Senin, 25 Juni 2012

Kolak Biji Salak


Nah, karena udah deket deket ramadhan...mulai lagi rajin bikin jajanan manis manis yang khas tuk berbuka puasa. Untuk persiapan aja, hehe. Kali ini aku bikin kolak biji salak. Manis gurih dan lembut dari printilan ubi jalarnya. Ueeenak deh pokoknya...!

Bahan biji salak :
- 500 gr ubi jalar kuning, kukus lalu haluskan panas panas
- 100 gr tepung kanji
- 1/2 sdt garam

Saus gula merah :
- 250 gr gula merah
- 1/2 sdt garam
- 600 ml air
- 2 lembar daun pandan
- 2 sdm tepung sagu larutkan dengan sedikit air

Saus santan (masak sampai mendidih sambil diaduk) :
- 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 1/2 sdt garam
- 2 lembar daun pandan

Cara membuat :
  1. Campur ubi kukus halus dengan tepung kanji dan garam. Bentuk bulat lonjong seperti biji salak.
  2. Didihkan air dalam panci. Masukkan biji salak. Masak hingga mengapung. Angkat, tiriskan.
  3. Dalam panci, campur air, gula merah, daun pandan dan garam. Masak sampai mendidih lalu saring. Tambahkan larutan kanji dan masak lagi sambil diaduk sampai mendidih dan kental.
  4. Masukkan biji salak, biarkan meletup sebentar dan angkat.
  5. Sajikan dengan siraman saus santan.



8 komentar:

Sari Kembang mengatakan...

mba hari ini aku mau cb buat biji salak tp emang salah bgt ni dr awal, mestinya aku cari diblog mba dulu yaa...hikss
jadi gini ubinya tuh aku rebus bukan aku kukus, trus pas liat resep dr org lain yang pake sagu, aku kasih donk sagu eh malah jd lembek ga jelas gt jdnya ga bs dipulung2....trus bingung gmn lg, akhrnya aku ksh terigu tp sm aja sih ga membantu malah jadi gajelas kali ya rasanya...pokonyta udh gatot banget ni adonan...
mau tnya mba enaknya diapain ya ni ubi yg udh kena sagu n terigu???sayang bgt kl dibuang ya mba :((

Hesti HH. mengatakan...

maaf banget mbak baru bales. Sayanya baru pulang cuti dari makassar.

Dibikin kue talam aja mbak. Tinggal ditambah santan dan gula lalu dituang di loyang. Insha Allah jadi.

sewa truk mengatakan...

Minta Izin Di Praktekan ya...

meri kusuma mengatakan...

Mb hesti..aq udah sering bnr bikin resep biji kolaknya..enyaakk..tararengqyu mbae

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah senang mbaaaaaa....

Dian Lusiana mengatakan...

Mba jika pakai tepung ubi ungu,kira-kira takarannya berapa gram ya mba ? Kebetulan punya tepung ubi ungu kiriman kakak :) terima kasih sebelumnya

Diah Yulianti mengatakan...

Mba Hesti...nuhun resepnya...

Hesti HH. mengatakan...

@Dian Lusiana : sama aja mba dengan ubi kuning

@Diah Yulianti : Sama sama mbaaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails