap mengembang dan lembut. Setelah itu aku buatkan vla sendiri. Atasnya dikasih siraman ganache. Pas sekali...yuuummm!! andai kakakku Hasyim ada di sini. Dia sukaaaaaaaaa sekali kue ini. Asliiii suka...!!

Syaratnya bikin kue ini adalah usahakan kue diisikan filling secepatnya begitu vla baru diangkat dari kompor. Kalau dibiarkan lama vla akan berkulit dan ketika dituang dia tidak akan menempel pada kue. Nanti ketika saatnya kue dipotong, lapisan vlanya akan terlepas. Nggak cantik lagi penyajiannya. Jadi tuang dulu separuh vla di atas kue pertama. Kalau khawatir pengerjaannya lama segera tutup sisa vla dengan cling wrap. Tumpuk dengan kue kedua lalu tuang lagi sebagian vlanya dan terakhir tumpuk dengan kue terakhir. Siram ganache.

Karena bikinnya agak sorean, sewaktu selesai aku buru buru mengambil gambarnya. Mengejar sisa sisa matahari yang akan teggelam.

Bahan I : - 6 butir telur
- 230 gr gula pasir
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/4 sdt garam

Bahan II :

- 125 gr terigu protein sedang
- 50 gr cokelat bubuk
- 1/2 sdt baking powder

Bahan III :

- 100 ml minyak goreng
- 75 salted butter
- 100 gr dark cooking cokelat

Bahan Filling  :

- 1/2 kaleng susu kental manis+ air sampai menjadi 600 ml
- 50 gr maizena + 20 gr terigu
- 2 kuning telur
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/8 sdt garam
- gula secukupnya
- 1 sdm butter


Ganache :
- 175 gr krim kental
- 175 gr dark cokelat, cincang
- 50 gr butter 

Cara membuat :
  1. Dalam panci, masukkan minyak, butter, dan dark cokelat. Panaskan dengan api sedang sampai meleleh, jangan mendidih. Sisihkan.
  2. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental berjejak.
  3. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diayak dan diaduk hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang ukuran 20x20x7 cm yang telah diolesi dengan margarin dan dialasi dengan kertas roti. Kukus selama 30 menit dalam dandang yang sudah terlebih dulu dipanaskan dengan api sedang (cat: kalau terlalu tinggi apinya, brownies akan bergelombang permukaannya)
  5. Angkat dan setelah agak dingin belah mendatar kue menjadi 3 bagian. Sambil menunggu dingin buat vlanya.
  6. Vla : campur susu kental manis, air, terigu, maizena, vanila, kuning telur, gula secukupnya dan garam. Aduk rata agar tidak bergerindil. Aduk rata lalu saring. Tambahkan gula pasir secukupnya.
  7. Masak sampai meletup letup sambil terus diaduk supaya tidak mengumpal dan gosong dasarnya. Matikan api. Tambahkan butter. Aduk sampai leleh dan tercampur rata. Tuang di atas kue.
  8. Ganache : panaskan krim kental sampai panas (jangan mendidih) angkat. Masukan potongan dark cokelat dan butter. Aduk rata sampai licin. Tuang di atas permukaan kue dan pinggirannya. Biarkan sampai konsistensinya lebih kental (sekitar 15- 20 menit) supaya ketika ganache menyebar perlahan dan tidak langsung bertumpahan di sekelilingnya.



73 comments:

analisa said...

waaa bunga cantik itu, pernah di belikan bapak waktu SD, sempat beranak pinak tidak lama kemudian mati kekeringan mba... maaf ya mba komentarin bunganya , klo cakenya sih ga ditanya lagi pasti maknyus bikinan mba hesti...

Momylicious said...

lama banget ngincar kue ini..cuma karena umumnya pake telor nya segambreng jadi mandeg lagi...
tapi liat yang punya mb' Hes cuma 6 telur kayaknya bole dicoba nih....

thanks ya...mudah2an bisa segera nyobain resep ini..^^

Eliza Setiawan said...

Mba Hesti,udah ngejar sisa2 akhir matahari aja fotonya cantiiiiik banget. Bikin ngiler :D

Unknown said...

Hmmmmmm lezatos mamamiaa... Boleh nyontek kan mbak.. Aku pengen nyoba resep ini, tp kok ngk pakai emulsifier mbk?

Unknown said...

Hmmmm lezatos mamamia.... Kayaknya enak sekalee en perlu di contek nih... mbak ijin copas ya resepnyaaa. Oya mbk,knp kok cake nya ngk pakai emulsifier?

Nisa-mom said...

mba ku, tangan nya mahir..segala bias loh..cake nya cantik2.. :D

Rohah said...

salam Hesti,
kompem enak nih..

Anonymous said...

​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Mbak hesti..mi mo nanya..ini pertanyaan orang yg gak tau apa2 soal baking..masih awam..;)
Mbak,apa sama whip cream cair ama krim kental?trus apa fresh milk itu sama dengan susu cair?makasi sebelon na
Mimi riasari

Anonymous said...

Cakenya ga di panggang mba?, banyak resep yang beredar dan cakenya di panggang

trimakasih atas jawabannya

anna said...

Mbaaaaa... Bighug,
Aku tau kue-nya tapi ga tau namanya.. Akhirnyaaa, dpt juga resepnya (big thanks yach, mba)
Uda gatel mao coba bikin..
Aku mao nanya mba,
Bahan III :
- 100 ml minyak goreng
- 75 salted butter
- 100 gr dark cooking cokelat
Itu butter & dark choc dilumerin jadi 1 kan yach?
Thankssss mba Hesti

Hesti HH. said...

Ohhh gitu mbak, aku nggak ngerti ini bunga apa. mas tukang kebunnya yang nanam di halaman. Aku sih pungutin apa aja yg menarik buat foto hehe.

Hesti HH. said...

Hehe makanya itu aku cari kue yang dikukus mbak. Kue kukus lembut karena dapat moisture dari proses pengukusan. Kue panggang harus banyak kuning telur atau emulsifier biar bisa ngembang dan lembut.

Hesti HH. said...

hwaaaaaaa...makasiiiiiiih * sambil kedap kedip kerlingan maut*

Hesti HH. said...

Makasih mbak. kalau emulsifier sesuai selera aja. Aslinya memang pake cuman aku sekarang lagi menghindari penggunaan bahan kimia berlebihan. Kan dah ada baking powdernya jadi nggak masalah in sha Allah tetap ngembang walaupun mungkin lebih lembut yg pake emulsifier.

Hesti HH. said...

aiiiih makasiiih mbak Fitri. Amin amin...^^

Hesti HH. said...

Salam Rohah, terima kasiiihhh ^^

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Iya mbak sama aja. Krim kental kalau dikocok (atau diwhip) langsung mengembang. Semakin tinggi kandungan lemak kepala susunya semakin cepat mengental. Fresh milk sama dengan susu cair segar tapi kalo fresh cream itu adalah kepala susu sama juga dengan krim kental. Tapi krim kental ada dua macam. Ada yang dairy (dari susu) dan ada yang nabati (dari lemak tumbuhan yang dikasih tambahan susu skim)

Hesti HH. said...

Ini saya pakai resep brownies kukus mbak. Kalau mau cake panggang harus menggunakan banyak kuning telur atau emulsifier supaya hasilnya lembut. Aslinya african memang dipanggang. Tapi bisa dimodifikasi sesuai selera yang penting harus cake cokelat fillingnya vla mbak.

Hesti HH. said...

Big hug jugaaaaa...alhamdulillah kalo dapat resep yg dicari.

Iya betul mbak, 3 bahan itu dicampur dan dipanaskan asal leleh aja jangan sampai mendidih aja ya. Api sedang.

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb. Mbak hesti,salam kenal.. Mw nanya klo bronkus ny.liem bisa ya lgs di masak sekali gus?? Seringnya klo browkus itu dibagi 2/3 tahap pengukusannya. Pernah bikin dibagi 3 tahap, utk lapisan yg kedua lupa tes tusuk,alhasil begitu di timpa lapisan ke3nya setelah matang kmdn didinginkan, bagian tengahnya sedikit basah.. (Apa belum matang semuanya ya?? Padahal tes tusuknya kering utk ke3 lapisan)

Anonymous said...

baru aja nemuin blog ini dan saya langsung suka sekali. apalagi foto hasil masakan mbak bener- bener bikin ngiler.
btw, mau tanya nih mbak, mbak pake kamera apa sih mbak? kok bagus bgt hasilnya?
makasih :)

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Salam kenal mbak. Bisa kok mbak, buktinya kue di atas. Itu sekaligus 1 adonan. nanti matang baru dibagi 3. Kalau masalah basah biasanya memang belum matang sempurna. tapi kalau cuma lembab itu berarti dah matang cuman kue kukus memang cenderung lembab.

Kalau ingin matang sempurna memang mgkn harus tes tusuk semuanya. Bisa saja yang tengah kurang matang tapi lapisan ketiga matang karena uap kukusan beredar dibagian bawah dan sekeliling kue tapi tidak mengenai bagian tengah kue. Makananya yg kedua harus matang dulu baru tuang yg berikutnya.

Hesti HH. said...

Makasih mbak udah mampir. Alhamdulillah kalo suka sama fotonya. Alhamdulillah lagi kalo suka sama resepnya dan dipraktekkan ^^
Kamera saya pakai canon EOS 60D lensanya 50mm

Unknown said...

assalammualaikum mbk hesti, sering main kesini dan praktekin tapi blom pede share karena potonya ngga banget, nanya dong mbk hesti kalo edit poto pake apa, diresize ngga, dan cara buat poto yg ada resepnya gimana ya? hehehehe tanyanya borongan
makasie mbk hesti

Anonymous said...

Hai lagi mba hesti..
Aduuh mba, klo liat karya nya,rasanya pengen makannn smuaa yg dibkin mba.. Nongkrongin mba hesti bikin kue (untung jauh mba rumahnya,kl deket bisa main beneran)hehe.

Nanti wiken aku test bikin ini ahh..sebelumnya aku udh nyoba resep banana bread cake,ajaib ya satu telor dan lembutts, loaf bread wateroux nya juga enaakks.. Hasil nyontek mba smua pokoknya..

Salam,
Irine. :)

Dewi Martha Indria said...

wah african gateau gak pake oven.. asik ini mah :D mau cobaaaa...
Makasih ya resepnya mb hesti #hugs

Btw, itu krim kentalnya harus pake yang dairy kah mbak? klo pake nondairy or yang bubuk bisa gak ya? :D

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,

Aiiiih jangan gitu mbak. Menghasilkan foto bagus memang ada prosesnya. jadi semakin sering latihan semakin bagus hasilnya. Kalau aku editnya pake yg simpel aja dan gratis downloadnya. Photoscape. Kalau udah diedit, diresize 40-50% jadi seukuran 200an kb.
kalau foto yg ada resepnya bisa dibuat di photoscape. Sebelumnya bikin foto dulu dengan space lebar di tengahnya buat taruh resep. Habis itu buka photoscape dan edit fotonya. Lalu klik 'object' dan pilih T (text)dan tulislah resepnya. udah gitu aja mbak.

Hesti HH. said...

Hehe...sukses bikin ngiler ya mbak?? maapin ye...memang sengaja biar ibu ibu pada rajin ke dapur ^^

Semoga africannya juga sukses ya, ditunggu kabarnya Irine...

Hesti HH. said...

iya mbak Dewi, versi kukus. Semoga nggak dimarahin sama pembuat resep originalnya yang dipanggang.

Krim kental bisa aja pake nondairy mbak, diberlakukannya sama. Diencerkan dulu dengan air 1:2 lalu dipanasin dan dikasih dark cokelat. Cuman menurrutku rasanya beda. mending kalo nggak ada krim kental pake cokelat dan butter aja mbak frostingnya.

Anastasia Krisnawati said...

Mbak Hesti, saya minta ijin pakai resep resep mbak Hesti ya, aku tulis lagi di blog-ku. Thanks

Anonymous said...

Mbak hesti yg baik hati...
Mo nanya lg mbak..gelatin yg halal itu merek na apa ya?mbak beli dimana?bs beli online kah?n harga na brp?..
Maaf ya mbak,mi cerewet bgt..makasi mbak..;)
Mimi riasari

Unknown said...

Hai Mbk Hesti,

Mbk hesti mo nanya nih, klu misal di resepnya di tulis di panggang, tapi kita ingin di kukus, ada bahan atau komposisi yang perlu dikurang atau di tambah g??
Minta infonya ya..

Thanks..

Hesti HH. said...

Boleh, silahkan mbak...

Hesti HH. said...

Waaaah maaf mbak Mimi, aku lupa namanya...tapi memang ada label halalnya kok. Aku beli langsung dari temanku akhwat yang jualan kue. Ada juga beberapa toko bahan kue online jualan gelatin halal dari malaysia. BIsa dicari via FB or internet...

Hesti HH. said...

Setahuku sih sama aja mbak. Tapi memang ilmuku belum sampai ke situ juga sih. Maaf ya nggak bisa bantu...

Anonymous said...

mbak lanjutin nanyanya tentang krim kental, kalo diganti dengan susu evaporated boleh gak ya?

Hesti HH. said...

Boleh mbak, pake susu cair biasa juga bisa tapi harus dikurangi takarannya biar nggak terlalu encer. ketika baru dilelehkan jangan langsung dituang. Biarkan sebentar tunggu sampai ganache lebih kental dan kalau dituang bisa mengalir perlahan nggak langsung bleber ke samping.

andre said...

$alam kenal mba hesti.. ak suka banget intip2 blog nya buat nyontek resep2 cake nya hihihi.. ak pernah nyobain resep bronies pisang nya, tp varian nya ak ganti durian, alhamdulillah suami n anak2 sukaaa bgt, sampe mertua dan kakak ipar ku beberapa Kali minta kirimin ke bogor padahal ak jauh tinggal nya di Jambi... okee cukup curcol nya wkwkwk... ak mau tanya mba, cara pembuatan point 1 itu pake bahan2 yg no berapa ya? Itu dicampur dgn bahan 1 kah? Tx before mba hesti...

andre said...

$alam kenal mba hesti.. ak suka banget intip2 blog nya buat nyontek resep2 cake nya hihihi.. ak pernah nyobain resep bronies pisang nya, tp varian nya ak ganti durian, alhamdulillah suami n anak2 sukaaa bgt, sampe mertua dan kakak ipar ku beberapa Kali minta kirimin ke bogor padahal ak jauh tinggal nya di Jambi... okee cukup curcol nya wkwkwk... ak mau tanya mba, cara pembuatan point 1 itu pake bahan2 yg no berapa ya? Itu dicampur dgn bahan 1 kah? Tx before mba hesti...

Hesti HH. said...

Salam kenal juga mbak,

Waaaa baru denger brownies durian. Wajib dicoba kayaknya. Tunggu musim duren dulu hahaha
Iya pembuatan poin satu untuk bahan II mbak nanti dicampur ke bahan I yg udah dikocok.

Anonymous said...

Mba, cakenya cantik... :-) Aku mau tanya, bagaimana cara potong cakenya biar potongannya mulus begitu ya, Mba? Terima kasih. (Putri)

Momylicious said...

mbak, kuenya udah aku cobain..enak banget
jazkillah ya^^

Ati Adam said...

Mbak, ati lagi..mau tanya, mbak nyusun kuenya pake ring cutter ? kalo nggak apa flanya ga bleberan), terus ganacenya disiram saat agak mengental ya..satu lagi mbak, gimana spy rapi potongannya mbak? beberapa kali coba potong kue yg pake buttercream, pasti remahannya nempel di buttercream, jadi ga cantik...tar kalo fla, pasti gitu lagi...tolong ya mbak...

Hesti HH. said...

@ayudiah : alhamdulillah mbak kalau suka...

@ati : saya nggak pake ring cutter karena ngga punya mbak. Tapi vlanya cukup kental sehingga kalau kita berhati hati dia tidak akan tumpah/bleber ke samping sampingnya. Memang pinggirannya tidak akan rapih nantinya bisa dirapikan dengan cara dipotong pinggirannya seperti punyaku di atas.

ganache disiram ketika mulai mengental supaya tidak terlalu banyak terbuang. kalau encer kan langsung bleber kemana mana. Pokoknya pake feeling aja kira kira cukup kental untuk dituang tapi jangan terlalu kental juga. nanti susah menyebarnya. kalau memotong supaya rapi harus memakai pisau yang tajam dan potongnya perlahan. Supaya buttercream atau vla tidak menempel, bisa dicelup di air panas mendidih lalu dilap sebelum digunakan memotong. Untuk vla...setiap kali mulai memotong, bersihkan dulu pisau dari sisa kue sebelumnya...

Unknown said...

salam kenal mbak. saya pengunjung baru & lgsg jatuh cinta sm blog mbak krn jenis makanan bragam, foto2 sangat cantik & (kayanya) pembuatannya tdk terlalu rempong.
Utk keik ini, saya mau tanya, di poin 1 tertulis "minyak, butter, margarin & dark chocolate" sedangkan di bahan III tdk tercantum margarin. brp jumlahnya ya, mbak? makasih & sukses selalu!!

Unknown said...

salam kenal mbak. saya pengunjung baru & lgsg jatuh cinta sm blog mbak krn jenis makanan bragam, foto2 sangat cantik & (kayanya) pembuatannya tdk terlalu rempong.
Utk keik ini, saya mau tanya, di poin 1 tertulis "minyak, butter, margarin & dark chocolate" sedangkan di bahan III tdk tercantum margarin. brp jumlahnya ya, mbak? makasih & sukses selalu!!

Anonymous said...

Mba hesti,sy sdh coba resep kue ini,sdh lama punya resepnya tp versi panggang,dan blum tertarik buatnya krna penggunaan kuning telur yg ckup bnyak..akhirnya nemu resep di blog mba dgn versi kukus plus irit telur,hasilnya memuaskan banget mbak... Thx a lot yaa mba hesti..(Vivi)

Anonymous said...

Mba hesti,sy sdh coba resep kue ini,sdh lama punya resepnya tp versi panggang,dan blum tertarik buatnya krna penggunaan kuning telur yg ckup bnyak..akhirnya nemu resep di blog mba dgn versi kukus plus irit telur,hasilnya memuaskan banget mbak... Thx a lot yaa mba hesti..(Vivi)

Hesti HH. said...

@Rosalyn : maaf salah tulis mbak...harusnya gak pake margarin (walaupun boleh dicampur sih) soalnya kebiasaan nyampur butter dan margarin...hehe. makasih doanya yaaa...

@vivi : makasih mbak, senang kalau cocok sama resepnya ^^ makasih jugaaaa

Anonymous said...

Ehm it looks so yummyyyyy ! Got to try this at home coz my boys are crazy about chocolate :-)

Unknown said...

Sa masi simpan resep african cake dari alm.maceku Hes. Kalo ko mau lewat fb mi saja sa kasi ko nah.

Yani Sudoyo

Anonymous said...

Sa masi simpan resep african cake dari alm mace. Kalo mau sa infokan lewat fb nah.

Yani Sudoyo

Hesti HH. said...

@anonim : thank you, looking forward to hear the result ^^

@ Yani Sudoyo : Thanks yani...segerami pale...hehehe

Unknown said...

sallam mbak , mo nanya nich fungsi tepung trigu d atas pd resep flax apa ya karna kalo sy bt fla slama ini hny pake maisena aja ato custard aja. bedax d mn fla yg ada cmprn trigux dgn yg tanpa tepung trigux. mhn pencerahanx

Unknown said...

sallam mbak sy mo nanya nih fungsi dr tepung trigu pd resep flax apa ya coz sy blum prnh bt fla yg ada cmprn trigux,yah itung2 utk nambh ilmu. makasi sblumx ya mbak.

Hesti HH. said...

Kalau pake terigu hasilnya gak sepadat yang pake full maizena full ketika sudah dingin mbak. bisa dicoba bikin setengah resep biar gak penasaran.

Anonymous said...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Mbak hesti
African Gateaunya udah sy bikin.. Vla vanillanya kayanya ga terlalu nyumbang rasa, kok bisa ya? Klo orang merem smbil makan, malah ga tau mungkin Α̇̇̇̊ϑα̣̣̥ vlanya di tengah. Semuanya berasa coklat. Emang gitu ya mbak rasanya yang dibikin sm mbak hesti.. Terus, vlanya mbak hesti kok warna putih bersih gitu, punyaku kok warnanya agak kekuningan ya? Ganache coklatku jg agak cair, ɑ̤̥̈̊ρ̩̩̩̩̥α̇̇̇̊ itu karena sy pakenya krim half?
Sy Ita, kita sdh berteman loh mbak di FB.. Sy asal Sulsel mbak, cuma skrg ƪäǥȉ di Papua ikut suami. Nemu blognya mbak serasa "heaven" gitu loh, cita rasa Sulsel dapat banget di blognya mbak.. I love your blog so much.. Keep on bloging ya mbak hesti cantik....

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, makasih ITa...smoga cocokji denga resep di blohku ^^

Memang begitu rasanya karena cakenya dari browkus bukan resep cake cokelat semacam black forest yang kaya rasa ...kalau mau rasa vlanya stand out bisa ditambah gulanya atau boleh ditambah krim kental supaya lebih gurih.

KAlau ganache memang tidak terlalu keras. Kalau mau agak keras...krim kentalnya dikit saja...bagi dua dark cokelatnya

KAlau warna tergantung warna kuning telur dan maizenanya sih, KAdang ada maizena atau tepung custard yang diberi pewarna...

Anonymous said...

Cocok sekali sm resepta' mbak hesti.. Pokoknya two tumbs up deh :)...
mau nanya lagi, hehehe.. Kalau ganache, memang harus pakai butter ya? Kalau pakai margarin bagaimana?
Maaf banyak tanya2, hehehe.. -ita-

Hesti HH. said...

Alhamdulillah, ikut senangka dengari. Kalau ganache boleh pake margarin tapi jadinya asin karena margarin biasanya sdh pake garam sedangkan butter kan ada yg unsalted ^^

Anonymous said...

Oooh gitu toh, jd asin, hehehee.. Kirain ganache tidak bakalan jadi klo pake margarin, makanya takut pake.. Btw, banyak sekali loh resepta yang sudah sy coba, berhasil dan enaaakkkk.... Thank u so much^^.. -ita-

Hesti HH. said...

Alhamdulillaaaah kalau cocokji, terima kasih juga nah Ita ^^

Stella Yuwana said...

Halo mba Hesti...salam kenal
Mba...bisa minta account fb nya? Mksh sblmnya

Hesti HH. said...

Salam kenal mbak Stella, nama FB saya Hesti Saifuddin

Anonymous said...

maaf mba boleh nanya ga... gateaunya di mixer boleh ga... ???

Hesti HH. said...

Memang dikocok pake mixer mbak

Unknown said...

Mba hesty,saya uda coba buat african gataeu nya,mau tanya apa kue kukusan itu permukaan nya berlubang? (Belum pernah buat yg kukusan) trus vlanya ngak mau menempel dikue nya.. pas dimasak vlanya uda kental banget,setelah mati kan api langsung siram,tetap ngak melengket ke kuenya hiksssss

Hesti HH. said...

Iya mbak, biasanya memang kue kukus begitu. Kalau vla ngga mau nempel artinya kekentalan. Lain kali ditambah cairan atau dikurangi tepungnya. Memang harus dituang panas panas mbak. Tapi kalau vlanya ketika panas agak encer usahakan kue ditaruh dalam loyang biar vlanya gak bleber kemana mana. nanti kalau dingin kan beku sendiri.

Rismayanti megawati said...

Halo mbak hesti. Apa kabar? Terima kasih resep geteau africanya. Pas hari ulangtahun ibu saya buat, alhamdulillah beliau suka.

Sekali lagi terimakasih ya mbak...

Hesti HH. said...

Alhamdulillah mbak senang banget dengarnya, smg resep resep lainnya pun sukses ya. Salam buat bundaaa

Unknown said...

Mbaa...ak baru aj eksekusi resep ini...bsk baru siram ganache...hihi...pas bikin soea ad sisa vla... minta tips nya donk mba,gmn supaya brokus mulus...ounyaku selalu berlubang2 besar...ap karena BP ya?..ud sering bikjn brokus,hasilnya tetep sama

Hesti HH. said...

Iya mbak biasanya memang berlubang lubang karena udara yang terperangkap sewaktu mengocok adonan meletus semua dan muncul ke permukaan. Biasanya orang mengganti baking powder dengan emulsifier supaya hasilnya lebih lembut dan mulus

Anonymous said...

Haloo mba, maaf mau tanya, kue saya kok jadinya cuma bisa di bagi 2 yah, apa kurang mengembang ya ?? padahal size loyang nya 20x20 jga..
fira.

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...