Rabu, 06 Juni 2012

Tumis Kangkung Bunga Pepaya



Karena ngiler lihat postingannya Mbak Tati Nuruddin 'tumis bunga pepaya' akhirnya aku juga bikin sendiri. Kebetulan ada tetangga yang punya pohonnya dan nggak pernah berbuah, yang ada cuman bunganya aja banyak sekali. Cuman karena takut kalo cuman pake bunga pepaya rasanya akan pahit sekali jadinya aku tambahin kangkung. Aku nggak punya teri nasi, tapi di kulkas ada ikan cakalang, rencananya aku mau tambahkan ke dalam sayuran. Dan habis googling dapat resep tumis bunga pepaya cakalang di 'Resep Dela'. Lihat bumbu bumbunya kayaknya Menado sekali. Lengkap bumbu daun daunannya yang sangat banyak. Langsung deh kebayang wanginya....ada pandan, sereh, kemangi, daun jeruk, daun kunyit.

Thanks to Mbak Dela tuk resepnya yang maknyus. Setelah matang nggak sabar langsung aku santap dengan nasi ngepul. Uuuuuwenak tenan! ikannya walaupun bukan ikan asap tapi karena dibakar berasa diasap juga. Pahitnya nggak terasa, masih lebih pahit paria. Mungkin karena dah dimasak bersama asam dan garam. Hubby aja yang nggak suka paria, makan sayur bunga pepaya ini malah makannya nambah.  Berikut resepnya Mbak Dela yang udah aku modifikasi dikit ya :

Bahan :
- 4 sdm minyak sayur
- 150 gr bunga pepaya, siangi, rebus dalam air mendidih bersama asam potong, tiriskan, dinginkan, lalu aduk aduk dengan garam
- 1 ikat kangkung, siangi
- 200 gr ikan cakalang (bakar), suwir-suwir
- 3 btg serai, ambil bagian putihnya, geprek
- 5 lbr daun jeruk, sobek sobek
- 3 lbr daun pandan, robek dan simpulkan
- 3 btg daun bawang, iris serong
- 8 tangkai daun kemangi, petik daunnya.
- 2 cm jahe, geprek
- gula secukupnya
- 1 sdm saus tiram
- cabe rawit untuk taburan

Bumbu Halus:

- 5 bh cabai merah keriting
- 10 bh bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1 sdt garam

 Cara membuat :
  1. Panaskan minyak, masukkan daun pandan sampai harum. Tambahkan bumbu halus, serai, kunyit, jahe. Tumis hingga bumbu matang dan wangi.
  2. Tambahkan ikan cakalang dan daun bawang. Aduk rata.
  3. Masukkan bunga pepaya dan kangkung. Aduk rata sehingga sayuran, ikan dan bumbu tercampur rata. Tambahkan saus tiram dan air sedikit. Masak hingga matang.
  4. Tambahkan gula dan garam jika perlu dan terakhir masukan daun kemangi dan cabe rawit, aduk sebentar, angkat.

10 komentar:

rahel mengatakan...

Mat pagi bu' Hesty...
wah..jadi ngeces liat tumis kangkung bunga pepaya + ikan cakalang...pastinya enak banget yah..kapan2 bisa dicoba...

Anonim mengatakan...

waduh mba Hesti, bikin saya clegak cleguk nih....

Rina Audie

Ummi mengatakan...

Assalam Hesti....waduh enak bangat tumis kangkung itu...dicampur bunga papaya eh...pahit2 gitu, akak suka...buat obat...hehe. Nampak menarik macam kerabu ajaa....drooling..! ^____^

Hesti HH. mengatakan...

Pagi juga mbak Rahel, asli ueenak niy padahal aku juga pertama kali buat langsung jatuh cinta ^^

Hesti HH. mengatakan...

Daripada clegak cleguk yuk dibikin ajah, hehe

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam Ummi,

Benar Ummi, ini obat buat membersihkan darah. PAhit pahit tapi enak...
Kalau di sini kerabu disebut urap kalau tidak salah.

Tere mengatakan...

Helooo momsss,langsung mo saya coba ahhhh,udah lama nyari resep ini akhirnya nemu jugaa,heheee,tengkiyuuu ^^

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

kyk ny enak ne..

mantap resep mengatakan...

jadi di tambahin kakgkung ya bun agar tidak terlalu pahit bunga pepayanya??
makasih infonya bun..

assoy pakdeh mengatakan...

mantap (Y)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails