Senin, 10 Desember 2012

Cobe' Cobe' Lasuna



Cobe' cobe' lasuna adalah salah satu jenis sambelnya orang Makassar. Banyak macam sambel yang lain, tapi kalo tuk ikan bakar bapakku paling suka bikin sambel ini. Iya, di rumahku bukan hanya mamaku yang pandai memasak. Bapak juga sering turun ke dapur, hehe. Malah beberapa resepku adalah hasil berguru sama bapak ^^

Cobe' cobe' artinya sambel, lasuna berarti bawang merah. Jadi cobe' cobe' lasuna adalah sambel yang menggunakan bawang merah goreng. Warna cokelat selain dari bawang merah juga didapat dari penggunaan kecap dan gula merah. Aslinya tidak menggunakan tomat tapi bapak biasanya menambahkan sedikit agar sambel tidak terlalu pedas. Biasanya digunakan tomat sayur atau tomat ranti. Bahan lainnya sama dengan sambel pada umumnya. Ada terasi, cabe rawit dan garam. Setelah jadi diberi perasan jeruk nipis. Manteeep rasanya...!!

Bahan :
- 10 buah cabe rawit
- 1 buah tomat sayur, bakar/goreng
- 1 sdt terasi bakar
- 5 sdm munjung bawang merah goreng
- 1 sdm kecap manis (atau sesuai selera)
- 1 sdt gula merah
- garam secukupnya
- air jeruk nipis dari 1/2 buah

Cara mebuat :
Ulek cabe, tomat, terasi, gula merah. Tambahkan bawang goreng dan ulek agak halus, tambahkan kecap manis lalu terakhir beri perasan jeruk nipis.





Sambel ini di rumahku biasa dinikmati dengan ikan bakar, sayur dan potongan jambu bol putih yang sudah matang sekali. Rasanya asem manis dan lembut. Teksturnya seperti gabus kalau sudah matang sekali. Kalau masih muda sepet abisss...

21 komentar:

  1. waaah, bakalan gue coba deh resepnya :D

    BalasHapus
  2. eanak tenan mbak..........

    BalasHapus
  3. Sambal ehm.... enak nich mba hesti.. wajib dicoba nich..

    BalasHapus
  4. Makasih MBak Rahmawati, Zulfa dan Mbak Tati. Iya emang enaaaak...kalau ukuran sesuai selera masing masing bisa dimodifikasi mbak yang penting intinya sambel ini menggunakan banyak bawang goreng...

    BalasHapus
  5. Ibu Hesti,

    Resepnya menarik sekali, mau undang ibu untuk gabung di dapurmasak.com yuks, kamu bisa bangun buku masak kamu disini, bedanya sangat mudah untuk post dan cantik, selain itu kamu bisa dapatkan banyak hadiah sepertiyg sedang berlangsung sekarang di http://dapurmasak.com/reward?ref=topMenu

    resep yg ibu Hesti post tetap jd milik ibu Hesti, disini kamu bisa berjejaring seperti facebook :). Mohon bantuan ibu Hes utk cobain yah :)
    Kalau ga keberatan mau undang ibu Asri untuk bergabung nih :) ditunggu yah

    BalasHapus
  6. mudah buatnya...bisa nyontek nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneeer...super gampil!! sesuaikan selera aja mbak.

      Hapus
  7. Salam kenal kak Hesti....
    sy sering baca blogx, tp bru komen sekarang. Sejujurnya sy ga pernah masak, tapi baca blognya kak Hesti jadi kangen masakan Bugis-Makassar. Ditunggu postingan resep masakan tradisional yg lain ya kak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak Novi,

      Hehe...makasih dah mampir ya. Yang jelas masih banyak resep masakan bugis makassar menunggu antrian tuk dicoba.

      Hapus
  8. pengen langsung praktek ah.. mkasih resepnya yah mb hesti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa mbak, semoga suka selera sulawesi ^^

      Hapus
  9. Salam kenal mbak Hesti
    sambelnya bikin inget sambel bikinan mama heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu yuk bikin sendiri...

      Hapus
  10. Sejak pertama lihat posting-an ini, langsung terbayang2 sambalnya dimakan pake nasi anget, kerupuk, tempe goreng, ikan asin, sayur asem. Huhuhu...ngiler2, pokoknya aku mo nyobain sambel ini. Cocok dimakan pake nasi kan, Hes ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Emang dimakannya sama nasi mbak Tika. Paling enak sama ikan bakar karena rasanya yang cenderung manis. Tapi enak juga sama ikan goreng kok...sebenranya mirip sambal di Jawa. Aku lihat di rumah suami, bikin sambel digoreng semua bahannya termasuk bawangnya. Jadi rasanya mirip mirip cuman yang ini ada tambahan kecap dan jeruknya...sedaaap

      Hapus
    2. Aku udah bikin nih... :) Enaaaakkk dimakan pake ikan bawal goreng. Thanks ya Hesti....

      Hapus
  11. Alhamdulillah kalo Mbak Tika suka...makasih juga mbak.

    BalasHapus
  12. mbak hesti.... tolong dibagi dong kalo tau resep sambel kacang ala makasar? jadi kangen makasar, hehe..

    BalasHapus
  13. Saya belum pernah buat dan baru tau kalau ada sambal kacang khas Makassar. Apa yg dimaksud sambal sate kah??

    BalasHapus
  14. kak hesti ,,munjung bawabg merah itu apa ya?, Arini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Munjung itu penuh. Jadi bawang gorengnya 5 sdm penuh mbak ^^

      Hapus

Related Posts with Thumbnails