Minggu, 10 Juni 2012

Kue Lapis Pandan


Kadang kadang kalo lagi bosan, kehabisan bahan bacaan...resep resep majalah Sedap edisi lama kembali aku buka buka. Masih banyak resep resep menarik yang belum aku praktekkan. Nah, salah satunya ya kue lapis ini. Dulu aku sudah pernah bikin lapis kanji. Yang sekarang ini versi tepung terigunya dan menggunakan pandan suji. Kebayang kan wanginya??

Alhamdulillah juga disekitar rumahku yang namanya daun daunan bumbu masak or kue lumayan lengkap. Untuk kue tradisional ada suji, ada pandan, pandan besar dan daun pisang. Jadi kalo bikin lapis pandan nggak terlalu repot...tinggal petik saja.



Berikut resepnya yang aku modifikasi sedikit dari Majalah Sedap Edisi 5 th 2006. Judul asli kuenya adalah 'kue berlapis' dari Indonesia Timur.

Bahan :
- 300 gr tepung terigu protein sedang
- 75 gr tepung sagu
- 225 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 825 santan dari 1 butir kelapa
- 50 ml air daun suji (dari 30 lembar suji dan 3 lembar daun pandan)

Cara membuat :
  1. CAmpur tepung terigu, tepung sagu, gula dan garam. Tuang santan sedikit sedikit sambil diuleni sampai rata. Saring.
  2. Bagi menjadi 2 adonan. Satu bagian tambahkan air suji. Aduk rata.
  3. Siapkan loyang 16x16x7 m yang dioles minyak sisi sisinya. (aku pake loyang brownies).
  4. Tuang satu sendok sayur (sendok sayur ukuran besar) lapisan putih. Kukus 5 menit. Tuang satu sendok adonan hijau. Kukus 5 menit. Ulangi terus sampai adonan habis. Terakhir kukus 30 menit sampai adonan matang. Kalau air kukusannya habis tambahkan dengan air mendidih dulu sebelum lanjut mengukus. Setiap menuang adonan aduk dulu supaya tepung tidak mengendap.
  5. Angkat. Dinginkan. Potong potong menggunakan benang atau pisau plastik (scraper).




35 komentar:

Anonim mengatakan...

Mba,kalo nga ada daun suji, gimana?pake pewarna hijau bisa ,nga ?ukurannya jd brp?makasih,ya mba Hesti.

Hesti HH. mengatakan...

DAun suji memberikan warna hijau alami, tapi kalau nggak ada mungkin bisa dikasih beberapa tetes pewarna hijau. Lihat aja mbak warnanya kalau sudah pas, tapi jangan berlebih. Kalau warna adonan awalnya lebih pucat tapi pas masuk di kukusan jadi berubah lebih gelap. Mungkin sekitar 4-5 tetes.

Buncis mengatakan...

Mbak Hesti....cantik lapisnya, itu tepung sagunya sagu tani alias tepung kanji ataukah memang sagu asli *maksudnya dari pohon sagu?. Biasa beli tepung sagu dmn ya mbak, kmren pernah nanya tepung sagu eh dikasihnya tepung sagu tani.

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak, sagunya benar sagu tani mbak. Kalau sagu pohon sagu biasanya saya sebut sagu basah. Dibeli di toko bahan kue maupun di supermarket juga banyak mbak...

CT Delima mengatakan...

As'salam Hesti

ya pagi2 udah dihidang kue kegemaran k.ct sekeluarga. cantik potongannya sangat kemas, susunan kuenya juga sangat rapi dan teratur. lagi tambah cantk gambar yang terang sangat memikat.

k.ct juga suka belek2 resep dari majalah lama juga. Tapi ingin juga melihat majalah sedap dari indonesia. pasti menarik isi dalamnya ya Hesti :)

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam kak CT,

Terima kasih kak, satu rumah juga suka kue tradisional ini. Nggak pernah bosan kalau makan kue lapis. Iya Kak, Majalah Sedap semacam majalah Aroma atau Saji mungkin kalau di Malaysia. Majalah Sedap adalah obat ampuh kalau lagi bosan...

Rima mengatakan...

Salam Hesti
lama tak buat kuih lapis.. urs look so sedap! i did laman sari earlier today.. belum dipotong.. tunggu betul betul sejuk baru potongan nya kemas...

Buncis mengatakan...

Mbak Hesti...nanya lagi, itu ukuran gulanya brp ya?, saya mo nyoba kok dibaca2 lagi resepnya g ada ukuran gulanya. Santannya perlu direbus sama gula apa tidak ya mbak?, makasih sebelumnya.

Hesti HH. mengatakan...

Salam Kak Rima,

Terima kasih, betul ini enak sekali anak anak pun masih mau sudah habis ^^
Saya baru dengar kue laman sari kak, tidak sabar mau lihat postingannya kak Rima...

Hesti HH. mengatakan...

Waduuuh, maaf ya mbak sampai terlewat. Tapi udah aku revisi. Makasih yaaa...

Lisa mengatakan...

Salam kenal ya mbak.....

Anonim mengatakan...

Ini yang dari kemarin kemarin aq cari resepnya ....makasih mbak aq boleh contek ya,,,salam kenal

Dewi mengatakan...

Cantik sekali! Untuk ukuran santan 825 grams atau 825 ml? Terima kasih!

Hesti HH. mengatakan...

Makasih...dan maaf ml nya ketinggalan. Ukurannya 825 ml mbak.

Anonim mengatakan...

mbak,aq udah coba resepnya.... cocok bgeeettt. tp aq buat lapisnya wrn coklat,cos anakku doyan. pernah coba yg pake full sagu, full tepung beras. lengket bgt n susah dipotongnya.. pake resep ini gampang dipotongnya....thx ya mbak hesti.. semoga menjadi barokah ilmu bakingnya...

Lena Sutiono mengatakan...

Lam kenal mba...ternyata lapis pandan nie emang cucok boo...aq dah praktekkin..emang ruaarrrr biasa...trims y mba dah mw sharing ilmux..

Anonim mengatakan...

Tanya Mbak, bagaiman supaya mendapatkan lapisan yg rapi dan ukuran yg sama dan cantik seperti gambar di atas? Makasih

Hesti HH. mengatakan...

alhamdulillah mbak kalo suka...makasih ya dah info ke aku ^^

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga,

Senang kalau mbak suka. makasih ya...

Hesti HH. mengatakan...

Supaya rapi ngelapisnya harus pas takarannya mbak. Jadi kalau satu sendok sayur semuanya harus satu sendok sayur jangan ada yang lebih lebih. Atau kalau mau diukur pake cup ml bisa juga. Kalau potongnya biar rapi tunggu dingin dulu mbak. Potongnya perlahan aja dengan pisau yang tajam dan tipis...kue dibagi beberapa bagian besar baru dipotong lagi lebih kecil.

VERONICA DHANI mengatakan...

mbk Hesty saya udah nyoba lapis ini,,,,pas banget rasanya gak manis,,,,,daun sujinya juga berasa,,,,,makasih resepnya ya mbk hesty,,,,,hehehe saya sering intip resep mbk,,,,

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah kalau suka mbak, ini juga resep kesukaanku ^^

Anonim mengatakan...

mb' hesti,itu judul resepnya lapiss beras tapi memang gk ada tpg berasnya ya,atau yang 300 itu bukan tpg terigu tapi tpg beras

Anonim mengatakan...

salam kenal mb Hesti:)
mba biar mulus gtu gmana yaa bikin lapisan nya? kemarin saya bikin,awalnya sih mulus tp lama kelamaan lapisan2 selanjutnya koq berbuih dan bolong2 gtu. knp yaa gak bs muluuusss..dr rasa sih enak tp penampilan kurang cantik. mohon masukan nya. terimakasih.

Ririn-Wellington

roy roehans mengatakan...

Lam kenal bak .. kl pake terigu gk jadi lengket lah mbak thx

roy roehans mengatakan...

Lam kenal mbak.... bak sy lg blajar bmacam mac kue salah satunya kue pepe... pada umumnya pp pake tepungberas tp resep mbak pake terigu kl dr kekenyalannya beda gk ya mbak ... trimakasih

roy roehans mengatakan...

Lam kenal bak .. kl pake terigu gk jadi lengket lah mbak thx

Hesti HH. mengatakan...

Judulnya lapis pandan mbak ^^

Hesti HH. mengatakan...

Buih buihnya dibuang aja mbak. Atau kalau nggak terlalu banyak bisa dipecahin supaya kulitnya mulus.

Hesti HH. mengatakan...

Ya beda juga teksturnya mbak. kalo lapis terigu lembut tidak terlalu kenyal dan kalau dimakan nempel di gigi...hehe

Nina Untari mengatakan...

mba hesti mo tnya klo tepung sagunya nda ada, apa bs diganti dengan tepung kanji trmksh..

Hesti HH. mengatakan...

Boleeeeeeh mbak Nina...nggak beda jauh kok

Anonim mengatakan...

Salam mbak hesti.. mau tanya.. klo santanya pake yg instan misal kara untuk jd 825 ml perbandingan kara dan airnya brapa ya mbak.. makasiy
Zeezee.mysia

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam mba Zeezee. Santannya bisa separuh separuh mba...atau 2:3 santan:air nya

Dian Indah mengatakan...

Ennaaakk mba...aq ud praktek...mksi resepnya ya..:)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails