Selasa, 19 Juli 2011

Sop Ubi



Karena ngiler lihat postingannya Teh Nicke 'cassava soup', akhirnya aku bikin juga sop ubi tapi yang ini versi Makassarnya. Sama-sama pake singkong tapi bahan lainnya beda. Pasti banyak yang heran ya kalo aku bilang sop ubi. Soalnya kalo di Jakarta ubi identik dengan ubi jalar. Sedangkan di Makassar ada dua macam ubi. Ubi kayu *alias ketela alias singkong* dan ubi jalar...

Sop ini adalah sop berkuah bening yang gurih dari kaldu daging. Bumbunya minimalis kayak bikin sop biasa. Yaitu bawang putih dan merica. Ada juga yang suka menambahkan sedikit kemiri. Pokoke suka-suka aja.

Isiannya ada soun, potongan daging, toge, kacang goreng, ubi goreng, dan telur. Penyajiannya di beri kecap, sambel dan jeruk nipis serta taburan daun bawang dan seledri. Rasanya yang khas adalah sumbangan dari aroma ubi goreng...pokoknya kalo cuaca dingin, paling enak nih makan ini.


Tips : untuk mendapatkan hasil yang maksimal singkongnya harus yang kualitas bagus alias nggak keras. Kalo dapetnya yang keras singkong bisa direbus terlebih dahulu baru digoreng.

13 komentar:

Miss 'U mengatakan...

Yummy.... *ngeces*
Pernah lebaran tahun lalu bos yg asli makassar bikin ini di rumahnya sebagai jamuan utama, tapi penyajiinnya semua terpisah mulai dari sop dagingnya, ubi goreng, daun-daunan, bawang goreng sampe kacang gorengnya,jadi nyampur sendiri di mangkok masing2... Temen2 yang orang sini (samarinda) pada heran ini masakan apaan kok dimakannya pake ubi...
sy mah sangat sangat menikmati.... hehehe... :D
menurut sy ini jenis masakan yg ringkas namun nikmat, karena peran utama dipegang sama si sop daging :D

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...beneeer sekali mbak. Kalo di warung sop ubi udah disajikan tercampur. Tapi kalo untuk acara kayak arisan, pengajian, dsb disajikan terpisah-pisah. JAdi ngambilnya sesuai selera masing-masing...enak deh apalagi kalo kuah sopnya dikasih tulang....hmmmm

nickeJJ mengatakan...

hadeuuuuh....lagi naek komidi puter sekitar jajan tradisional mu Hesti...aduuuuh kaya nemu "surga jajan pasar"...pengen buat semua ! besok ada pesenan Tampah jajan pasar...begitu selesai archive jajan tradisional, balik ke beranda..hihihi, ada nama ku di sebut...malu neng, ga seberpa sama dikau yang serba bisa...!!(nuhun ah...)
Hesti...kalo pengen buat Kue Ku..tapi ga ada cetakannya ..ada ide ga yaa...pake apa ?

Hesti HH. mengatakan...

Hihihi....puyeng nggak teh naik komidi putarnya???

Ya iyalah tribute to teteh Nicke yang udah kasih inspirasi...secara udah lama pingin buat tapi pas lihat postingan teteh jadi tambah ngiler dech...makasih ya teh...

Kue Ku bisa dibentuk mawar loh teh. Aku lihat di Buku keluaran Sedap "Kue Tradisional Modern". Caranya setelah diisi, kue ku dibulatin abis itu dijepit2 pake jepitan untuk kue (kayak pinset tapi ujungnya pipih), dimulai dari luar ke dalam...hasilnya cantiiikkkk...

nickeJJ mengatakan...

Ohhhh....gitu yaaa...kebayang tadi sih dibikin kaya bunga, tapi alurnya akan lebih jelas kalo pake si penjepit itu yaa...(sayang ga punya..!) pesennya ngedadak siih..tadi baru kursus digilat imaging..jadi ga sempet ngapa2in...ntar cari akal deh..Thanks ya neng...selalu sehat untuk semua disana...amiiin

Hesti HH. mengatakan...

Waaah asyik tuh digital imaging *mupeng*
Bisa juga dibikin aneka bentuk buah or sayur (kayak jajanan khas Thailand). Tinggal dikasih pewarna. Di majalah sedap banyak bentuknya...ada cabe, wortel dan lain2.

Makasih juga teh doanya...semoga teteh juga bisnisnya lancar dan selalu diberkahi kesehatan dalam menjalankannya...

Mely Frederica mengatakan...

mba hesti yg baik hati..:) kalo sambelnya cocoknya sama sambel apa yah?

Hesti HH. mengatakan...

Yang simple aja mbak cabe rebus sama garam...diberi sedikit kaldu sopnya.

Dhian Wugi mengatakan...

Mba Hesti.. Bagi resep bumbunya bisa?. Makasih

Dhian Wugi mengatakan...

Mba Hesti,, minta resep bumbu kuahnya bisa?? Makasih mba...

Hesti HH. mengatakan...

Maaf Dhian baru sempat balas. Kemarin habis cuti ke Makassar. Bumbunya cuma bawang putih merica kalau saya. Tapi ada juga versi lain yang pake bawang merah dan sedikit kemiri. Rasanya enak juga...sesuai selera saja ^^

mpuss den mengatakan...

mbaaaak Hesti yg ini ciee bikin resep'a versi mbaaaak ... :(
tar Den share di fp Selera
ahha ... :D :D

Hesti HH. mengatakan...

Semoga enaaaaaaaak yaaaa Den ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails