Rabu, 03 Desember 2014

Coto Makassar




Alhamdulillah nikmatnya hujan hujan begini bisa menikmati coto buatan sendiri ^^
Masih pake resep yang sama seperti dulu cuman aku suka yang sekarang warna cotonya bisa lebih gelap. Prosesnya yang agak beda dengan yang dulu...kali ini bumbu bumbu ditumis dulu sampai wangi lalu masukkan blenderan kacang tanahnya. Lalu tumis kembali. Menumis bumbu agak lama sampai wangi bener. Apinya sedang saja supaya tidak gosong. Masak kuahnya pun lumayan lama...hasilnya kuahnya cantik seperti coto yang dijual itu. Yang kubeli cuman ketupatnya aja karena gak seru makan coto tanpa ketupat. Untuk sambelnya, berhubung gak ada tauco cabenya aku beri blenderan kacang dikit. Tetep enak...dan semua menikmati dengan lahap. Alhamdulilllah...

Oh iya kali ini aku bikin cotonya dari daging tanpa lemak dan nggak pake jeroan sama sekali. Walaupun begitu di hasil akhirnya ketika kuahnya dingin terlihat lapisan minyak di permukaan. Dugaanku itu adalah minyak dari hasil menumis dan memasak kacang dalam waktu yang lama. Minyaknya keluar...mirip bumbu sate kalau dimasak lama lebih mantap karena minyaknya keluar ^^. Jangan khawatir...untuk menjaga kesehatan lapisan minyak di permukaan itu bisa dibuang. Tinggal disendok saja permukaannya...


19 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam Bu Hesti, Ini dengan willy lagi, kayaknya cara ini patut dicoba deh, tapi di daerahku pada umumnya para penjual coto makassar kuahnya lebih condong ke resep ibu yang pertama, warnanya gak terlalu gelap. oh ya, saya sudah coba resep2 ibu yang lain "prol tape keju, puding tape, dan cake ketan hitam yang dikukus" semuanya enaksss. sy yg belum perna makan cake berbahan dasar tape jdi ketagihan karna resep ibu yg mantap, so makasih banyak bu sudah berbaik hati berbagi ilmu masak memasak. God bless U bu...

Hesti HH. mengatakan...

Halo Willy, jadi penasaran Willy ini tinggal di mana ya??? di sini juga sama sih. Ada juga kuahnya yg warnanya keruh kyk putih kecoklatan saja tapi ada jg yg agak gelap tapi ngga ngaruh ke rasa kok semuanya enak. Waaaah senangnya kalau resep resepnya cocok...saya juga suka kue olahan tape dan ketan hitam dan masih ingin mengeksplorasi kedua bahan tersebut...tunggu resep berikutnya ya dan makasih banyak doanya. Doa yang sama buat keluarga Willy....

Anonim mengatakan...

hemm enaknya mi coto makassar,,, kira2 daging bisa diganti dgn ayam tdk yah,, 😀

Hesti HH. mengatakan...

Saya sendiri belum pernah coba tapi ada teman yg orang makassar sering bikin pake daging ayam....dan tetap enak kok ^^

andriany firdaus mengatakan...

Tadi sy disuguhkan coto mks tp bukan dr daging sapi tp daging ayam hmm..ternyata nyamang tongi.. mauka tanya.. kalau blender bhn halus apaka harus ditambahkan air atau minyak... pernah kucoba tdk pake blender hanya ditunbuk biasa hasilnya bumbu jd kasar.. ditunggu jawabanta'

Hesti HH. mengatakan...

Iye' memang enak juga pakai ayam toh? hehe. kalau diblender nda usah ditambah air bisaji halus itu ^^

Mei Mei mengatakan...

Kak Hesti, thank u resepnya...
Enak banget...
Kalah ama langganan coto biasa saya makan.
Sekian banyak resep coto makassar saya coba,
Resep dari kak Hesti paling uenaak,
Thank you untuk kebaikannya membagi resep.
Tuhan memberkati segala kebaikan yang kakak tabur untuk pemula masak seperti saya.
Hihihihi

Ivo mengatakan...

sekedar sharing…..kalo bikinka' coto, untuk "jln pintas", bumbu kacangnya sy pake bumbu pecel siap jadi, dan rasanya, tak kalah maknyus naah. Awalnya iseng2, krn itu hr pas mo bikin coto, tdk ada stok kacang. Pernahka' jg pake selai kacang, tp mmg lbh enak bumbu pecal hahahah #niceblog,loveit!

Hesti HH. mengatakan...

@Mei Mei : alhamdulillah...senangnyaaaaa. Amiiin tuk doanya. Doakan saya sehat selalu biar bisa terus sharing resep yaaaa

@Ivo : oooh bisakah? karena bumbu pecel pake kencur dan daun jeruk sedangkan coto tidak pake kencurji. Unik dong ^^

Mei Mei mengatakan...

Kak Hesti, ada ki resep nasi kuning, topalada, sama sayur labu siam nyaaaa
Kangen makanan makassar..
Tapi jauh dari makaassar...
Thanks bfore Kak...

Mei Mei mengatakan...

Kak Hestiii...
Ada ki resep'ta nasi kuning + topalada + sayur labu siam ?
Kangen makanan makassar...
Tapi jauh dari makassar....

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaaah maaf belumpa prnh posting walaupun sudah prnh bikin nasi kuning >,<

Mei Mei mengatakan...

Siiip, ku tayang ki , pale na resep ta Kak....

Hesti HH. mengatakan...

Hahahahaa....tunggumiii

Mei Mei mengatakan...

Kak, kangen ka juga sop lidaaaaaah....
Hahahahaha
BaLLa ku diiiiK....

Hesti HH. mengatakan...

Hahahahaa...ndanya ji deh ^^

rosiany mengatakan...

salam kenal mbak hesti. sy penggemar setia mbak hesti, walaupun blm prn ksh komen. udah banyak resepx mbak hesti yg sy coba dan semua berhasil. hr ini sy br coba resep coto makasar, n hasilx uueeenak mbak.makasih ya mbak untuk resep2, semoga selalu sukses.

Debby Khusbin mengatakan...

Hallo Kak Hesti..mw ty..ada resepta bakso toraja yg kasarnya ? *edisingidam*
Makasih sebelumnys :)

Hesti HH. mengatakan...

@ROsiany : salam kenal jg mbaaa...alhamdulillaaaaah kalau cucok ma resepnya. makasih yaa

@Debby Khusbin : maaf belum pernah bikin dan icip yg namanya bakso Toraja

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails