Rabu, 27 Juli 2011

Windmill and Cream Horn Pastry




Huaaaaah....what a day !! capek buanget nget. Setengah hari berkutat di dapur bikin pastry. Lumayan makan waktu ya...soalnya keluar masuk kulkas sampe 3x. Tangannya juga lumayan gempor dipake menggilas adonan berulang ulang. Harus pake tenaga dalam nih...hehe. Sorenya aku bantuin teman bungkusin kuah cuko empek2 sebanyak 200 bungkus untuk bazar besok.

Tutorial cara membentuknya silahkan lihat di Joe Pastry. Di situ semua jenis pastry you can imagine ada dan lengkap dengan step by stepnya. Cuma yang aku contoh modelnya dia pake resep danish pastry sedangkan aku pake resep puff pastryku. Gak papa kan? bagus juga hasilnya...tapi lain kali aku mau coba resep puff pastrynya yang pake full butter. Untuk sementara aku masih pake pastry margarin yang jelas-jelas kalah rasa dan aroma dibanding butter.

Untuk step by step pembuatan adonan kulitnya di bawah ini. Semoga uraianku tidak membingungkan yaa...

Setelah adonan diistirahatkan di kulkas, mulailah menggiling di atas tempat yang sudah ditaburi tepung. Giling memanjang.

 
Oles 2/3 bagian adonan dengan pastry margarin/korsvet/butter beku. Sisakan space sekitar 1 1/2 cm di sisi sisinya kosong, agar korsvet tidak mudah bocor ke samping. Lipat bagian yang tidak terkena korsvet ke tengah. Bersihkan tepung yang menempel dipermukaan. Bungkus plastik dan simpan di kulkas 15 menit.


 
Kelarkan dari kulkas. Lipat lagi sisa adonan ke tengah menutupi bagian yang plain (lipatan single). Balik adonan. Bagian yang menutup seperti buku selalu menghadap ke arah kita. Selalu bersihkan tepung yang ada di permukaan adonan. Lalu simpan di kulas 15 menit.


 
Giling lagi dan lipat dengan lipatan single. Ulangi proses ini 2x lagi. Setiap selesai simpan di kulkas. Ini dimaksudkan untuk mengistirahatkan glutennya sehingga lebih gampang digiling.



Lipatan terakhir akan menghasilkan layer yang banyak dan tipis seperti gambar di atas.


32 komentar:

Me mengatakan...

Pastrynya cantik banget mba, salam kenal ya

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...makasih ya udah berkunjung. Salam kenal juga ^.^

nuke mengatakan...

Mbak, 'contek' resep dan step by step pastrynya ya....buat latihan dirumah, makasih mbak hesti :-)

Hesti HH. mengatakan...

Makasih juga udah berkunjung. Silahkan dicopy resepnya ya...semoga berhasil!!

xocolatl mengatakan...

hai mba.. makasih banyak udah berbagi ilmu...

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama, semoga bermanfaat ya...

Anonim mengatakan...

thanks ama resep" nya yah mba..^^
jazaakillqhu khoir wa Baarokallohu fiik

Fikrisu mengatakan...

nice article, very helpfull & usefull. Wah bermanfaat sekali nich resep windmill cream horn pastry nya, ijin nyoba yach. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck....

Anonim mengatakan...

makasih bagi2 ilmunya mbak ^^

Anonim mengatakan...

Mba hesti boleh nanya ƍα' ? Boleh yaaa... Heheee
Pas tahap terakhir pembuatan kulit pastryny itu tebal2 gitu ya dimasukin kefreezer? Tebalnya itu krn dilipat άpª memang nanti hasilnya langsung tebal gr krn ngembang? Trus kalo mau dipakai tinggal dipotong2 trus digiling lagi ya? Sblmnya makasih ya mba hesti..

Hesti HH. mengatakan...

iya mbak, emang dilipat lipat kan jadi tebal. Ini lipatan terakhir sebelum digiling lagi untuk ngebentuk bentuk sesuai keinginan. Kalo puff pastry nggak terlalu ngembang dibanting danish pastry mbak. Tapi nanti ngembangnya di dalam oven.
kalau mau dipakai digiling dulu baru dipotong potong, bukan sebaliknya.

Kecuali kalau mau dibagi dua adonannya bisa baru kemudian masing masing digiling.

melya mengatakan...

salam kenal mba hest...waaahh ternyata bisa pake butter ato margarin ya..aku dah lama banget pingin coba bikin pastry tapi ga nemu2 korsvet.. perlu dicoba niy...makasih atas pencerahannya mba..
oiya itu lipatan single maksudnya gmn ya mba? masih blm ngerti :D

melya mengatakan...

hooww..maksudnya lipatan single tuh digulung2 glundung ya mba..halah bahasa apa itu*

Hesti HH. mengatakan...

Lipatan single maksudnya setelah digiling memanjang adonan dilipat yang kiri ke tengah dan yang kanan menimpa yang kiri. Jadi persegi panjangnya terbagi 3 sebelum dilipat. Ada di gambar yang keempat dari atas...

dimas widodo mengatakan...

Mbak cara panggangnya bagaimana ? Pakai api atas juga ? Atau cuma api bawah ?? Berapa lama ? Makasih mbak

Hesti HH. mengatakan...

Pakai api bawah saja mas, lamanya tergantung ukuran dan ketebalan kuenya. Standarnya 15-20 menit. Boleh lebih kalau belum kecoklatan...

Anonim mengatakan...

Mbak hesti, makasih ya tipsnya... jadi pengen banget bikin puff pastry... udah masuk list tapi belom dikerjain-kerjain.... hihihi.... salam kenal mbak....
-Ayu-

Ummu zahra mengatakan...

Assallamualaykum...mbak hesti salam kenal ya...alhamdulillah akhirnya aku dpt juga info cara buat pastry yg detail...dari dulu penasaran pengen nyoba cuman masih bingung cara lipatnya....makasih ya mb dah share resepnya...ditunggu ya kreasi lainnya...^ ^

Hesti HH. mengatakan...

Kudoakan semoga bikin perdananya lancar ya mbakyu ^^

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, salam kenal ummu Zahra ^^

Selamat praktek yaaaa semoga sukses

Maria Magdalena Yuliany mengatakan...

Hai mba Hesti...resep2mu top cer habissss...tadi pagi ak praktekkin resep mie pangsit hijau..walopun ga pny pasta maker..roll ampe cape..tapi sebanding sama rasanya..masih banyak resep2 yang sudah ku praktekkan..topo map cake,lapis kanji,cake ubi ungu..saking banyaknya sampe ga ingat..hihi..thx so much mba..

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, ikutan seneng dengarnya...kebayang gempor menggiling adonannya hehe
Makasih ya udah kabarin ke aku ^^

Adhe Prasasti mengatakan...

salam kenal mba.. lagi cari2 resep di google muncul blog nya mba... menarik pastry nya, mau tanya mba apa setiap lipatan nya harus di tambahkan korvet lagi.. di tunggu jawabannya mba.. mumpung kemaren cari di titan pas nemu korsvet, penasaran buatnya.. makasih mba..

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mba Adhe, kalau resepku ini cuman sekali aja mbak kasih korsvetnya. Jadi usahakan kosrvetnya terpakai semua pada lipatan pertama.

Adhe Prasasti mengatakan...

Thanks a lot mba Hesti.. sukses selalu, ditunggu resep2 barunya lagi..

Hesti HH. mengatakan...

Makasih juga mbak....

nidya agustin mengatakan...

assalamualaikum mba,mau tanya mba,dtmpt saya tinggala gk ad yg jual korsvet atau pastry margarin,bisa diganti dgn apa y mba??? makasiii

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, bisa diganti butter yang dibekukan mbak, cuma agak ribet bikinnya karena butter gampang meleleh

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum mbak hesti,saya sudah coba buat puff pastry sendiri sesuai resep mbak hesti dan alhamdulillah berhasil.
Kalo mau bikin zuppa soup pake puff pastry ini bisa ga ya,atau harus pake danish pastry?

Siska

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, alhamdulillah mba Siska. selamaaat yaaa berhasil menaklukkan puff pastry. Ini termasuk yang agak ribet bikinnya tapi makannya sekejap saja hehehe. Bisa kok mba dibikin zuppa....justry yang ini lebih renyah ^^

Winda Aprilia mengatakan...

Mb hesti, saya pernah bikin cream horn pastry nya tapi koq puff pastrynya lepas2 ya pas dipanggang. Kenapa y mb hesti? Padahal cetakan horn sama sekali gak aku oles lagi. Mksh.

Hesti HH. mengatakan...

Iya mba saya jg kurang paham...maaf yaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails