Rabu, 03 Desember 2014

Cake Tape Keju (Cream Cheese)




Bongkar bongkar Majalah Sedap merupakan suatu hiburan tersendiri. Yah...bongkarnya sambil nyari nyari resep. Ternyata baru sadar koleksi Majalah Sedapku sudah banyak sekali. Bayangkan...aku berlanggganan dari tahun 2005. Ya walaupun dah banyak yang hilang dan dikasihkan ke orang, tapi masih banyak juga yang ada. Bener bener majalah ini sangat membantu. Memang minatku di dapur sih tapi serius tuk ekplore resep resep itu ya pas berlangganan Majalah Sedap. Resepnya bikin penasaran. Dan alhamdulillah sudah lumayan banyak resep yang aku coba. Makasih ya Majalah Sedap!!

Nah kali ini aku coba resep dari majalah Sedap Pemula edisi tahun 2005. Cake Tape Keju. Kalau cake tape keju biasa sih sudah sering bikin. Biasanya dalam adonan ditambahkan keju cheddar parut. Nah kali ini yang berbeda adalah penggunaan creamcheese dalam adonannya. Rasanya enak...teksturnya dibilang ringan nggak juga dibilang padat enggak juga. Tapi aku suka. rasa kejunya mild tapi tetap kerasa. Tapenya tetep menonjol karena penggunaannnya lumayan banyak. Berikut resepnya ya...


Bahan :
- 150 gr margarin (aku pake 100 gr margarin + 50 gr butter)
- 100 gr creamcheese
- 150 gr tepung gula
- 250 gr tape singkong, buang sumbunya lalu haluskan
- 5 butir telur
- 150 gr tepung terigu protein sedang/rendah
- 25 gr susu bubuk
- 1/2 sdt baking powder

Cara membuat :
  1. Kocok margarin/butter, creamcheese, dan tepung gula sampai lembut. Masukkan tape. Kocok kembali hingga rata.
  2. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan bahan tepung (terigu, susu dan baking yang sudah diayak). Kocok rata.
  3. Tuang ke dalam loyang persegi 22 cm tinggi 4 cm yang dialas kertas roti dan dioles margarin. Taburkan keju parut.
  4. Oven sekitar 40 menit atau sampai matang dengan suhu oven 180C.



12 komentar:

peni mengatakan...

Assalamuallaikum mbak hesti,sy lagi mbak,jgn bosan ya hehehe...
Kue ini kalo sama puding tape panggang enak mana ya mbak?
Cream cheese bisa diganti kah?
Makasih sebelumnya mbak.
Wassalam.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, nggak bosan kok jangan kawatiiiir hehe
Waaah bingung niy enaknya beda tuh mbak, Tapi kalo rasa tape yg lkuat lebih ke tape panggang mbak, KAlo cream cheese diganti takutnya teksturnya jg berubah mbak...

anita faulina mengatakan...

Assalamu'alaikum mb hesti....
Resepnya dah kucoba.....rasanya enak pake bingits....malah pada gak tau kalo ada tapenya.....hehehe
Makasih ya mb dah share..... ^_^

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikusalam, hihi bener mbak tapenya ringan aja di kue ini ^^

Ikha mengatakan...

mbak ijin nge-pin ya. makasih

Imelda Rani mengatakan...

Mba klo resep ini bisa untuk dikukus ga ya?

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mba Ikha...

@Imelda : harusnya sih bisa aja mba

atta mengatakan...

Mb,cake tapenya enak bgtttttt......semua pada suka.Mksh bgt resepnya.Tp knp pas keluar dari oven hasilnya agak cekung ke bawah ya mb?Ga bantat siy, tp penampilannya kurang bgs.Mhn pencerahannya.Trmksh.

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mba. Biasanya kalau turun itu ngaduknya kurang rata mba. Atau kelamaan aduk waktu turun tepungnya

Sheilla Nadia mengatakan...

Asslmwrwb..hai mbka hesti slama kenal yaa
Hmmm reaepnya enak banget ini...
Resep lama yg blm kesampaian saia eksekusi...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam...salam kenal mba...situnggu bikinnya ya semoga sukses ^^

alika mengatakan...

Mb, mau nanya kalo margarin diganti butter semua efeknya gimana?Trus knp ya kadang setelah dioven cakenya jadi berpinggang.Kuenya enak tapi kurang bagus penampilannya.Hiks......Mksh

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails