Senin, 25 Juni 2012

Es Cendol Campur



Dulu sudah pernah bikin cendol dari tepung beras. Tapi hasilnya nggak memuaskan. Hari ini aku coba resep yang menggunakan tepung hunkwe...kebetulan stok di rumah masih banyak. Resepnya dari Tabloid Nova yang aku ketemu di blognya Mbak Julia "Chef by Accident" . Aku padukan dengan resep dari Majalah Sedap. Alhamdulillah hasilnya lumayanlah tuk pemula...hahaha. Rasanya sudah okey karena menggunakan pandan dan suji. Tapi bentuknya nggak panjang panjang kurus melainkan agak keriting dan pendek pendek. Nggak tau kesalahan ada pada aku, di cetakannya atau di adonannya. Tapi gitu gitu juga habis kok. Campuran lainnya yang bikin tambah enak. Nangka dan cincau...serta es serut!!

Sama dengan pendapat Mbak Julia, santan yang paling cocok dan emang sehat ya santan segar yang nggak lewat proses pemasakan. Ibuku juga dulu kalo bikin ya pake santan segar. Tapi kelapa harus diparut sendiri dan diperas menggunakan air hangat yang matang. Selain santannya nggak pecah, wanginya juga segar. Nah berhubung aku beli kelapa parutnya di pasar yang nggak bisa dijamin kehieginisan alat parutnya jadi kali ini aku masak aja santannya ya. Biar aman dari sakit perut...^^

Bahan cendol :
- 100 gr tepung hunkwe
- 50 gr tepung beras
- 100 ml air daun pandan dan suji (dari 3 lembar daun pandan dan 15 lembar daun suji)
- 600 ml air
- 1 sdt garam

Bahan saus gula (masak lalu saring):
- 500 gr gula merah
- 100 gr gula pasir
- 500 ml air
- 3 lbr daun pandan

Bahan saus santan (masak sambil diaduk terus sampai mendidih):
- 1000 ml santan dari 1 butir kelapa
- 1 sdt peres garam
- 2 lembar daun pandan

Bahan pelengkap : 
- nangka secukupnya, potong-potong 
- cincau secukupnya, potong kotak
- es serut, secukupnya
Cara membuat :
  1. Campur tepung hunkwe, tepung beras, air daun suji, air, dan garam, aduk rata lalu masak sambil diaduk sampai adonan matang dan meletup-letup.
  2. Siapkan air matang yang berisi es batu dalam wadah, lalu taruh cetakan cendol di atasnya. Tuang adonan cendol secukupnya, tekan-tekan sampai adonan keluar. Lakukan sampai adonan habis.
  3. Sajikan cendol dengan saus gula merah, saus santan, dan es serut.

 

Lihat hasilnya di bawah...lucu ya agak keriting keriting gitu...




7 komentar:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

sip maknyuzzz.

Anonim mengatakan...

Mbak hesti, mao nny" nii daku ...
Kl daku ga ada cetakan cendol, daku pulung" aja pake tangan,,, kira" bisa ndak ya ?
Mhn penjelasan ya mbak ... Thanks
Salam _ herni »medan

Anonim mengatakan...

Mbak hesti, q mao nny nii ...
Kl q ga ada cetakan bt cendol, q pulung aja pake tngn bisa ndak ya mbak ?
Salam _ herni » medan

Hesti HH. mengatakan...

@ Mbak Herni: gak bisa dipulung mbak, adonannya lembek sekali. Bisa pake plastik segitiga aja lalu digunting kecil ujungnya dan disemprotkan panjang panjang sekaligus. Setelahnya baru dipotomh potong.

tri mengatakan...

Kalau punya alas kukusan dari rice cooker, bisa dipaksi tu, kan bolong2...tekan aja pake sendok. Soalnya kalo pake plastik kan panas....hehe...

Yachinda Katili mengatakan...

Mba Hesti makasih yaa resepnya. Kebetulan aku tinggal di luar negri jdnya ga ada daun suji adanya daun pandan. Apa bisa berhasil kl cmn pakai daun pandan ga pakai daun suji? Kl bisa, kira2 brp ya mba daun pandan yg dipakai? Sekali lagi makasih ya mba.

Hesti HH. mengatakan...

@Tri : waaah dapat input niy...makasih ya mbak lain kali bikin pingin nyoba jugaaa

@Yachinda : sama sama mba...makasih jugaaa. Bisa banget mbak. Malahuntuk aroma memang hanya pandan yang dibutuhkan mbak...daun suji untuk warnanya tapi bisa dugantikan dengan pewarna hijau. Kalau pandan digantikan pandan pasta beda menurutku...rasanya yang asli lebih enak ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails