Selasa, 06 September 2011

Ongol-ongol Durian



Waaaaaah...udah lama nggak ngeblog. Kangeeeen skalleee...hihi. Hari ini aku membuat ongol-ongol durian. Bikinnya mirip ongol-ongol biasa aja tapi ada tambahan duriannya...jadi pastilah lebih nikmat dan wangi. Ini favorit satu keluarga apalagi anak-anak. Mereka suka karena dimakan terasa kenyal-kenyal dan manis.

Bahan yang aku pake semuanya fresh. Sagunya pake sagu basah alias yang fresh belum diolah sama pabrik. Kalo di indonesia Timur sih mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Karena olahan makanannya banyak juga yang menggunakan sagu. Kelapanya juga aku beli kelapa utuh yang setengah tua. Aku kupas dan parut sendiri karena ingin mendapatkan hasil parutan yang kasar. Pokoknya bedalah hasilnya kalo diparut di mesin parut kelapa. Nggak terjamin juga hygenenya karena kelapa-kelapa di pasar tradisional sambung menyambung diparut dari pagi sampai sore...hiiiy kadang-kadang udah agak bau. Bukan karena kelapanya kualitas buruk tapi karena mesinnya nggak pernah dibersihkan. Tapi kalo pake kelapa kering lain juga aroma dan rasanya. Pokoknya enak yang fresh deh...^^




Source : Majalah Sedap

Bahan :

- 100 gr daging durian
- 200 gr tepung sagu
- 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 300 gr gula merah, sisir
- 1/4 sdt garam
- 3 lembar daun pandan

Bahan taburan :

- 200 gr kelapa parut kasar
- 1/4 sdt garam
- 2 lembar daun pandan

Cara membuat :

  1. Taburan : aduk rata bahan taburan. Kukus 15 menit sampai matang. Sisihkan.
  2. Larutkan tepung sagu di dalam setengah bagian santan. Sisihkan.
  3. Rebus sisa santan, gula merah, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Saring. Didihkan lagi.
  4. Masukkan durian. Aduk rata. Tambahkan larutan tepung sagu. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup. Angkat.
  5. Sendokkan ongol-ongol di atas bahan taburan. Gulingkan sampai terbalut rata. Kalau ongol-ongolnya masih berbongkah besar, potong-potong dengan pisau seukuran kecil untuk sekali lahap.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails