Senin, 15 Desember 2014

Bistik Tempe Saus Lada Hitam



Pingin coba coba bikin bistik yang lebih sehat. Niat awalnya sih bikin burger tempe. Tapi setelah aku icip...kayaknya anak anak bakalan nggak terlalu suka karena rasa tempenya kuat sekali. Mungkin kalau tempenya digoreng dulu sih aromanya nggak terlalu langu ya. Tapi ini kan dikukus. Walaupun udah diberi bumbu dan ditambahh daging masih kuat aroma tempenya. Bukannya nggak enak sih...untuk ukuran tempe ini sudah canggih banget hehe. Tapi kayaknya lebih enak kalau dimakan bersama saus. Dan saus yang cocok kayaknya saus lada hitam karena aroma sausnya jadi kuat setelah diberi lada hitam. Resep saus aku intip di blognya mbak Endang "Just Try &Taste"

Ternyata benar sekaliiii...setelah diberi saus anak anak suka sekali. Piringnya licin, tandas tak bersisa. Ternyata perubahan kecil bisa berarti banyak ya. Bahkan sayur mayurnya pun habis. Jarang jarang niy kejadian ^^
Oh iya tips buat teman teman yang ingin mencoba kalau membuat bistik tempe ini jangan terlalu tebal. Kalau adonan agak tipis, ketika dipanaskan dengan margarin dan sedikit minyak aromanya jadi gurih merasuk ke dalam tempe. Seperti di gambar...sudah pas menurutku. Steaknya tidak terlalu tipis tidak juga terlalu tebal...

Resepnya aku permak dari resep burger dagingku. Berikut modifikasinya yaaa

Bahan : 
- 300 gr tempe kukus, haluskan
- 200 gr daging cincang
- 200 gr bawang bombay
- 100 gr tepung panir halus
- 2 butir telur
- 6 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt pala bubuk
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdt gula pasir
- 1 batang daun bawang
- garam secukupnya
- margarin dan minyak secukupnya untuk memanggang

Saus Lada Hitam :
- 1 sdm margarin
- 1/2 butir bawang bombay, iris panjang
- 1/4 buah paprika, iris panjang
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt merica hitam, tumbuk kasar
- 2 sdm saus tomat
- 1sdm kecap manis
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdt gula pasir
- garam secukupnya
- 300 ml air kaldu (kalau menggunakan air putih tambahkan sedikit kaldu bubuk)
- 2 sdm maizena, kentalkan dengan sedikit air

Cara Membuat Steak Tempe :
  1. Panaskan sedikit minyak di wajan. Masukkan bawang bombay cincang dan 1 buah bawang putih yang sudah dicincang. Tumis sampai warnanya berubah transparan dan baunya wangi (sudah tidak langu lagi). Angkat. Biarkan uap panasnya hilang.
  2. Masukkan bawang bombay ke dalam tempe kukus halus. Tambahkan daging, tepung panir dan telur. Aduk rata. Tambahkan cincangan daun bawang.
  3. Haluskan 5  siung bawang putih dan merica bubuk. Masukkan dalam adonan tempe. Tambahkan pala bubuk, kaldu bubuk dan gula pasir. Uleni hingga rata. Bentuk pipih seperti burger.
  4. Letakkan dalam loyang bersemir margarin dan sedikit minyak. Oven selama sekitar 15-20 menit (dibolak balik) dalam oven bersuhu 350 F atau 175C. Angkat.
  5. Dinginkan. Kalau mau disimpan dalam jangka waktu lama bisa dimasukkan ke dalam plastik plastik lalu simpan lagi dalam wadah kedap udara. Ketika akan disajikan tumis dengan sedikit margarin dan minyak di pan dadar/teflon.

Cara membuat Saus Lada Hitam :

  1. Panaskan margarin dalam wajan bekas menggoreng steak tempe. Masukkan bawang bombay. Tumis hingga layu dan transpara warnanya berubah agak kecoklatan. Masukkan bawang putih, tumis hingga wangi.
  2. Tambahkkan saus tomat, saus tiram dan kecap manis. Aduk rata. Tambahkan air kaldu, merica hitam, sedikit garam dan gula. Aduk rata.
  3. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga mendidih. Koreksi rasa. Tambahkan yang kurang.






13 komentar:

Anonim mengatakan...

Mbak resep2 dan fotonya keren banget masakan sederhana kalo udah dolah sama mbak Hesti selalu luarr biasa hasilnya..mau nanya mbak kalo telurnya gak pake diganti apa ya? Thx..yanti

marlin mengatakan...

hmmmmm enak kayaknya...sehat krn pake tempe, tq , k hesti

Hesti HH. mengatakan...

@Yanti : alhamdulillah mbak...makasih pujiannya. Untuk telur di adonan ini saya juga bingung mau diganti apa krn fungsinya sebagai pengikat mbak...maaf yaaa

Obat Ace Maxs Id mengatakan...

Thanks ka infonya sangat membantu :) Izin share..

Hesti HH. mengatakan...

Silahkaan

Anonim mengatakan...

Dear mb hesti, salam kenal, kalo merica hitam bs diganti merica biasa kah? Atau di skip, bs cari dimana y mb blm pernah liad hehhehe...
-dwi-

Hesti HH. mengatakan...

Boleeeh mba, beda di aromanya saj tapi teteup enak kok ^^

Anonim mengatakan...

Salam kenal mba... klo steak ny nda di oven tp di goreng bisa nda ya?
trimaksh..
◆dini◆

Hesti HH. mengatakan...

BIsa kok...tapi apinya jangan gede ya biar gak cepet gosong ^^

real estate news mengatakan...

Wah enak nih pastinya. Bisa coba juga mendoan kebumen

Diyant Sari mengatakan...

Salam kenal mba Hesti,,,mba mau nanya itu emang bener yaa bawang bombaynya 200gr? Trs itu adonannya lengket mba?? Terimakasih

Hesti HH. mengatakan...

Bener mba...adonannya kalis mba. lengket dikit tapi masih bisa dipulung

Anonim mengatakan...

Mba Hesti...kalau tempe nya diganti tahu bisa tidak ya?...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails