Kamis, 15 September 2011

Burger Tuna




Anak-anak minta dibikinkan burger tuk bekal sekolah. Supaya nggak monoton kali ini aku bikin daging burgernya dari tuna. Bahan lain dan cara pengolahannya juga sama dengan burger daging. Cuman aku skip wortelnya serta tepung rotinya kulebihkan dikit biar baunya lebih wangi...

Hasilnya memuaskan. Adek suka sekali. Dia juga nggak tau kalo itu dari ikan tuna...karena rasanya ngga beda jauh, wanginya pas dipanggang pun mirip...katanya "Bu, teman-temanku di sekolah pada ngileeerrr..." hehe, duh senengnya. Oh iya roti burgernya juga bikin sendiri. Pake resep roti biasa yang dikurangi gulanya.


Bahan burger :
- 500 gr ikan tuna fillet, buang kulitnya dan cincang
- 2 buah bawang bombay
, cincang halus (aku pakai food processor)
- 1 butir telur
- 150 gr tepung panir
- 5 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica
- 1/4 sdt pala
- garam secukupnya
- 1/4 sdt gula pasir

Cara membuat :
  1. Panaskan margarin lalu tumis bawang bombay hingga layu. Dinginkan.
  2. Haluskan bawang putih, merica, pala lalu campurkan ke dalam daging. Tambahkan bawang bombay, garam, gula, tepung panir serta telur. Aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Bentuk bulat-bulat pipih, ukurannya sesuai selera. Letakkan di talam bersemir margarin.
  4. Panaskan oven sekitar 180 C. Sebelum dipanggang tuang sedikit minyak diantara daging burger yang sudah dibentuk, agar tidak cepat gosong, karena titik didih margarin tinggi.
  5. Panggang sampai daging berubah warna dan matang. Jangan sampai overcook atau garing.
  6. Siap diisikan ke dalam roti burger yang terlebih dulu dioles margarin dan dipanaskan sebentar di teflon.


6 komentar:

Nelson Absony Barus mengatakan...

tks atas tulisannya yang menarik, selanjutnya klo boleh saya ada pertanyaan mengenai penyimpnan kalo kita buat dalam jumlah banyak sebaiknya bagaimana supaya sewktu2 tinggal disajikan dgn roti burger .... tks

wassalam

Nelson AB

Hesti HH. mengatakan...

Saya selalu begitu Pak Nelson...bikin banyak dan di stok karena nggak mungkin habis dalam satu hari. Saya bungkus masing masing burger dalam plastik2 kecil dan masukkan ke dalam wadah kedap udara. Plastiknya menjaga kelembaban burger dan supaya gampang diambil nggak saling lengket satu sama lain. Wadah kedap udara supaya baunya tidak bercampur dengan makanan lain dan burger nggak kering. Ketika mau disajikan simpan di suhu ruang lalu bisa dipanaskan dengan sedikit mentega sebntar saja atau dimasukkan ke dalam rice cooker...

Anonim mengatakan...

mba mau nanya. kalau daging yang disimpan dalm suhu ruang yg udah mateng apa belum ?

Hesti HH. mengatakan...

Maksudnya yang udah matang mbak setelah keluar dari kulkas didiamkan sampai suhunya nggak beku lagi 'suhu ruang'baru dipanasin.

percetakan jakarta mengatakan...

keren

Catatan Kecil mengatakan...

Ijin simpan resepnya ya bun.. mau coba praktek, buat menyiasati si kecil yg kurang suka sama ikan. Terima kasih

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails