Senin, 25 Maret 2013

Jangan Kates (Sayur Pepaya Muda)



Kalau di Sulawesi jarang olahan sayur pepaya muda ini. Pertama kali makan di rumah mertua di Malang. Langsung suka. Iya enaklah...wong tinggal makan hihihi. Rasanya dan tekstur mirip labu siam. Tapi sayur pepaya ini kalau masih baru dimasak masih ada sensasi krenyesnya ketika dikunyah. Tapi kalau udah diinapkan semalaman berubah jadi lembut. tapi justru itu yang enak. Semakin lama, semakin sering dipanasi semakin merasuk juga bumbunya. Tapi kalau dipikir pikir dari segi kesehatan ya udah hilang sih vitaminnya. Mungkin cuman dapat serat dan rasa yang enak. Hihi...makanan Indonesia banyak lho yang diolah dengan cara begini. Segala macam sayur godog, sayur nangka, lodeh dst dst. Semakin bermalam semakin mlekok rasanya...jelas yang paling sehat ya sayuran mentah atau hanya dipanaskan sebentar. Tapi ya udah gitu ceritanya...kalau sayur santan enakan yang udah bermalam ^^

Resepnya hasil mengamati almarhum mbahnya hubby. Beliau adalah koki masak yang handal. Walaupun aku sering mencoba resep beliau hanya sedikit yang benar benar menyerupai rasanya. Istilah kata, beda tangan beda rasa berlaku di sini. Padahal sebenarnya itu adalah masalah pengalaman dan jam terbang. Menggunakan bumbu segar yang diolah dengan tangan menghasilkan rasa yang berbeda. Coba bandingkan bumbu yang diulek dan diblender. Tentu saja berbeda. Secara teori bumbu yang diulek kan menghasilkan aroma yang lebih wangi karena dengan ditumbuk aromanya lebih tajam. Blenderan kan cuman dicincang sampai halus dengan pisau blender dan malahan kadang ditambah air supaya ngalusinnya gampang. Bedalah. Hati yang mengerjakannya juga tulus ikhlas mengulek bumbu seabrek abrek hingga halus, serta kelapa segar yang diparut tangan berbanding dengan masakan modern yang inginnya semua serba simpel dihaluskan dengan blender dan santan instan ya jelas beda hasilnya. Pokoknya salut deh nenek moyang kita.

Berikut resepnya ya, hasil utak atik resep mbah...ada tambahan rebon kering pengganti terasi. Sewaktu masih dalam keadaan segar sayurnya serasa banyak sekali. Tapi ketika sudah masak dan layu volumenya jadi berkurang. Jadi jangan tergoda untuk menambahkan terlalu banyak air/santan. Akan mengurangi rasa bumbunya.

Bahan :
- 1/2 kg pepaya muda, parut kasar
- 3 buah tahu, goreng dan potong dadu
- 2 ibu jari lengkuas, geprek
- 3 lembar daun salam
- cabe rawit untuk taburan
- 800 ml santan dari 1 butir kelapa
- 1 sdm air asam
- garam secukupnya
- gula secukupnya
- 5 sdm minyak untuk menumis bumbu

Bumbu ulek :
- 2 buah cabe merah
- 6 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 butir kemiri, goreng
- 2 cm kunyit
- 2 sdm udang rebon, siangi

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu ulek, lengkuas, dan daun salam sampai wangi.
  2. Masukkan tahu. Aduk aduk. Tambahkan santan dan pepaya. Beri garam dan gula secukupnya. Masak hingga sayur mulai lunak.
  3. Tambahkan cabe rawit dan air asam. Masak lagi sampai bau cabenya wangi.
  4. Matikan api, angkat.

 

17 komentar:

ila mengatakan...

sukaaa.. dengan postingan Mbak Hesti hari ini.. bener mbak jangan kates ini enaakkk apalagi klo pedes banyak ranjau cabe rawit.. makannya pake ikan asin plus urap.. nasi sebakul abis deh hehehe..
langsung kangen kampung nih mbak...

Rina Audie mengatakan...

wah enak banget ini. Kalo aku nyebut sambel goreng kates. Kates ini biasanya buat gantiin labu siam kalo nggak ada. Karena kates kan lebih murah, tinggal petik dari pekarangan rumah, hehe...
Kalo aku biasa makan ini pake nasi liwet solo, hmm...nyam nyam deh....

Nisa-mom mengatakan...

hello.. try to kill me with this recipe ? LOL - parah nih mba Hesti, malem2 mbuka blog mba hesti.. langsung otak tuing..tuing.. pingin bikin sayur ketupat ini.. :D *langsung naik timbangan xixiixix

Anis mengatakan...

Hahaha.. Bener tuh yang mbak nisa bilang, sayur ketupat! :-D Ibuku kalau lebaran bikin ketupat kuahnya pasti sayur pepaya bgini, pedddaasss! Tapi diminimalisir dgn semur daging, hehehe.. Jadi kangen masakan sayur ketupat ibu, krn dah 3x lebaran pas mudik pasti dah kehabisan :-D
makasih udah mengobati kerinduanku akan masakan ini mbak :-)

Anonim mengatakan...

kalo di betawi sih..., ini temen nya ketupay, buat sarapan ditambahi semurdaging/ayam/tahu dan kerupuk..., saaadaaapppp.Aku penggemar berat...., cuma suka males masaknya ha ha ha..., sering nya sih beli...(hiiii ketahuan malas nya). Slm. Rin

Hesti HH. mengatakan...

Iya ya jadi ketupat sayur mbak. Glekh...jadi lapeeer!!

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah kalo suka mbak,

Kalau ngggak menikah dengan orang Jawa kayaknya pengetahuanku tentang masakan Jawa juga segitu gitu aja. Beneeer...suka banget ranjaunya!!

Hesti HH. mengatakan...

Waaaah pasti enak. Nggak jauh beda dengan labu siam kok. Maknyus semua. Sayang aku bikinnya kurang lengkap ya. Pasti sedap ditambah semur...

Hesti HH. mengatakan...

Hihi...sorry tenan mbakyu. langsung berasa lebaran aje ya??

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak...aku heran juga pas di Jawa sayur sayuran santan dibilang sambal goreng. Kirain sambal goreng itu yang kering kering aja, hehehe

mbak endang mengatakan...

mbak, tak contek ya.....mau di coba besok. entar tak posting di blogku gpp ya...tx..

kredit tanpa agunan mengatakan...

sama dong kalo di orang sunda paling enak di makan nya sama ketupat tuh gan mantap

gamatgoldg31 mengatakan...

terimakasih artikelnya sangat bermanfaat :)

Mom Nauval mengatakan...

Mba Hesti,aku mo praktekin besok buat temennya ketupat lebaran...nom nom nom :D

Hesti HH. mengatakan...

@Mbak Endang : silahkna mbaaa

@Mom Nauval : silahkan mbaaaa...semoga sukaaa

Ummu Abdillah Najiyah mengatakan...

Bismillah. Jazakumullahn khoyron mbak hesti...
Aku ijin kopas ya sama minjem fotonya..
Baarokallahufyk.. #senyum merekah
Salam kenal ya...

Mampir ya mbk...
http://dapur-ummuabdillah.blogspot.com/2015/08/sayur-pepaya-muda-lodeh.html?m=1

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mba, silahkaaaaaannnn dikopas ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails