Selasa, 09 Desember 2014

Es Tape Ketan Hitam


Walaupun kemarin tape ketannya sudah aku pakai bikin puding...eh ternyata belum habis juga. Kata anak anak..."Bisa nggak dibikin es bu?"  Ingatanku melayang pada jaman masih SD tahun 80-an dulu. Waktu itu es mambo ataupun es lilin merupakan es favorit anak anak. Walaupun nggak segurih dan secreamy es krim yang dijual sekarang tapi sensasinya beda juga. Kesukaanku. Jaman itu sebiji es mambo seharga 25 perak >,<

Nah kali ini aku bikin sendiri aja. Mirip mirip es lilin sih. Cuman santan, gula, sedikit susu kental manis dan maizena. Maizena di sini berfungsi sebagai pelembut es. Bukan lembut seperti es krim sih...tapi dia menghindarkan es kita menjadi sekeras es batu.


Bahan :
- 200 gr tape ketan
- 750 ml santan
- 175 gr gula pasir (atau sesuai selera tapi kalau es memang sebaiknya manis agar terasa)
- 4 sdm susu kental manis
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm maizena

Cara membuat : 
  1. Masak semua bahan es kecuali tape ketan. Jangan lupa diaduk terus agar santan tidak pecah.
  2. Apabila mendidih angkat dari kompor, masukkan tape. Aduk rata. Masak kembali sampai mendidih dan matikan api.
  3. Biarkan dingin. Masukkan dalam cetakan es lilin, es loli atau es mambo. Simpan di freezer.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

wah baru tau mbak tnyata mesti pake maizena spy gak keras kyk es batu ya. makasih tipsnya mbak.-irene

ayudiah respatih mengatakan...

cakep banget gambarnya mbak Hesti....
es ini favorit saya... sedap emang...
Btw, itu fontnya luccuuu banget, namanya apa yah? hihi..*kepo...
terima kasih mbak...^^

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

hmmm... zaman sd dulu jg ada yg jualan ini mba, enak... Tp blm prnah nyoba bikin sndiri... :(

hqaaahh... Gambarnya kereeennn bgt mba, serasa ademnya smpe cirebon deh...
hehe...

Hesti HH. mengatakan...

@Irene : iya makasih juga ya mba

@Ayudiah : makasih mbak, fontnya 'satisfaction' mba

@Lina : ehehehe... tengkiuuuuuuu mba Linaa

Uyha Makassar mengatakan...

aku cuman dpt bermimpi, smoga kelak akupun dapat Istri yg jago masak.. :)

Hesti HH. mengatakan...

Amiiinnnn...saya turut mendoakan ^^

Abimayu Galang mengatakan...

kak.. itu pakai mesin pembuat es krim gak ?

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails