Jumat, 08 Juni 2012

Marble Peanut Brownies




Pengen bikin variasi lain dari brownies, kali ini aku coba bikin brownies marmer kacang. Perpaduan dari dua resep. Resep browniesnya dari Martha Stewart yang aku lihat di blognya Yessi 'Bunda Twins Kitchen' dan swirl kacangnya dari "Now, You're Cooking"

Hasilnya menurutku lumayan. Enak juga, tapi mungkin lebih enak aslinya tanpa tambahan kacang. Tapi nggak papalah namanya juga coba coba resep. Tuk Yessi, makasiiih ya sharingnya. Berikut resepnya ya...


Bahan Brownie :
- 120 gr butter
- 130 gr terigu protein sedang
- 30 gr cokelat bubuk
- 3 butir telur
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt baking powder (aku nggak pakai)
- 255 gr dark cokelat
- 250 gr gula pasir halus


Bahan Topping Kacang :
- 1/3 cup selai kacang
- 2 sdm butter
- 2 sdm sugar
- 1 sdm flour
- 1 butir telur

 Cara membuat :
  1. Panaskan oven sampai 180 C atau 350 F. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Olesi kembali dengan mentega. Pada bagian sisi-sisi loyang lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1cm (fungsinya untuk mengangkat brownies keluar dari loyang), sisihkan.
  2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, dan garam, sisihkan.
  3. Lelehkan butter, masukkan dark cokelat, aduk-aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata dan licin. Angkat.
  4. Masukkan gula pasir halus, aduk rata dengan whisker hingga gula terlihat menyatu dengan coklat. Masukkan telur, aduk rata kembali hingga rata dan lembut. Masukkan campuran terigu, aduk rata hanya sampai tepung sudah merata dan tidak terlihat lagi. Jangan diaduk terlalu lama.
  5. Tuang adonan kedalam loyang, ratakan permukaannya. 
  6. Campur semua bahan topping dan kocok rata sebentar saja. Tuang sesendok sesendok di atas adonan brownies. Buat swirl/marmer dengan menggunakan pisau.
  7. Panggang sampai matang sekitar 50 menit.
  8. Keluarkan dari oven, diamkan sekitar 30 menit dalam loyang.
  9. Keluarkan dengan cara mengangkat kelebihan kertas roti di sisi loyang. Dinginkan di rak kawat, potong-potong sesuai selera.



4 komentar:

Resep masakan Indonesia mengatakan...

Makasih atas postingan tentang resep kue basah nya

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama, semoga bermanfaat...

nayla mengatakan...

mbak... pas masukin gula halus ke campuran coklat,itu pas coklat nya masih panas,anget ato pas gmna?? dari dlu pngn banget buat,cuma takut kue nya g jadi karena mslah ini.. tolong petunjuknya ya mbak...makasih ;)

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak pas masih panas biar lumer sekalian kalo masih ada yang kasar kasarnya. Santai aja mbak bikinnya yang penting gak terlalu banyak aduk insyaAllah jadi.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails