Minggu, 24 Juni 2012

Homemade Chewy Udon



Habis jalan jalan ke blog favoritku "Vivian Pang Kitchen" tergiur untuk bikin mie udon sendiri. Vivian memakai cara yang simpel dengan memberdayakan mesin gilingan mie. Aslinya adonan udon kan bikinnya pake kaki. Hahhhh?? iya bener! adonan dimasukkan ke dalam plastik ziplock lalu diinjak injak dengan kaki sampai didapat adonan yang lembut. Alasan menggunakan kaki adalah karena adonan udon ini keras sehingga kalau digiling menggunakan tangan nggak tau kapan bisa halusnya. Tapi berhubung ada gilingan mie...ya tentu saja lebih baik menggunakan itu. Iya kan??



Ternyata bikinnya lumayan simpel. Tapi mie yang aku bikin terlalu tipis malah penampakannya seperti kwetiau, hahaha. Ngga papalah...insyaAllah lain kali lebih baik. Yang penting tekstur kenyalnya dapat. Warnanya nggak seputih punya Vivian mungkin karena perbedaan merk tepung yang kami gunakan berbeda. Yaaaa secara beda negara ya...mungkin saja beda beda dikit ^^. Udonnya aku oleh dengan resep mie kuah yang simpel. Aku masak kuah menggunakan ayam kampung supaya kaldunya tidak amis. Ke dalam kuah aku tambahkan jahe keprek dan sedikit garam dan rebus lagi sampai daging ayam empuk dan kaldu gurih. Aku tambahkan juga jamur shitake yang sudah aku masak terlebih dahulu dan juga udang. Sebelum dihidangkan aku tambahkan bawang putih dan merica ulek halus untuk perasa. Terakhir aku tambahkan sedikit kecap asin dan minyak wijen. Cicipi bumbu kalau ada yang kurang tinggal ditambah saja. Wuiiiih, nikmatnya disantap panas panas dengan taburan daun bawang dan cabe bubuk. Supaya lebih seru lagi aku kasih sambel ulek dan jeruk nipis...hihi beneran kayak makan mie kuah.

Okey...untuk resep aku nyontek dari Vivian ya...aku ikut juga bikinnya setengah resep dari resep asli supaya habis satu kali bikin. Mie homemade memang lebih bagus dibikin dan langsung dihabiskan hari itu juga.

Bahan :
- 300 gr tepung protein tinggi (Cakra)
- 30 gr tepung tapioka
- 1 sdt garam
- 180-200ml air hangat (sekitar 50 C)

Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu dan tapioka dalam wadah. Larutkan garam dalam air hangat.
  2. Tuang air sebanyak 180 ml dan sisakan 20 ml kalau kalau nanti adonannya terlalu kering bisa ditambahkan.
  3. Aduk adonan sampai bergumpal. Adonan memang tidak akan halus dan kali. Teksturnya kasar tapi nanti setelah digiling berulang ulang dengan gilingan mie akan halus dengan sendirinya. Bagi adonan memjadi beberapa bagian supaya mudah digiling.
  4. Giling mulai ketebalan yang paling besar lalu ke nomor kecil. Sesuaikan ketebalannya dengan selera. Sambil menggiling tambahkan/taburi tapioka agar adonan tidak menempel di gilingan. 
  5. Setelah dililing simpan dalam loyang bertabur tepung tapioka. Tutup dan istirahatkan selama 3-6 jam. Setelah itu lipat dan potong potong menggunakan pisau yang tajam.
  6. Untuk memasaknya gunakan panci besar dengan air banyak. Kalau airnya kurang air mienya akan terlalu chewy. Biarkan air mendidih.
  7. Masukkan mie dan biarkan selama beberapa saat sampai mengapung di permukaan (sekitar 3 menit) setelah mengapung biarkan sekitar 2-3 menit hingga betul betul matang. Angkat dan tiriskan. Siram dengan air dingin masak.
  8. Mie udon siap digunakan untuk masakan mie kuah maupun mie goreng.

7 komentar:

Vivian Pang mengatakan...

We love the chewy texture of this noddles. 'fat' or 'thin' the texture still there :D sure goes well with any type of soup you like :)

serbakunyit mengatakan...

nice

Golden Florist mengatakan...

aku mau tanya, seberapa byk aku harus tabur tapioka supaya ngga lenegket pas aku potong. soalnya pas digulung untuk dipotong, aku susah buka gulungan nya. thank you.

Hesti HH. mengatakan...

Artinya masih kurang itu mbak. Ditabur secukupnya aja mbak sampai gak lengket lagi bawah dan atasnya.

Anonim mengatakan...

Mbak, ada tips n trik khusus ga kl ga pake gilingan mie? *soalnya ga punya
Makasih sebelumnya :)

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin bisa pake rolling pin dan digiling setipis mungkin tapi jangan juga terlalu tipis sampai transparan mbak. Dan jangan lupa taburan tepungnya yang banyak biar gak lengket.

Anonim mengatakan...

Kenalkan saya irma.
Kalau resep kuahnya bagaimana Mbak? Terima kasih

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails