Senin, 25 Juli 2011

Holiday Projects















17 Juni 2011 : memancing burung
Harusnya posting ini udah lama aku tulis. Berhubung ada satu project yang belum selesai akhirnya aku tunda-tunda. Tapi kalau mau ditunggu ngga tau juga kapan selesainya.
Pasti bingung kan??? hahaha iyalah. Liburan panjang kemarin kan kami sekeluarga nggak kemana mana. Jadi harus cari cara biar anak-anak nggak bosan. Biasanya kami menghabiskan waktu di danau tuk berenang dan bermain pasir, tapi berhubung anak-anak pada batuk pilek...kita di rumah ajalah tapi cari permainan yang menarik.

Nah salah satu projectnya adalah...mendokumentasikan burung liar besar yang biasa terbang di atas rumah. Kita cari-cari cara supaya burungnya mau turun dan singgah ke halaman. Akhirnya setelah berembuk *cieee* kita (aku dan anak-anak) memutuskan untuk menjadikan ikan lele hidup sebagai umpan. Apakah dia akan tergoda??? kita lihat aja nanti.
Ikannya kita taruh di ember besar dan di halaman terbuka dengan harapan burung yang lewat nanti akan melihatnya. Kata kakak "pasti lihat bu kan matanya burung elang dan rajawali tajam sekali...". Eeeeh di luar dugaan ikan lele umpannya lompat ke tanah dan mulai merayap di rumput...dan tepat saat itu juga si burung lewat. Langsung deh kita pada berlarian ke dalam rumah tuk bersembunyi. Dari balik jendela kamar kita bertiga mengintip dan harap-harap cemas agar si burung mau singgah.

Pertama burungnya singgah dulu di pohon besar dekat rumah, habis itu singgah di pohon mangga di halaman rumah habis itu turun ke pohon jambu yang paling rendah. Setelah memastikan tidak ada gangguan si burung langsung turun ke tanah dan menyambar ikan. Tapi sebelum terbang dia tiba-tiba melihat ke arah kita yang bersesak-sesakan di jendela...hihi. Emang minta difoto kali ya....bergaya dulu sebelum lepas landas.



Alhamdulillah hari itu anak-anak senang sekali. Bener-bener worth it ! mulai pagi-pagi bareng anak-anak ke pasar cari ikan hidup tuk umpan. Siangnya...si burung *ngga tau nih elang ato apa ya* sudah berhasil melahap umpannya. Okeyyy...first project done !!


21 Juni 2011 : camping

Project hari ini adalah camping di halaman rumah. Anak-anak dari pagi sudah bersemangat. Sebelum berangkat kerja, hubby cari lokasi yang cocok dan mulai memasang tenda. Yang nggak terlalu panas...alias di bawah pohon aja.


Hihihi...si adek langsung ambil posisi. "Foto aku bu...!" memang anakku yang kedua ini minatnya agak beda dengan kakaknya. Kalo kakak suka baca dan permainan yang melibatkan otak, adiknya suka permainan alam dan yang melibatkan fisik. Suka menggambar, bantu ibu di dapur...dst dst ...


Baru sebentar saja aku tinggal, pas datang lagi tuk melihat apa yang dikerjakan anak-anak...weleh-weleh...semua isi kamarnya sudah berpindah ke dalam tenda. Bener-bener nih bocah... . Kebetulan ibu habis bikin kue.."anak-anak snack time....!"


22 Juni 2011

Hari ini anak-anak masih main di tenda. Palingan kalo bosan *yang paling sering sih kakak* masuk ke dalam rumah dan menonton TV....
Tiba-tiba air rintik-rintik mulai berjatuhan dari langit. "Waaa...hujaaaaannnn, asyiikkk!" teriak si adek. karena ingin merasakan pengalaman berkemah sambil hujan-hujanan...masuklah kita bertiga di dalam tenda. "Gimana dek...asyik nggak?" tiba tiba setelah sekitar 15 menit di dalam tenda...terasa rembesan air dari sudut tenda. Waaahhh bocooooor...! si adek langsung meluncur ke dalam rumah mengambil lap...dan lansung membersihkan bagian yang basah. "Udahlah dek, rembesan air itu nggak ada abisnya, nanti kalo hujan berhenti baru deh berhenti juga." "Nggak papa bu, aku suka ngelap kok..." yah udahlah memang dia menikmati...lihat aja gambar di bawah...

Akhirnya hujannya reda juga. Aku segera melanjutkan pekerjaan rumah tangga, dan anak-anak melanjutkan bermainnya. Heraaaan deh...setiap aku cek *ngintip dari balik jendela rumah* ada saja barang-barang yang berpindah keluar. Keset lah, kursi lah, ember dengan airnya...*katanya buat cuci kaki...biar tendanya nggak kotor, hehe*



Ini, kakak lagi ngapain yah...*bingung*...payung-payung udah pada keluar...


Walaupun bukan camping beneran alias nggak bermalam di dalam tenda,...tapi cukuplah untuk memuaskan jiwa petualang anak-anak. Pernah sih bermalam di tenda cuman 1 hari. Mereka senang dan masih mau menginap lagi...tapi aku dan hubby nggak bolehin. Tendanya kan kecil...cuman muat buat 2 orang kalo posisi tidur...jadi nggak mungkin aku temani bermalam di tenda. Di sini walaupun daerahnya cukup aman, tapi masih sering berkeliaran binatang-binatang liar. Yang paling aku kawatirkan adalah ular dan babi hutan. Belum lagi lipan, cacing, semut dan sebagainya. Hasilnya...pada saat anak-anak tidur dengan nyenyaknya di tenda...eeeh akunya yang gak bisa bobo. Malah dapat kerjaan baru...sebentar-sebentar keluar rumah buat ngecek anak-anak. Malam yang melelahkan...!
Project number 2 done....!

05 Juli 2011 : Visiting Nursery

Anak-anak senang sekali...karena ada omnya datang berkunjung, maunya nempeeeel aja terus sama Om Ruli. Hari ini kita rame-rame ke nursery. Tempat pembibitan tanaman dan pemeliharaan anoa (binatang khas Sulawesi Selatan) dan rusa. Oh iya dan ngga lupa ada 'mining park'nya juga. Di situ ada alat-alat (mining) besar yang nangkring....

Lihat si adek...senangnya bermain air. Kebetulan waktu itu alat penyiram tanaman secara otomatis baru bekerja. Basahh deh...



Okeeeey...we're having a great time. Project number 3 done !



09 Juli 2011
: Making Cookies

Hari ini kita mau bikin kukis hias glasur. Resepnya yang simpel aja. Kukis lemon poppyseed.

Adek sementara mixer adonan. Abis itu masukin tepung...kakaknya yang ngaduk.

Kakak menggiling adonan dan sama-sama nyetakin pake cutter.

Mimiknya adek serius sekaliii bo'...ngoles-ngolesin telur dan masukin ke oven.

Setelah matang, dihias dengan glazur. Dan hasilnya....taraaaaa! Yah dibandingkan dengan hasil karya anak perempuan ya kalah cantiklah. Tapi lumayan usahanya...yang penting happy!


Project number 4 done!
Lanjut project berikutnya. Siangnya kita rame-rame cari ulat di pohon jeruk belakang rumah. Hasilnya dapat 3 ekor *emang ulat ada ekornya ya ? *. Kita masukin dalam kotak sepatu yang depannya dibolongin, dikasih plastik cling wrap dan dilubangin dikit buat udara. Niatnya kita mau lihat proses metamorsfosis kupu-kupu.

Berikutnya lama nih prosesnya...harus dicek setiap hari.


07 - 22 Juli 2011 : Metamorfosis Kupu-kupu




Karena pada saat ditaruh di kotak sepatu dan ditempatkan di teras rumah ulat2nya menari-nari digigitin semut. Akhirnya aku pindahin lagi balik ke pohonnya. Kan gerak ulat lambat tuh, jadi tetap bisa dimonitor tiap hari...walaupun kadang kehilangan jejak karena warna ulat dan pohonnya sama...xixixi.

Dibanding kemarin-kemarin...ya sekarang udah lumayan besar ukurannya. Kulitnya juga tidak selicin seperti waktu pertama kali kita temukan.


Nah...ini udan besar sekali. Kelihatan jelas kaki-kakinya berpegangan di pohon. Bayangkan kalo menjalar di tubuh kita....yyaaaiiits...geli deh !!


Pemonitoran ini berlangsung setiap hari. Setiap hari anak-anak pulang sekolah singgah dulu melihat ada nggak perkembangan yang berarti sama ulat bulu peliharaannya *apa siih*. Tapi foto yang aku ambil adalah foto perkembangan ulatnya yang nyata. Jadi nggak tiap hari difoto. Kalo berubah aja...ini berlangsung sekitar hampir sebulan.

Kayaknya ulatnya udah mulai ambil posisi nih.




Kedua foto berturut-turut di atas adalah perubahan yang terjadi dalam 1 hari. Dari ulat dan menjadi kepompong. Hanya dengan sehelai benang yang halus ulat ini bergantung. Hebat ya...maha suci Allah yang telah menciptakan.

Nah project ini belum selesai...masih tunggu kepompongnya berubah jadi kupu-kupu. Jadi tunggu cerita selanjutnya ya...project number 5 still in progress!

11 Agustus 2011
Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu datang. Walaupun aku nggak lihat pas kupu-kupunya berusaha keluar dari kepompongnya tapi setidaknya aku masih sempat melihat lepas landasnya yang pertama.


Lihat itu bekas kepompong yang udah kosong di sebelah kirinya. Kupu-kupunya lagi menyiapkan tenaga agar sayapnya kuat untuk terbang. Walaupun aku mondar mandir di belakangnya dia ngga juga terbang karena memang belum siap. Ini pertama kali aku dapati pagi-pagi sebelum mengantar anak-anak ke sekolah. Iseng-iseng aku cek ternyata kupunya dah keluar...anak-anak berteriak kegirangan tapi cuman bisa lihat sebentar karena mau berangkat sekolah.

Sudah mulai mengembangkan sedikit sayapnya.


Tepat jam 2 siang...layarnya sudah terkebang lebar *capek juga bolak-balik rumah halaman hanya tuk melihat kupu-kupu...hehe*. Tapi worth it selama ini penantiannya. Kupu-kupunya cantik dan sama sekali gak memiliki warna dari ulat yang kemarin.


Akhirnya sebelum kameraku siap...eeeh kupu-kupunya udah terbang duluan. Ya wes lah, yang penting sempat dapat fotonya dari jauh...bye..bye...butterfly...!

Okey...akhirnya proyek terakhir selesai...!

6 komentar:

nickeJJ mengatakan...

Hestiiiiii......like very much your report !!!!
kayanya ngerasain ramenya melewati seluruh project !
itu biasa teteh kerjain (masa kuliah ketika harus mengantar sepupu2 liburan)..cuma ya ga bisa seserius ini..! kalo di kota kan mentok jalan2 ke seluruh museum yang ada, yang minim perawatan(sedih dehhh)
enjoy banget bacanya...suka inegt dulu..masa kecil anak2 tth kerja..jadi ngelewatin golden year nya...balik lagi susah..anak2 tth sekarang sudah ngebentuk sendiri...

Hesti HH. mengatakan...

Makasih teteh...aku gak nyangka kalo ada yang suka baca. Soalnya panjang sekali...kirain membosankan.

Memang sih teh di kota ada kekurangannya...tapi lebih banyak lagi kelebihan. BAnyak sarana hiburan dan belajar untuk anak-anak, dan nggak lupa banyak tempat kursus buat ibu-ibunya...*wink*

Maaf ya teh, jadi sedih. Ayo ke Sorowako aja...!

khori bawani mengatakan...

assalamualaikum.......... salam kenal mbak dari turen...... semua konten blognya sangat menginspirasi, termasuk proyek liburannya............. sukaaaa bgt... :-)
mbak hesti menantunya lek imam n lek yul yaaaa.....

Hesti HH. mengatakan...

Walaikumsalam...salam kenal jg mbak Khori,
Makasih ya dah mampir. Iya saya menantu bapak Imam kebetulan beliau dan ibu baru liburan di sini selama seminggu, foto fotonya menyusul di blog yaaaa

novalind johan mengatakan...

Sambil nunggu mbak Hesty balik dari liburan ke malang, saya mondar mandir di sini sambil baca2. Nyampe sini, seneng banget baca nya !! Ikutan semangat seolah2 terlibat didalam cerita nya. Heheee..di jakarta mana bisa liburan begini mbak, senang nya anak2 mbak Hesty. @.@

Hesti HH. mengatakan...

HAhahahaaa....saya ngebayangin sambil senyam senyum sendiri mbak ^^
Beneer mbak, alhamdulillah banget dapat rezeki tinggal di sini. Jadi mumpung....

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails