Selasa, 26 Juni 2012

Browkus Keju Dewi Nik



Sebenarnya agak kurang tepat kalau kita menamakan kue yang bukan cokelat dengan sebutan brownie ya. Brownie kan dari kata brown yang berarti cokelat. Tapi memang penamaan ini karena trend di Indonesia. Karena kuenya benar benar nyoklat dinamakan brownies, dan mungkin karena kuenya benar benar ngeju dinamakan brownies keju, begitu juga dengan brownies pandan...dan sebagainya. Jadi kita juga ikut trend aja ya...^^

Sudah dua kali aku mencoba browkus keju belum pernah ada yang benar benar sukses. Kali ini aku mencoba lagi resep dari sahabatku ibu mamah Dewi Nik. Dulu waktu Dewi masih tinggal di sini, aku udah pernah cicip buatannya dan rasanya enak sekali. Pas menurutku. Kejunya nggak bikin eneg. Rasa kejunya lembut saja karena nanti di atasnya ada taburan keju lagi. Manisnya juga pas. Pokoknya ini jenis kue yang jadi favorit anak anak. Bahkan ibu ibu juga banyak yang pesan sama Dewi dan merupakan salah satu kue andalan bakul kuenya... . Nah, sebelum mencoba aku sempat konsultasi dulu sama Dewi gimana biar kuenya sukses...dan dapat tips yang  sangat berguna. Makasih banyak ya Wi...berikut resepnya Dewi ya...

Bahan A :
- 12 kuning telur
- 2 putih telur
- 200 gr gula pasir

Bahan B (diayak) :
- 70 gr terigu protein sedang
- 20 gr susu bubuk
- 10 gr maizena

Bahan C (ditim sampai meleleh) :
- 100 gr margarin
- 20 gr butter
- 50 gr white cooking chocolate
- 70 gr keju cheddar, parut halus

Bahan D (filling) :
- 30 gr meises (merk Ceres)
- 20 gr keju cheddar (merk Kraft)

Taburan :
- butter cream secukupnya 
- keju cheddar parut
Cara membuat  :
  1. Panaskan alat pengukus. Ikat tutup pengukus dengan kain serbet.
  2. Olesi margarin dan alasi loyang brownies atau loyang 20x20cm dengan kertas roti.
  3. Kocok bahan A hingga mengembang (putih, kental berjejak). Matikan mixer.
  4. Masukkan bahan B ke dalam kocokan telur lalu aduk sampai tercampur asal rata.
  5. Masukkan lelehan bahan C sedikit sedikit sambil diaduk balik sampai semua tercampur rata.
  6. Tuang sebagian adonan ke dalam loyang lalu masukkan ke dalam kukusan yg sudah berasap. Kukus dengan api sedang saja selama 15 menit.
  7. Keluarkan loyang dari pengukus, lalu taburi atasnya dengan bahan D (filling). Tuang sisa adonan ke dalam loyang.
  8. Masukkan kembali loyang ke dalam kukusan dan kukus kembali hingga matang sempurna kurang lebih selama 25 menit.
  9. Setelah dingin hias dengan olesan buttercream dan taburan keju cheddar parut.


4 komentar:

Mom's the little one mengatakan...

aaw..pasti enak nih wong telor nya banyak.. mau coba musti niat kuat heheheh..

Hesti HH. mengatakan...

Beneeeeer mbak Fitri, asli enak!! kelihatannya bahannya ribet banget tapi nggak kok mbak. Bikinnya sekitar 1 jam udah jadi...

Anonim mengatakan...

Enak bgt brownies keju nya mba. Aku udh praktek tadi. Aku coba gantikan margarin dengan minyak sayur...kuenya tetep lembuttt. Thanks for sharing :) monika

EvyNauffa mengatakan...

Kl mau ganti margarin ke minyak sayur perbandingannya gmn mbak? Maaf pemula

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails