Kamis, 08 September 2011

Kue Dadar Sagu


Jajan ini biasa mamaku sebut sinole atau dadar tawaro (sagu). Tidak tahu asal pastinya dari daerah mana yang jelas dari Indonesia Timur. Rasanya khas karena terbuat dari sagu basah yang dicampur kelapa parut. Enak pokoknya.

Dulu...kalo mama lagi bikin, baru selesai diangkat dari wajan...anak-anaknya bergantian mondar mandir ke dapur ambil bagian. Naah anaknya ada 5, jadi bikin satu adonan aja kalo anaknya bolak balik 2 kali ditambah dengan bapak udah deh...langsung habis tak bersisa. Memang unik karena ciri khas kue berbahan sagu menghasilkan kue yang kenyal dan harum khas sagu. Nggak lengket walaupun dipanggang di wajan tanpa olesan. Setelah matang langsung ditaburi gula merah...dan masih di atas wajan digulung panas-panas lalu diangkat. Hmmm...jadi teringat masa kecilku...

Bahan :
- 200 gr sagu basah/segar
- 1/4 btr kelapa yang agak muda, kupas dan parut
- sedikit garam
- gula merah, sisir

Cara membuat :
  1. Beri sagu sedikit air, aduk-aduk lalu saring. Diamkan agar sagunya mengendap dan terpisah dari air.
  2. Buang airnya. Campur sagu dengan kelapa parut dan garam.
  3. Siapkan wajan dan panaskan dengan api sedang. Masukkan satu sendok munjung adonan lalu ratakan di wajan membentuk bulat. Biarkan matang. Beri gula merah. Gulung cepat lalu angkat.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

This dadar sagu bring back my childhood memories. Dl sering mkn yg spt ini cm ngga pake gula merah. Trus masaknya agak gosong sdkt. Wangi bener.... *miss my mom since i live very far from her right now*

Hesti HH. mengatakan...

Iya...samaan dong kita mbak. Para pecinta sagu ^^
Semga kalo pulang bisa dibikinin mama lagi ya...

Adi The best mengatakan...

Maksih atas informasinya sangat bermanfaat manisan kolang kaling

herbas mengatakan...

macam makanan pokok dari sagu ada di sini

Andolin Aryatni mengatakan...

Ngiler dahhh...
Sama kita mba pecinta sagu.. cuma biasanya kl sagu basah yang masih fresh, biasanya cuma di ayak pake tatakan panci yang bolong" tuh untuk nanak nasi(tradisional banget ya..) trus sagu yang d ayak kasar d campur dengan kelapa mengkal (disengajain ada potongan" gede dari kelapa), gak pake garam.. trus panasin wajan dan panggang sambil tekan" pake punggung jari.. biarin dikit" ada gosongnya, itu sensasi enaknya sagu.. beuhhhh gak perlu pake gula merah udah pasti masuk lancar jaya dperut.. sayangnya didaerah Manado (kota) susah ngedapetin sagu basah yg fresh..

Tirzsa B Mamonto mengatakan...

Tadinya penasaran banget sama sinole gulung setelah nonton acara Wonderful Indonesia Flavours di Asian Food Channel. Nyari resepnya di Youtube nggak ada, tapi syukurlah ada yang posting resepnya di blog ini. Thank you. :-)
Jadi pengen nyoba bikin sendiri juga.
Oh iya, sinole gulung ini asalnya dari Raja Ampat.

Hesti HH. mengatakan...

@Andolin : betuuuullll...walopun tanpa gula merah masuk ke perut dengan lancar jayaaaa ^^

Tirzsa B : ayo dibikin dan ditunggu reviewnya yaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails