Minggu, 02 Desember 2012

Orange Butter Cake





Nah resep orange butter cake ini adalah perpaduan resep orange butter cake 'The Little Teochew' dengan cara pembuatan Mrs. Ngsk vanilla buttercake. Dulu aku dah pernah bikin Mrs. Ngsk vanilla buttercake dan puas sekali dengan hasilnya yang lembut karena menggunakan metode pengocokan pisah kuning dan putih telur. Sekarang coba lagi resep lain yang dah pasti enak dan wangi karena pake jeruk sunkist. Hasilnya...walaupun potongannya tidak secantik dan serapi punyanya Ju, rasanya tetap lembut. Bagaimana aku bisa mengharapkan hasilnya secantik beliau sementara aku tidak mengikuti plek resepnya hehe. Butter aku ganti separuh dengan margarin. Ya jelas beda kan...?? apalagi potongnya pas kuenya masih panas karena di luar ada tanda tanda mendung jadi cepat cepat saja difoto. Hasilnya yah seperti di gambar. Tapi kalau rasa dan wanginya jelas harum jeruk secara aku pake parutan kulitnya dan juga sedikit jusnya plus sirup jeruk concentrate. Syegeeer...


Berikut resep dan cara pembuatannya ya...resep aku modif dikit sesuai selera.

Bahan :
- 195 gr terigu protein rendah
- 1 sdt baking powder
- 170 gr salted butter (aku, 100 gr butter +70 gr margarin)

- 150 + 50 gr gula halus
- 2 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
- 1 1/2 sdm parutan kulit jeruk

- 25 ml sirup jeruk concentrate + 50 ml air jeruk

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 190C atau 375 F. Olesi loyang bulat diameter 20 cm atau loyang kotak 18cm dengan butter dan taburi tepung terigu.
  2. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan 50 gr gula sedikit demi sedikit dan kocok terus sampai jambul petruk/soft peak. Sisihkan.
  3. Dengan mixer kecepatan sedang, kocok butter, margarin dan sisa gula halus sampai pucat sekitar 2 menit. Tambahkan parutan kulit jeruk dan kuning telur satu persatu sambil dikocok.
  4. Turunkan kecepatan mixer jadi rendah. Masukkan tepung sambil dikocok hingga rata bergatian dengan air jeruk. Jangan over mix.
  5. Masukkan putih telur dalam 2 tahap sambil diaduk balik sampai adonan rata. Tuang ke loyang dan panggang selama sekitar 40 menit atau sampai ditusuk keluar dalam keadaan kering.
  6. Angkat. Biarkan dingin lalu potong potong.

5 komentar:

dkmcakes mengatakan...

Halo Mbak Hesti, salam kenal :)

mau tanya untuk sirup jeruk concentrate pake merek apa ya ?
tengkyuuu

nina

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak,

Aku pake ABC orange krn cuman itu yg ada di sini ^^

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak,

Aku pake ABC orange krn cuman itu yg ada di sini ^^

Jejak Ummu Nabilah.Alya.Alifah mengatakan...

wahh terlihat moist sekali. Ingin nyoba deh. Makash shareny mbk hesti. Salam kenal :> oiya mau nanya. ini dgn resep yg vanilla butter lembt yang mana mbk?

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak, kayaknya masih lembut vanilla butter cake mbak.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails