Thursday 13 December 2012

Japanese Roll Cake




Walaupun aku bukan anggota LBT, tapi PR LBT#20 bulan ini dengan tema Japanese roll cake membuat aku tertantang. Pingin nyobain juga. Memang udah lama juga tertarik. Aku menggunakan resepnya mbak Rachmah Setyawati karena terlihat teksturnya sangat lembut tanpa bahan tambahan makanan. Pertama kali lihat di FBnya Mbak Anugerah Febriana. Setelah cek dan ricek bahan, aku eksekusi tadi siang. Ngikutin resepnya Mbak Anugerah supaya kuning telurnya nggak kebuang. Hasilnya emang lembut banget khas kue kue asal Jepang. Pembuatannya menggunakan teknik pisah telur. Inilah yang membuat kuenya jadi lembut.


Motif aku bikin yang simpel simpel aja. Motif strawberry. Kan percobaan pertama, takut gagal euy... . Ternyata nggak sesusah yang dibayangkan tapi juga nggak semudah kelihatannya. Waktu memanggang sangat vital, kalo kurang matang selain adonan turun...nanti bau amis telurnya kecium, kalo kelamaan nanti dasarnya jadi cokelat dan gak cantik lagi motifnya. Motifnya pun lengket di kertas semua karena garing...digulung pun bisa patah. Jadi waktu memanggang sebaiknya nggak lebih dari 20 menit. Cara pembuatan motif bisa di lihat di sini.

Bahan :
Adonan I
- 5 butir kuning telur 

- 50 gr gula pasir
- 40 cc minyak goreng
- 60 cc air
- 80 gr tepung terigu

Adonan II
- 150 gr putih telur
- 40 gr gula pasir
- 15 gr tepung maizena
- 1/2 sdt garam 

- 1/2 sdt vanili

Adonan untuk membuat motif :
- 40-50 gr putih telur
- 10 gr gula pasir
- 5 gr tepung maizena


Filling :
Selai strawberry

Cara Membuat :

  1. Panaskan oven dengan suhu 170 - 175 derajat celcius. Siapkan 1 buah loyang ukuran 22X22X5cm atau 1 buah ukuran 24X24cm (bila ingin agak tipis cakenya). Poles bagian bawah dan pinggiran loyang tipis saja dengan sedikit butter/margarin (hanya untuk melengketkan kertas roti saja). Lalu beri alas kertas roti pada bagian dasar dan pinggiran loyang, tidak usah dipoles mentega/margarin lagi. Buat motif yg diinginkan di alas loyang yang telah dialasi kertas roti. 
  2. Buat bahan adonan I . Kocok kuning telur, vanili dan gula pasir hingga mengembang kental. Kocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok hingga rata, tambahkan air sedikit demi sedikit, kocok rata. Masukkan tepung terigu, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga rata dan kental. Sisihkan.
  3. Buat adonan motif. Kocok putih telur dan sebagian gula pasir hingga mengembang, tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga mulai soft peak. Masukkan tepung maizena ke dalamnya, kocok sebentar hingga tercampur rata kental/soft peak, jangan sampai hardpeak. Matikan mixer. 
  4. Ambil sebagian adonan I, kira kira 4-5 sendok makan, masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif, aduk ringan merata. Bagi menjadi 4 bagian. Beri pewarna merah, merah muda, hijau dan plain. Aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag. 
  5. Gambar motif strawberry dimulai dengan titik titik putih lalu daunnya lalu gradasi merah di pinggir lalu strawberrynya, panggang motif selama 1 menit. Keluarkan dan sisihkan.
  6. Buat adonan II. Kocok putih telur + sebagian gula pasir + garam hingga mengembang, tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi hingga soft peak. Masukkan tepung maizena, kocok rata.
  7. Ambil sebagian adonan putih telur (adonan II), masukkan ke dalam adonan I, aduk balik. Tambahkan sisa semua adonan II, aduk balik hingga rata.
  8. Ambil loyang yang telah diberi motif, tuangkan adonan cake di atasnya. Ratakan, hentakkan pelan beberapa kali loyang adonan untuk meratakan adonan hingga ke dasarnya dan menghindari udara yang terperangkap supaya tidak muncul gelembung.
  9. Panggang dengan suhu sekitar 170-175 derajat celcius kurang lebih 15-20 menit hingga matang kecoklatan permukaannya.
  10. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, lepas kertas roti hati-hati, biarkan hingga dingin/uap panas hilang. 
  11. Saat cake sudah dingin. Poles bagian permukaan atas cake (bagian yg kecoklatan) dengan bahan filling, lalu gulung rapi, bungkus rapat dengan kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di lemari es hingga set. Siap disajikan.



Aku kurang teliti, gulungnya kebalik, harusnya motifnya berdiri ini malah tidur semua...hehe






74 comments:

faa.rosli said...

sedapnyaa

Nisa-mom said...

wuiiih.. cantiiik nya, segini punya anak laki2 loh ya.. masih rajin bikin yang imut2 keq gini..gimana klo punya anak perempuan mba Hesti, makin jadi deh.. *LOL , padahal aku punya anak perempuan malah jadi malas baking skarang

Dony said...

perlu dicoba nih..

Unknown said...

haih... keduluan mbak Hesti Bikin Japanese roll cake nya.
Padahal resep dari blog mbak rachman ini aku udah book, sebulan yang lalu.

Tapi masih belum sempet bikin, berhubung perut makin gede, jadi agak moody mau megang mixer.

Tapi Sekarang jadi makin mantep nih setelah lihat tulisanya mbak hesti yang selalu menginspirasi.

Thank you So Much Mbak....

Sashy said...

cantik banget japanese roll cake nya mbak. jadi makin kagum sama mba hesti bikin apa aja pasti cantik hasilnya :)

Hesti HH. said...

Terima kasiiiiihh...

Hesti HH. said...

hihi...habis bingung anak cowok bagusnya motof apa yah yg gak girlie...anggur kali ya atau salak *ngelantur*
Kalau punya anak perempuan mungkin apa apa aku bikin pink semua mbak Fit...*menghayal*

Hesti HH. said...

Silahkannn...

Hesti HH. said...

hahahaaaaa....kalah cepat niy mbak Ayin, hayuu bikin juga. nanti kalo dah lahiran gak ada waktu lagi lho ^^

Hesti HH. said...

Makasiiiih mbak Sashy, asyiiiiik melayaaaang...

Lisa Donna said...

Cantik bener, mbak....

zulfa said...

mbak hesti.. ngileeeerrrrr.... jd pingin nich tapi gak pande buat buat strawberynya.. minta izin copas y mbak.. good luck for you

Woro said...

waah cakeepp mba, sayang ya klo dipotong abis bagus gitu

rahel said...

Salam Kak Hesty....cantek skali japanese rollnya....

azlia said...

assalam..comelnya kek tu..sayang nak makan..

Anna said...

Haduuhhhh....... Cantik bangettt... Keren, mba. TOPBGT *two thumbs up
Uda aku copas tapi entah kapan di prakteknya.
Thanks yach mba... *aku tunggu launching buku resepnyaaaa :)

Anonymous said...

Mbak Hesti...cake nya sdh aku praktekin.....yummy lembut, tapi koq mwninggalkan rasa pahit ya??

Hesti HH. said...

Biasanya rasa pahit itu kalo kebanyakan baking soda/baking powder ataupun kurang rata ngaduknya bahan tersebut. Tapi karna kue ini gak pake baking powder dan soda mungkin vanilinya kurang rata ngadukknya. Apalagi kalau yang bubuk. Kalau merk yang mbak pake sekarang berasa pahit di 1/2 sdt bisa dikurangin aja dikit.

Vanila dikocok bersama kuning telur dan gula.

Cubucub said...

Cantikkkk bgttt,topppp....request cake lapis Surabaya Mba buat dijadiin cake natal hehehehe

Anonymous said...

Bunda, apakah juga waktu buat motif pakai di freezer dulu, atau langsung??? Cantik sekali kuenya Bunda..gemessshhh liatnya^^

Nanda

Hesti HH. said...

Makaciiiiih...pengen siy mbak bikin lapsur tapi takut gak ada yang makan. Di rumah, terutama aku dan hubby menghindari kue yang pake banyak telur, hehe. Kita berdua dah kena kolesterol siy ^^

Hesti HH. said...

Aslinya di freezer mbak, tapi daripada kelamaan nunggunya aku panggang aja semenit yg penting asal set aja sebelum dituang adonan cakenya.

Unknown said...

mbak hesti kenapa oh kenapa motifku malah ga nempel di bolunya(lengket di kertas).terus kayaknya bhn motifku keenceran,apa kurang softpeak ya?.eh lupa salam kenal...(begitu nyantol di blognya mbak hesti jd semangat ke dapur.thanx ya mbak...)

Hesti HH. said...

Waaaa ikutan sedih mbak. Mungkin terlalu lama manggangnya mbak jadi kering dasarnya, akibatnya lapisan bawah semua lengket di kertas. Atau ya karena adonan encer itu jadi lapisan motifnya ketipisan.

Kalau masalah encer bisa krn dua, ngocoknya kurang kental atau ketika masuk tepung ngaduknya kelamaan, jadi udara yang sudah terbentuk tuk mengembangkan adonan kempes kembali kebanyakaan aduk...

Tetap semangat ya mbak, gagal itu hal yg biasa dalam baking...

RaDhia said...

mb hesti,,jazakallah khoir atas resepnya,, :)

Hesti HH. said...

sama sama mbak...

Anonymous said...

Mbak kl nggak ada oven, dikukus bisa?

Hesti HH. said...

Kayaknya nggak mbak, karena ini jenis kue lembab takutnya jadi basah.

Anonymous said...

Tx mba uda share resepnya , uda dicoba hasilnya bener" lembut tapi kenapa ya ada bau amis telur ? Apa karena saya meniadakan vanilinya yah ? Panggang 20 menit cakejya juga mateng kuning coklat

Unknown said...

utk manggang adonan motif yg 1 menit itu pke suhu brp derajat mbak..? thx.

Hesti HH. said...

Iya mbak, itulah perlunya vanili. Karena jenis kue ini tidak dipanggang garing untuk menghasilkan kulit putih mulus. Hasilnya riskan berbau telur. Sebaiknya menggunakan vanili untuk menghilangkan bau amisnya.

Sama aja suhunya mbak tapi cukup 1 menit saja jangan lebih.

Anonymous said...

mba, dibanding resep yg dari KBB, hasilnya lembutan mana mba?
pengen nyobain tapi bingung karena banyak versinya

Hesti HH. said...

Sama aja mbak....semuanya lembut kok

Anonymous said...

Makasih mbak ^_^

Unknown said...

Cntik banget sich roll cake nya....
Salam kenal...
Izin copas yah mba

Anonymous said...

Mba, mau naya,
kalau untuk motifnya lebih enak di panggang atau di freezer dulu ya?
soalnya aku liat dari beberapa resep yang lain kok motifnya di freezer..

makasi banyak mba..

Sari said...

Assalamu'alaikum kakak Hesti..
Tadi saya udah bikin JRCnya kak. Well done meskipun motifnya nggak terlalu nampak dan cakenya agak crispy ditepi karena saya manggangnya kelamaan,hehe. Habisnya takut permukaannya lengket kayak bolgul yg pernah saya bikin dulu. Awalnya saya agak takut cakenya nggak mengembang, soalnya kan ditinggalin bikin motif dulu. Eh, ternyata mengembang sempurna, empuk, lembut kayak kasur busa..hihihi. Next resep, saya mau coba bikin thimpan. Biar nanti disayang camer, hahaha.
Makasih ya kak Hes, meskipun hanya lewat blog, tapi kakak is my motivation to be learn. Resep yang dulunya saya bayanginnya aja dah bikin pusing, sekarang jadi tantangan buat saya. :)
Best Regards

Hesti HH. said...

@Anonim : kalau mau cepat dipanggang mbak. Kalau di freezer asal sabar nungguin agak bekunya aja.. Aku lebih suka panggang sbntr...tp harus dijaga nggak boleh ditinggal karena bentar banget.

@Sari : waalaikumsalam : alhamdulilllah kalau sukses mbak. itu dah bagus banget mbak tuk percobaan pertama. Besok besok kan dah punya pengalaman dan tau selanya dimana ^^. makasih juga mbak, senang kalau bisa bantu

Unknown said...

Salam kenal mba... aku liat resep kamu kok ajaib sekali yaaahhh kaya istana disneylandnya masakkan.. magic! Baguuss bangettttt. Makanannya pun enak enaakkk. Aku nih pemula mba... baru mau nyoba nyoba resep kue dan rotimu hihihi ijin dulu yah mbaaa... menggoda sekaliii semua resepnya... aku nyari yg paling gampang dulu deehh. Btw bisa rekomen aku kah yg paling cocok untuk pemula tuh kue atau roti apa mba? Makaassiiiihhh sebelumnyaaa.

Unknown said...

Salam kenal mba... aku liat resep kamu kok ajaib sekali yaaahhh kaya istana disneylandnya masakkan.. magic! Baguuss bangettttt. Makanannya pun enak enaakkk. Aku nih pemula mba... baru mau nyoba nyoba resep kue dan rotimu hihihi ijin dulu yah mbaaa... menggoda sekaliii semua resepnya... aku nyari yg paling gampang dulu deehh. Btw bisa rekomen aku kah yg paling cocok untuk pemula tuh kue atau roti apa mba? Makaassiiiihhh sebelumnyaaa.

Anonymous said...

aduh...cantik n cute bangetzz... '-' salam kenal mbak..

Unknown said...

asli kereeen!!!mau nyoba aaah,ijin dulu yach m'hesti,yg dulu vanilla cake saya lgs bikin aja tuh,salam kenal dr jepang

Hesti HH. said...

@Angelina Derby :waduuuuuh hidungku kembang kempis mbak dengar pujiannya. Makasih ya apresiasinya. Kalau roti insyaAllah semua mudah kok tapi yg lumayan simple bisa coba roti kejunya mbak...soalnya kmrn banyak yang baru belajar jg nyobain langsung berhasil mbak hehe

@Anonim : makasih mbak...

@Widya : selamat bikin ya...semoga berhasil, ditunggu kabarnyaaa...

Unknown said...

Mbak Hesti, kalau boleh tahu untuk resep diatas mbak pakai loyang ukuran berapa ya? supaya saya ada gambaran tebal cakenya. terima kasih :)

Hesti HH. said...

Itu ada di atas tertulis mbak di point 1. Ukuran 22x22 cm

our inflow said...

tips dong supaya kertas rotinya gampang dicopot..gagal terus nih huhuhu kertas rotinya susaaah banget di lepas mba.kenapa yaa

Anonymous said...

mbak gmna cara supaya kertas rotinya gampang dilepas?

Hesti HH. said...

Perlahan aja mbak nariknya...memang harus pelan biar motifnya gak ketarik...
Kadang biasa juga karena kuenya dah kering banget (panggang kelamaan) jadi bagian dasarnya dah agak cokelat ketika ditarik kertasnya terikut semua...

Hesti HH. said...

Saya sudah share di komen atas ya mbak

Anonymous said...

kenapa adonanku turun lagi mbak sehabis dikeluarkan dari oven?

Hesti HH. said...

Nggak kelamaan ngocoknya mbak, usahakan sampai soft peak aja bukan hard peak ya mbak. Putih telurnya juga harus bebas dari kuning telur nggak boleh tercemar atau adonan bisa turun...

Anonymous said...

Ijin share y mbak... Aq dah bikin hasilnya makyoooossss.....

Hesti HH. said...

Silahkan mbak, senangnyaaaaaa....

Anonymous said...

Salam kenal Mba Hesti saya paling suka makan roll cake cuma sdh beberapa kali buat sebelnya selalu nempel di kertas malah jd ngeletek yg mau saya tanyakan apakah kertas rotinya diolesi dng mentega dan terigu dlu atobagaimana ? Terima kasih atas pencerahannya.

Hesti HH. said...

Iya mbak, masalah teman teman yang lain juga sama. Kertas roti tidak dioles mentega tapi loyangnya dioles dulu sbl ditempelin kertas roti. Kalau menurutku bikin lapisan hiasannya adonan harus tebal (artinya donan harus kental) supaya ketika dilepas kertasnya gak lepas semua hiasannya. Kue juga harus matang sempurna...kalau ngga sempurna kertas roti susah dilepas karena kue masih agak basah...malah melengket di kertas semua motifnya.

Unknown said...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Mbak hesti sya termasuk penggemar blog mbak juga, sya dri daerah RIAU,
Mbak tadi mlam saya udah coba resep ƔªϞğ satu ini , berhubung saya ​G̲̮̲̅͡åк̲ dha oven listrik , saya pake oven hock, karna takut ƔªϞğ bawah nya udh hangus dluan jadi sya buat rak paling atas , echhh trnyta makin hancur mbak hati q "kidding" karna ƔªϞğ bagian atasnya ​G̲̮̲̅͡åк̲ kering2 alias basah, pdhal bawah nya udah mau menghitam warna nya .. Hehehe tolong pencerahan nya ya mbak ..

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam,
Waaaaah makasih banyak mbak udah jadi pembaca setia Hesti's Kitchen. Tentang penggunaan kompor hock saya juga belum pernah mbak jd gak bisa kasih masukan. Tapi kalau ditaruh di rak atas jadinya lama matengnya mgkn taruh di rak tengah aja mbak *eeh ada gak yaa*. Atau bisa tetap pake rak bawah tapi api dikecilin mbakyu...

Anonymous said...

Halo mba Hesti... aku mau nanya, kalau adonannya pengen rasa coklat, kira2 ditambah coklat bubuk berapa gram ya?
Makasih :)
Anggi

Hesti HH. said...

Terigunya bisa dikurangi mba jadi 60 gr, cokelat bubuknya 20 gr

aira said...

Assalamu'alaykum mbak, aku td sdh buat resep ini, enak lembut tapiiiii cake nya juga "kempes" setelah sempat ngembang, turunnya wktu aku tusuk untuk ngecek mateng atau blum. apa itu karena ngocok putihnya klamaan?oia, aku sengaja buat untuk ga digulung,pgn tahu rasa dan tekstur dulu, maklum mb msh pemula, besok besok coba lagi
makasih ya mbak

Anonymous said...

Halo mbak hesti..
Mau tanya dong.. kira2 klo maizena gak ada apakah bisa diganti tepung terigu, tepung tepung beras, atau tepung beras ketan. Dirumah adanya cuma itu soalnya..

Hesti HH. said...

@Aira : waalaikumsalam, biasanya kempes karena kocok putih telur kelamaan mba, atau bisa juga kuenya belum matang benar udah diangkat atau dites tusuk.

@Anonim : diganti terigu aja mba....saya juga belum pernah coba dengan yg lain

Unknown said...

Assalamualaikum mbak.....

mbak Hesti, kemarin saya bikin JRC nya... alhamdulillah jadi mbak, empuk banget, motifnya jg jadi
tapi warna dasar cakenya kok agak pucat yah.... semisal cake mau saya warnai dengan pewarna baiknya si pewarna dimasukkan kapan yah mbak (di adonan mana?)

makasih mbak Hesti...

semoga ilmu yg ditularkan mbak menjadi berkah. aamiin....

wassalamualaikum....

haneul - Semarang

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, alhamdulillah mba senang dengarnya. Amiiin tuk doa doanya. Pewarna sebaiknya dimasukkan pada saat bahan tepungnya sudah masuk mba. Biasanya cukup 3 tetes saja kalau pewarnanya kental. Tapi kalau encer mgkn butuh lebih banyak. Tapi biasanya warna akan lebih keluar dan terang setelah dipanggang. Jadi jangan gunakan terlalu banyak pewarna.

Unknown said...

iya mbak. senang rasanya mbak kalau cake yg dibuat cantik... maturnuwun mbak :)
dan terimakasih untuk jawabannya mbak....
sukses selalu untuk mbak Hesti dan keluarga....

Hesti HH. said...

Amiiiiin makasih mbaaa

Unknown said...

Boleh ga sih kalo kita print out gambar , terus hasil print out itu kita teplak di kertas roti.

Hesti HH. said...

Boleh tapi gambarnya menghadap ke bawah ya. Tapi lebih mending kalau pakai pinsil mba dibanding tinta. Takut keracunan aja...

Unknown said...

Maksh mba resep'y sangat brmanfaat...


The best lah......⏩⏩bagi² resep'y lg mbak..hehe

Hesti HH. said...

Makasih juga sudah berkunjung ^^

Unknown said...

Assalamualaikum mba hesti..
Salam kenal, aku belum lama ini bc2 blog mba hesti ni awalnya gr2 nyari resep coto makasar eh nemu blog ini..
Dan hasilnya cukup memuaskan,kasih yaa mba :) dan beberapa resepnya jg sekali2 d coba (klo kira2 gampang n mudah u pemula)hihi
Mba hesti sungguh sangat menginspirasi seandainya kita sekota mgkn pengen bgt bermohon u bs d angkat mnjd murid mba hesti.. biar kecipratan ilmunya hehe *ngarep
Makasih ya u berbagi resep2 nya sgt menginspirasi apalagi klo udh mo menjelang hr raya..hihi

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, salam kenal mba, hahaha masa sih mau jadi murud. Gurunya cuma ibu rumah tangga >,<
Makasih ya doakan saya selalu sehat biar rajin posting resep ^^

Surtika said...

Assalamualaikum Mbak .
** untuk adonan melukisnya itu bisa diterapkan untuk yang dikukus juga kan mbak soalnya saya lebih suka yang dikukus .
** o ya , adonan untuk melukisnya itu ngga pake margarin gitu ya & kalau pake kuning telurnya ada ngga ya pengaruhnya apa mesti putih telur aja?
** kertas untuk melukis adonan harus pake baking paper kalau diganti sama kertas minyak ngaruh ngga ya ??

Maaf ya mbak bannyak tanya soal e Pemula , penasaran tingkat dewa soal e ??

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, maaf mba saya belum pernah coba jd gak tau jg kalau bisa dikukus.

Karena cuman dikit mba ngga ngaruh ke rasa jadi lebih hemat pake putih telur. Kalau pake putih telur bisa lebih kental adonannya jadi bisa membentuk gambar dengan mudah

Sebaiknya baking paper/kertas roti mba, kalau kertas minyak ketipisan takutnya robek nanti

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...