Jumat, 21 Desember 2012

Nagasari Hunkwe



Sudah lama tepung hunkweku tersimpan rapi di lemari. Karena selama ini tersembunyi diantara stok makanan lainnya, jadinya kelupaan. Terakhir dipakai sudah setahun yang lalu. Padahal masih banyak sisanya...ada 5 bungkus. 1 bulan lagi kadaluarsa harus cepat diberdayakan niy. Cari punya cari ketemu hunkwe pisangnya IndoChine kitchen. Cantik...berbentuk cone. Emang kue ini aslinya dari Indonesia. Namanya saja nagasari, tapi cukup populer di Malaysia dan sekitarnya. Umumnya kalau kita di Indonesia dibungkus pipih biasa dengan daun pisang seperti amplop. Tapi hari ini aku mau coba versinya IndoChine kitchen. Cantiiik...seperti rasanya!! Cuman aku gak punya cetakan conenya jadi cuman pakai daun pisang yang dibentuk kerucut. Jadi juga...cantik juga ^^


Untuk resep ini aku modifikasi dikit. Aku menggunakan santan dan air pandan supaya hasil akhirnya lebih wangi.

Bahan :
- 120 gr tepung hunkwe putih
- 240 gr gula pasir
- 700 ml santan dari 1 butir kelapa

- 140 ml air pandan+suji
- 1/2 sdt garam
- 2 buah pisang raja matang, kukus potong tipis

- daun pisang yang sudah dijemur/dipanaskan agar lentur

Cara membuat :
  1. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan. Bentuk cone/kerucut lalu plester sambungannya. Letakkan dalam posisi berdiri di atas gelas.
  2. Larutkan tepung hunkwe dengan santan dan air pandan suji. Saring. Tambahkan gula pasir dan garam.
  3. Masak sambil diaduk. Ketika akan mendidih, adonan mulai bergerindil, aduk cepat sampai licin dan meletup letup. Angkat.
  4. Tuang sedikit adonan. Tata beberapa biji potongan pisang di sisinya, tambahkan lagi adonan lalu beri pisang lagi. Terakhir tambahkan adonan. Biarkan hilang uap panasnya lalu simpan di kulkas.
  5. Sajikan dingin lebih nikmat.

11 komentar:

Nisa's Mom mengatakan...

cantiiiiiiiiiiik...!! as always, ya foto nya , ya hasil masakan nya... dudududu...

Nisa's Mom mengatakan...

hadewwwh.. rapiiiii..

Hesti HH. mengatakan...

Tengkyuuuu mbakyu...

Anonim mengatakan...

mba, mau tanya ttg pasta daun pandan homemade kalau sudah jadi bisa ditaruh dalam freezer tidak ya, terima kasih banyak ya mba

henny'scooking mengatakan...

Mbak kuenya cakep bener ..dan menggoda sekali, gimana cara bikin kerucutnya kok bisa mulus begini ..:)

henny'scooking mengatakan...

Kuenya menggoda sekali....gimana cara bikin kerucutnya kok bisa mulus begini :)

teea naru mengatakan...

mba cantik banget kuenya.. nyontek yaaa mba..

teea naru mengatakan...

mba cantik banget kuenya.. nyontek yaaa mba..

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : kalau sudah jadi pasta saya kurang tau mbak, tpp prnh denger kata temen baunya hilang.

@Henny : cara bikin kerucutnya pake daun pisang mbak dibentuk conting lalu diplaster ^^

@Teea : silahkan mbak...

Rozy Amir (Owner) mengatakan...

cantik sungguh!

Hesti HH. mengatakan...

Terima kasih mbak Rozy...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails