Selasa, 19 Juli 2011

Chocolate Melt Brownies Agogo


Naaaaaah...akhirnya jadi juga aku bikin melted brownies ini. Udah lama mau bikin tapi tertunda terus dengan resep-resep yang lain...hehe. Resep ini aku dapat ketika sedang blogwalking di mbak Camelia. Resepnya Mbak Yenny Agustin ini lumayan terkenal lho...udah banyak yang coba dengan review hasil yang memuaskan.

Bayangkan...seakan-akan brownies ini kurang nyoklat pake ditambah dengan taburan couverture atau dark cokelat lagi di tengahnya. Jadi pada saat dipotong...melelehlah cokelatnya. Wuiiiih...nyokelat abiiis !! layak dicoba deh. Di gambar kelihatan 2 warna cokelat yang berbeda. Karena cokelat couvertureku tinggal dikit jadi aku tambahkan potongan dark cokelat.


Setelah dipanggang... lihat hasilnya...tapi tetep belum sama dengan tekstur browniesnya mbak Camelia yang lembut dan dense. Kayaknya aku kebanyakan ngaduk-ngaduknya deh. Dan juga kelamaan manggang. Sekitar 30 menit soalnya pas 20 menit masih goyang-goyang permukaannya. Jadi dengan ragu-ragu aku tambahkan lagi 10 menit.


Tapi secara umum hasilnya udah enak kok. Cuman gulanya aku kurangin. 125 gr aja udah manis sekali apalagi kalo 150 gr ya...


Source : Yenny Agustin
Bahan :
- 150 gr gula kastor (aku pake 125 gr)
- 100 gr terigu protein sedang
- 100 gr mentega
- 100 gr dark cooking chocolate (kalau mau lebih nyoklat bisa sekitar 125 - 140 gr)
- 2 btr telur
- kacang almond panggang (aku pake kenari)
- 1 buah vanili bean, kerok isinya
- 75 gr kacang kenari

Cara membuat :

  1. Lelehkan mentega dan dark cooking chocolate sampai lumer.
  2. Tambahkan gula, aduk sampai rata, masukkan telur, vanilli, aduk rata.
  3. Masukkan terigu dan terakhir masukkan kenari yang sudah dipanggang. Aduk rata.
  4. Siapkan loyang brownies yang sudah dioles mentega dan dialas kertas roti.
  5. Tuang setengah adonan kedalam loyang, lalu tata coklat couverture kepingan diatas adonan, lalu tutup dengan sisa adonan.
  6. Panggang dengan panas oven 200 C selama 20 menit.
  7. Diamkan sebentar, potong-potong dan sajikan hangat.


37 komentar:

Novi Haryono mengatakan...

Suka buanget ma blognya mbak... sangat inspiratif... da gitu resep-resepnya pun keren-keren...
btw, mau tanya donk mbak... mbak kan tinggal di Soroako... kalo belanja bahan-bahan kue dimana??? kayak coklat couverture, coklat mint... dll...
Saya tinggal di Makassar tapi uda keliling2 mall kok gak dapat ya bahan-bahan seperti itu...

Hesti HH. mengatakan...

Hallo Nov, salam kenal...makasih yah udah berkunjung.

Iya memang saya tinggal di Sorowako tapi beli bahan2nya dari toko Vi&Vi Makassar yang berdekatan dengan Alaska. Pasti tau deh...dan di sini juga ada toko kecil biasa yang menjual bahan kue dari Vi&Vi. Jadi kalo ada bahan kue yg ngga ada kita bisa pesan sama orang yg punya toko minta dibelikan ini dan ituuu...

or, kalo lagi cuti ke Makassar langsung deh hunting dan borong bahan kue di Vi&Vi atau Baji Pamai. Sisanya sih beli di supermarketnya ekspaktriat di sini...lumayan lengkap dan banyak bahan kue import...

Novi Haryono mengatakan...

Wuaaah... thank you buanget mbak infonya... setres ni cari bahan kue di carefour, hypermart n lotte pada gak lengkap...
Toko Vi&Vi n Baji Pamai lokasinya deket Alaska ya??? tokonya buka sampe malam gak??? Maklum mbak... saya orang baru di Makassar jadi belum terlalu tau lokasi... hehehhe

Hesti HH. mengatakan...

Toko Vi&Vi yang dekat Alaska ada papan namanya besar di luar. Kalo Toko Baji Pamai di belakang Gelael. Yang pasti sopir taxi atau tukang becak ditanyain tau semua tuh...okey deh, good luck ya! happy hunting...!!

Kalo bukanya saya juga nggak tau kalo sampe malam karena nggak pernah belanja malam...hehe

Gorakazenzero mengatakan...

Mbak Hesti mau tanya lagi donk.. (duch maaf ngerepoting buanget yak???)
coklat couverture itu bentuknya kayak apa??? apakah coklat couverture itu yang biasa orang bilang coklat dolar??? barusan dari hunting di Vi&Vi tapi kok gak ada yak??? tanyak petugasnya juga... mereka gak ngerti..

Hesti HH. mengatakan...

Ini aku copykan keterangan dari Mbak Emma NCC ttng cokelat couverture ya..

Couverture lokal : Collata (bentuk blok kemasan 1 kg), dan Tulip (bentuk coin (easy melt), stick, choc chips dalam kemasan karton dan blok dalam kemasan 1 kg). Kalau di TBK easy melt, stick, chips bisa dibeli eceran/ons, tapi yang blok biasanya per kemasan/kg.

Couverture import, Carma, Callebaut, Belcolade, Cacao Barry, Lindt, Valrhona, Hersey, rata2 dikemas min 2 kg atau 2,5 kg. Choc impor yang banyak beredar di sini adalah couverture choc, tapi ada jg compound choc yang impor (selbourne dr Malay).

Paling gampang membedakan couverture atau compound..liat komposisinya aja yang biasa ada dikemasannya, kalau mengandung cacao butter berarti couverture (diatas 30 % cacao butter), tapi kalau mengandung lemak nabati/veg fat berarti jenis compound choc.

Jadi intinya lihat aja kandungannya ya. Kalo nggak mau susah pake cokelat compound juga nggak apa2 kok. Itu resep yg di atas aku campur yang bulat sama potongan collata compound. Kalo dollar yang dibungkus kertas metalik itu ya??? lain lagi kayaknya bukan couverture...
Nggak masalah kok pake compound...tetap akan leleh juga.

Novi Haryono mengatakan...

Duch makasih mbak infonya... maaf merepotkan...

Anonim mengatakan...

Mba,klo 1 resep ini unt loyang uk brp ya?tq

Lina

Hesti HH. mengatakan...

loyang brownies 10x28 cm atau yg seukuran

ika mengatakan...

ini g apakek di mixer ya mbak...cuman diaduk palakai spatula kan?? TQ :)

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak Ika pake spatula atau whisk saja.

cha mengatakan...

mbaaaa, td saya sdh coba ini resep... di panggang 20menit suhu 200C... karena masih kurang yakin saya tambah 5 menit.... trus selesai.. mulai di keluarin dan d tunggu agak dingin spy bs di potong.... dan ternyata.... pinggir kanan kiri sih ud matang... tp di tengahnya lembeeeek alias blum mateng..... hik hik... yasud saya panggang lagi 10menit, agak set sih... cuman ya tetep makannya mesti pake sendok krn meltednya bleber... gmn ini mba, salah saya d mana ya? makasih

Hesti HH. mengatakan...

Kalau nggak mau mleber tunggu sampai dingin baru dimakan mbak. memang brownies itu biasanya lebih set kalo sudah dingin. Adapun kalau brownies melted ini di tes tusuk memang biasanya masih basah karena dari cokelatnya yang meleleh ketika panas. Kalau brownies biasa dites tusuk nggak perlu tusuknya kering sekali. Biasanya masih ada crumble dikit yang lengket tapi tidak basah. Itu artinya dah matang. Panas oven juga bisa mempengaruhi mbak karena tiap oven beda panasnya. Mungkin oven mbak butuh waktu lebih lama.

QUQISQU mengatakan...

Aku dah coba mbak untuk terigunya aku pake 75 gr+25 gr van houten bubuk ,,sm ku + wisjman dikit jadinya lekker,,mks ya mb hesti dah mw share resep"nya :)

Anonim mengatakan...

ASsalamu'alaikum. maaf mbak, klo ygtoko kue baji pamai itu tepatx di jalan apa ya mbak hesty?

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum. maaf mbak hesti, toko kuebaji pamai itu teptx di jalan mana ya?

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, Di jl. Ranggong no 8 mbak...

Anonim mengatakan...

Assalamu'alikum mbak hesti, salam kenal

Aq sering bgt intip2 resep2 di blog ini :D udah beberapa resep ny mbak, udah q coba hasil ny lumayan, thnx y mbak :)
Mo nanya dong, klo ngaduk ny pke spatula kira2 berapa lama ya?? Sampe mengembang atau sampe tercampur rata aja mbak??
Makasih sebelumny

Astri

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam... salam kenal mbak.

Sebentar aja mbak, asal kelihatan nyampur aja. Mungkin satu menit aja.

ISTI INDRIATI mengatakan...

Mb Hesti.... vanili bean itu apa ya? kalo g pake itu gmn?tq :)

ISTI INDRIATI mengatakan...

Mb Hesti....vanili bean itu apa ya? Kalo g pake itu ato d ganti yg lain bs g?tq :)

Hesti HH. mengatakan...

Itu buah vanili aslinya. Pakainya dikeruk isinya, kalau gak ada pakai vanili bubuk bisa

Anonim mengatakan...

mba yg coklat kepingan itu mba pake yg milk atau dark yh?yg kepingan easy melt itu merk tulip bukan?

lenny tio mengatakan...

Mba hesty, barusan saya nyoba resep ini. masih bingung sama hasilnya. kog gk seperti review ya. saya pake loyang 10x26. hasil jadinya tinggi cuma skitar 2cm saja. trus kalo dipegang pake jari, terasa agak keras disisi luar. tp kalo dimakan, bagian luar trasa renyah, dlm agak padat.

trus waktu mengaduk adonan. stlh mentega dan dcc lumer, kan masih panas lgsg saya masukin gula. aduknya hrs brp lama ya? soalny saya aduk' gulanya mmg blm mencair ya, masih bentuk pasiran. stlh saya tambahin telur jd adonan terasa kental dan sdikit lengket spt cairan gula kental gitu.

benernya itu bagaimana yah mba...mohon petunjuknya ya mba..
sorry ya kebanyakan nanya ^^
terima kasih ya sebelumnya

Salam

Hesti HH. mengatakan...

Saya pake yang dark mbak. Maaf lupa merknya dulu beli dalam kemasan.

Hesti HH. mengatakan...

Untuk memudahkan mengaduk supaya tdk lama gunakan gula kastor atau gula yang butirannya halus atau bisa juga diblender aja mbak.

Memang brownies ini agak padat karena tidak menggunakan bahan pengembang. Walaupun padat dalamnya seharusnya gak keras tapi agak lembab gitu mbak.

ranti mengatakan...

mba hesti, itu coklat couverturenya selama dipanggang emang nggak turun ke dasar adonan ya? soalnya dulu aku pernah mau bikin coklat lava malah bawahnya coklat lumer bukan di tengahnya mba.

Hesti HH. mengatakan...

Kalau dilihat di gambar kelihatan tetep di tengah tuh mba. Mungkin tegantung adonan browniesnya. kalau adonan lebih encer maka cokelat akan turun semua ke bawah...tapi kalau adonan lebih kental makan dia akan tetep di tempatnya ^^

Anonim mengatakan...

Kalo brownies ny kukus gmn mb?

Hesti HH. mengatakan...

KAyaknya sama aja mba...tapi kalau dikukus sebaiknya pakai resep brownies kukus karena kalo versi ini akan bantat karena memang brownies itu cake bantat kan mba

Anonim mengatakan...

Mau tanya mba hesti, coklat couveture belinya di toko apa di makassar? Dan apakah mba hesti jg tau dimana saya bisa membeli mentega putih "merk Filma" thanks mba

Hesti HH. mengatakan...

DI Vi and Vi kalau ngga salah mba...yang bentuknya kayak kancing

Kalau mentega putih merk Filma belum pernah ketemu tuh mbaa

ayu mulyasari mengatakan...

Mba,, coklat couverturenya pakai brp gram?trus satu resep ini bs utk loyang 30x10 gak mba?
Makasih

Vonny Indrawaty mengatakan...

Kereeennn.... thx resepnya yaaaa......

Riah Yunindawati mengatakan...

Aku lg manggang nih mbak...semoga hasilnya bagus. Thanks sharing resepnya ya mbak.

Rayya Yusuf mengatakan...

Malam mbk hesti, mbk aq nyoba bikin kok bantat bgt ya mbk? Kira2 yg salah apa ya....

Hesti HH. mengatakan...

@Ayu Mulyasari : dikira kira saja mba sampai bagian tengah terisi tanpa menumpuk. Bisa untuk loyang 30x10cm

@Vonny : makasih jugaaa

@Riah : good luck yaaa

@Rayya : maaf mba brownies itu mmng lebih padat daropada cake biasa. Saya kurang pahan bantat yg mba maksud bagaimana...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails