Senin, 25 Maret 2013

Oseng Genjer


Ini juga adalah salah satu sayur yang baru kali ini aku coba. Tanya sama penjual sayur katanya enaknya dioseng atau ditumis seperti kangkung.Siiiplah kalo gitu. Gampaaang...!

Bumbunya cabe merah, cabe rawit (ini yang bikin mantap wanginya) bawang merah, bawang putih dan tomat serta sedikit terasi. Sedikit garam dan gula dan jadilah oseng genjerku. Sewaktu baru matang tambahkan teri goreng kering. Manteeeep. Menurutku rasanya perpaduan antara kangkung dan sawi. Ada hint pahitnya. Teksturnya lembut  agak mirip sayur pakis. Nggak renyah seperti batang kangkung tapi tetap enaklah sebagai variasi sayur.

12 komentar:

bukucatatanresep buncis mengatakan...

Mbak Hesti....ini genjernya habis dipotong/disiangi terus dicuci langsung cemplung-cemplung gitu atau gimana ya ngolahnya *maksudku ngolahnya mirip kangkung gitu atau ada perlakuan khusus

Nisa-mom mengatakan...

aaih..mba Hesti kejar tayang, :) hebat loh..ide frame picture nya selalu fresh dan ga habis2.. :)

Anis mengatakan...

Daku kalo numis genjer biar sedap pakai oncom & kencur, mbak. Di jawa barat tumis genjer udah gak asing, hehehe.. Genjernya dipotong2 dulu biar gak terlalu besar, trus direbus gak lama hingga layu. Bumbunya cuma bawang merah, bawang putih, kencur (banyak biar terasa), cabe (kalo mau pedas), terasi. Setelah halus masukin oncomnya diulek bareng bumbu, setelah itu bumbu ditumis matang, baru masukin genjer. Kalau ditumis sperti kangkung daku blom coba, nanti kalo dah ficoba daku kasih laporannya, hehehe..

Hafizah mengatakan...

sayur genjer di medan banyak dijual dan dimasak, dan banyak juga seratnya

Hesti HH. mengatakan...

Bener mbak, biasa aja seperti kangkung...

Hesti HH. mengatakan...

Hihi...makaciiiiiiih mbakyuuu ^^

Hesti HH. mengatakan...

Pengen nyoba juga siy mbak, tapi di sini nggak ada oncom. Mungkin karena orang sulawesi nggak makan oncom ya. tapi kalau tempe sih banyaaaakkkk,,,

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak...ternyata saya baru perhatikan di sini genjer juga banyak. Selama ini kalo belanja nggak merhatiin karena memang mamaku nggak pernah masak genjer ^^

Anonim mengatakan...

assww mb
kl aq biasanya setelah dibersihkan, dicuci lalu direbus sebentar di air yg mendidih. tiriskan, peras lalu poting2. barulah ditumis. jd gak ada jejak pahit mb.. afwan ya..
indah

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam warahmatullah,

Ooooh gitu toh mbak, hihi barusan bikin sih jd gak tau ilmunya. Makasih dah sharing yaaaa

Kiki Amaliah mengatakan...

Bumbuny digilig halus atau diiris aj mbaak?

Hesti HH. mengatakan...

Diulek kasar saja yaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails