Sabtu, 30 Juli 2011

KBB #24 : Rich Chocolate Tart





Asyiiik...akhirnya tiba juga hari ini. Dapat email dari host KBB kalo kita udah boleh publish tantangan ke 24 KBB : Rich Chocolate Tarts.

Alhamdulillah...pengerjaan tantangan kali ini nggak ada kesulitan yang berarti. Selain itu aku juga udah beberapa kali bikin pie cokelat ini sebelumnya. Jadi lumayan terbantulah dengan pengalaman yang kemarin marin.

Tekstur dan rasa fillingnya memang bener rich. Dibanding buatanku sebelumnya resep ini yang paling enak. Tapi menurutku kulitnya terlalu banyak butternya. Karena biasa aku bikin perbandingannya 1:2 dengan tepung. Hasilnya kulitnya kayak kukis...dan teksturnya sangat beremah. Tapi secara keseluruhan...hasilnya memuaskan.





Gambar di atas aku ambil beberapa saat setelah keluar dari oven. Seakaan-akan pie ini kurang nyokelat aku tambahkan siraman ganache lagi. Padahal aku cuma mencari hasil akhir yaitu permukaan pie yang licin. Aku biarkan sebentar lalu aku foto. Soalnya ngejar waktu. Kalo kesorean bisa dijamin hasil fotonya kurang memuaskan...jadi kelihatan ganachenya belum set dan masih meleh-leleh. Di bawah ini gambar setelah 1 hari di kulkas. Toppingnya udah benear-benar set.


Resepnya aku copy dari KBB ya :

KBB#24: Rich Chocolate Tart
Sumber: Best Food: Desserts. The Australian Women Weekly.
Untuk 10 porsi

Pastry
- 185g tepung terigu
- 25g coklat bubuk
- 55g icing sugar mixture
- 150g mentega dingin, cincang
- 2 kuning telur
- 1 sdt air dingin

Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk FP, lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Panaskan oven, suhu sedang (moderate).

Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi2nya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sisinya, lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.

Chocolate Filling
- 4 kuning telur
- 2 butir telur
- 55g gula caster
- 80ml krim kental
- 300 DCC, lelehkan
- 1 sdt ekstrak vanilla (aku ganti vanilla pod)

Buatlah pastry, lalu turunkan panas oven hingga suhu rendah (moderately slow).

Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk, hidangkan.



Di atas adalah step by step pembuatan kulit pie...


Di atas adalah step by step pembuatan filling...dan hasilnya adalah di bawah ini. Karena loyangku cuma berdiameter 20 cm maka adonan yang sisa aku isikan ke cetakan pie mini.



Finally, ucapan terimakasih untuk duo host Ade Sri dan Rita Desy yang sudah bersibuk-sibuk ria nongkrongin dan mengolah laporan kita. Makasih juga buat Mbak Arfi...yang walaupun masih dalam suasana berduka masih tetap terus updated kabar terbaru... makasih mbak untuk challengenya, bener-bener menggali kemampuan kita dalam menghasilkan karya yang terbaik.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum...mb mo nanya kalo krim kental untuk bahan filiing bisa ga diganti susu cair atau yogurt atau buttermilk? btw, thanks ya mb dah share resepnya Shelly

Jogja Sleeping Bag mengatakan...

nikmat..

garda mc mengatakan...

Terima kasih mba untuk informasinya, saya akan coba resep ini dan share hasilnya ya. Ditunggu resep2 lainnya :)

D'Cannoli Pastry mengatakan...

assalamualaikum mba..300DCC dilelehkan apa ya maksudnya..? tq kerana berkongsi resepi :)

Hesti HH. mengatakan...

@Shelly, untuk rasa dan tekstur paling cocok krim kental mbak

@D'Cannoli : waalaikumsalam, DCC = dark cooking cokelat

Anonim mengatakan...

hai mba... itu yang panggang tanpa di tutup maksudnya pintu oven nya gak perlu ditutup gitu ??
trus gimana bisa tau kalo fillingnya sudah masak ?? makasih yaah mba.. mau nyoba resep ini..heheheh

Melly mengatakan...

Mbak sy sdh buat tart ini, enakkk bangettsss cuman mau nanya apa fillingnya seperti brownies yah mbak, karena tart sy kaya gitu atau mungkin sy kelamaan manggang, gimana caranya bisa tau klo fillingnya sdh set atau belum , terima kasih yach mbak sharing resepnya 😁

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : maksudnya kacang kacangannya itu gak usah ditutup lagi dengan alfoil atau kertas roti mba. Setelah 15 menit keluarkan kacangnya an lanjut lagi memanggang.

Hesti HH. mengatakan...

@Melly : memang begitu mba fillingnya. Taunya sudah set kalau permukaannya sudah tidak bergoyang lagi. Disesuaikan aja sama waktu panggangnya mba.

meri kusuma mengatakan...

Mb..icing sugar mixture tu apa ya..klo bole tau pake merk apah..tengqyu

Hesti HH. mengatakan...

Saya pakai gula halus aja mba....

iVan@-i!K mengatakan...

mba bisa tanya beli vanilla pod nya di mana ya?

Hesti HH. mengatakan...

Saya beli di Villa Domba Bogor mba via online

Rumah Moody mengatakan...

Mbak...kalau resep ganacenya gimana? Makasih sebelumnya

Hesti HH. mengatakan...

kalau ganache dari 100 ml krim kental dan 150 dark cokelat mba, panaskan krim jangan mendidih angkat lalu turunkan cokelat. aduk sampai licin

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails