Senin, 04 Juni 2012

Apple Cinnamon Custard Buns and Cinnamon Roll Danish






Terinspirasi dari Apple Cinnamon Custard Breadnya 'Home Baking Net' dan Apple Bunsnya 'Food4Tosts' hari ini aku bikin kedua jenis roti ini. Dari satu resep aku bagi menjadi 3 jenis roti. Yang Apple Buns cuman isian apel, sedangkan Cinnamon custard jelaslah menggunakan custard sesuai namanya dan juga apel. Untuk isian ini, potongan apel aku masak bersama gula palem, kayu manis dan sedikit butter sampai rasanya meresap kemudian dikentalkan dengan sedikit maizena. Tapi teksturnya tetap masih kelihatan potongan apelnya...nggak sampe jadi selai. Sedangkan tuk custard atau vlanya aku menggunakan vla biasa seperti pada resep kue sus.

Rotinya menggunakan resep water roux method yang sudah aku pernah bikin sebelumnya. Untuk apple buns, filling tinggal diisikan ke dalam adonan lalu dirapatkan dan dibulatkan dan ditaruh dalam paper cup. Ketika akan dipanggang, atasnya dioles telur lalu dihias dengan potongan apel. Sedangkan untuk custard bread, adonan roti digiling memanjang persegi empat lalu diolesi vla kemudian ditaburi adonan filling apel tadi. Gulung, potong potong dan susun di loyang seperti kalo bikin cinnamon roll. Sewaktu akan dipanggang dioles telur lalu ditaburi almond flakes. Setelah matang disajikan dengan semprotan gula icing.

 
 

Sedangkan di bawah ini adalah hasil keisenganku saja. Pengen bikin roti danish, jadi sepertiga adonan roti aku isikan butter beku kemudian diproses giling lipat seperti kalo bikin puff pastry. Hasilnya ternyata nggak kalah enak. Walaupun rollnya kurang banyak, tapi lapisannya udah kelihatan kok. Luarnya kalo masih panas benar benar crunchy sedangkan dalamnya lembut seperti roti. Yah memang roti sih sebenarnya...tapi roti pastry atau danish. Diolesi butter dulu, kemudian ditaburi gula palem, bubuk kayu manis dan kismis.



Senangnyaaaa semua suka. Hubby yang dah lama menghindari roti karena diet darah tinggi, kolesterol dan asam urat akhirnya menyerah juga. Apalagi dia lagi puasa, pas buka langsung deh semuanya diicip dan katanya...."enaaaaaak semuanya bu! tapi jangan sering sering ya bikinnya, takut aku kalap". Hehe...iya mas, dont worry be happy ^,^

13 komentar:

atie @ ejay mengatakan...

bestnya ... atie singgah dan ikut ye

ndt xray mengatakan...

mantap banget gann rasanya pasti

Hesti HH. mengatakan...

Terima kasih Atie, memang enak sekali apalagi isian apelnya, super yummiiii...

Iis Isna mengatakan...

Salam Kenal Bu Hesty, saya ibu RT baru, dari JOgja. cari inspirasi wat manjakan my hubby, ketemu ma blognya Bu Hesty. Very Great!!!

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal Mbak Iis, terima kasih sudah mampir, semoga ada resep yang berkenan ^^

Vania mengatakan...

Hestiiii, rajin sekali! Hes, kalo aku ke Sorowako aku mampir sarapan di rumahmu ya. Mau itu, roti yg di foto paling atas. Menggoda sekali.
Hes, dulu kamu angkatan berapa di Singkole? kita kayagnya gak sempet ketemu ya? hhhhmmm mungkin aku terlalu angkatan tua :D

Hesti HH. mengatakan...

HAyuuuu mbak VAnia, kapan maen ke sini ^^
Aku dulu angkatan 94. Kayaknya kita nggak sempat ketemu. Mungkin Mbak angkatan2 awal kayak mbak Nenden or Rini Usman Fatwa ya?? tapi namanya mbak sudah familiar di telingaku...

Vania mengatakan...

Ohh, Hes... aku angkatan 91. Dibawah Nenden'88 dan Rini'90. Aku seangkatan Syamsiah, Rimba, Ina, Tiku, Chandra dll. Rencana mau ke Sorowako itu Jun/July ini, tp akhirnya ditunda tahun depan. Tahun ini anakku masuk SMP, jadi masih urus ini itu, dan mau sekalian bawa mereka ke Toraja. Padahal temen2 seangkatanku mau reuni di Sorowako bulan depan. Jadi sarapannya tahun depan ya Hes :)

Hesti HH. mengatakan...

Walaaah, semuanya kakak kakak yang mbak sebut masih ada di sini, hehe. Artinya kita nggak terlalu jauh jaraknya ya. Sayang sekali kali ini nggak bisa ikutan mbak, tapi semoga tahun depan bisa datang. Pasti aku tunggu mbak!

Semoga semua urusan cepat selesai ya, anak anak juga beres urusan sekolahnya dan happy holiday ^^

Anonim mengatakan...

fantastic issues altogether, you just received a new reader.

What may you suggest in regards to your post that you just made some days ago?
Any certain?

My web blog how to get guys to like you

Anonim mengatakan...

mbak hesti salam kenal aku sukaaaaaa...ma blognya mabk hesti sudah banyak resep yg aku coba tapi baru sekarang minta ijinnya,jangan marah ya mbak aku masih baru di perbaking tapi semua resep yg aku cba sukses semua eksekusinya makasi ilmunya mbak.

Saiva Lina mengatakan...

resepnya enak-enak......

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : silahkan mba saya justru senag kok ^^

@Saiva Lina : makasih mbaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails