Rabu, 31 Desember 2014

Acar Telur Ikan Tuing Tuing



Bagi yang belum pernah mendengarnya, nama ikan ini sangat lucu terdengar di telinga. Di Makassar ikan terbang ini disebut ikan tuing tuing. Namanya mungkin diambil dari cara berenangnya yang melompat lompat di atas permukaan air. Tuing....tuing....hehehehe. Ikannya berukuran kecil tapi telurnya sangat banyak. Saat ini sudah agak susah menemukan telur ikan ini karena kebanyakan telah diekspor ke luar negeri. Mayoritas sih ke Jepang. Kalau di Jepang namanya tobiko. Biasa dipakai untuk hiasan sushi. Mereka mengolah sedemikian rupa menjadi tobiko kering. Kemudian nanti Indonesia membeli lagi dari mereka dalam bentuk keringnya. Jadi harganya jadi mahal karena sudah melanglang buana man teman.

Kalau soal rasa menurutku tidak ada yang istimewa. Dalam keadaan mentah aromanya sedikit amis seperti ikan asin. Sedangkan setelah dimasak dalam air rasanya ya seperti telur ikan. Yang istimewa adalah teksturnya. Ketika masuk dimulut dan mulai kita kunyah, telur ini akan meledak ledak di mulut. Crunchy. Ada sensasi krenyes krenyes susah dijelaskan, harus merasakan sendiri barulah mengerti.

Kebetulan mamaku ketemu telur ikan ini di Carrefour Mall Panakukkang Makassar. Segeralah beliau membelikan untukku. Sudah lama memang aku pesan, kalau dapat telur ikan minta dibelikan. Nah kemarin kan aku bikin ikan bakar parape', sandingan yang cocok buat ikan bakar kan acar. Nah acar ini sangat cocok sebagai teman makan ikan bakar. Mungkin kedengaran aneh kok telur ikan dibikin acar. Tapi memang beginilah makanan khas yang satu ini. Biasanya dibikin acar bersolo karir alias cuman telur ikan dan kuah cuka, cabe dan bawang tapi bisa juga ditambahkan ketimun seperti acar pada umumnya. Resepnya sama saja dengan bikin acar timun ya ibu ibu, nanti setelah dimasak sebentar telur ikan dicemplungkan ke dalam acar. Lebih enak kalau sudah nginap di kulkas. Oh iya telur ikan tuing tuing yang cocok dijadikan acar ini adalah telur ikan yang masih ada serat serat telurnya. Serat itulah yang mebuat butiran telur saling menempel. Kalau yang aku lihat di supermarket besar, telur ikan ini sudah bersih dari serat tersebut sehingga bentuknya terhambur seperti pasir. Kalau dibikin acar ngga cocok karena akan memenuhi air acar dengan butiran telur telur halus. Di bawah ini jenis telur ikan yang sudah bersih dari serat telur. Setelah direndam semalaman (supaya mengembang)  bentuknya seperti di bawah ini.



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Happy new year bt mbak n keluarga y...

Herni- medan

Hesti HH. mengatakan...

Happy new year juga mbak semoga tahun ini penuh dengan keberkahan yaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails