Kamis, 22 November 2012

Yogurt Cheese Cake with Blueberry Topping




Memang resep ini niy yang aku tunggu tunggu, soale dari kemaren pengen ngabisin creamcheese tapi bingung mau bikin apa karena cuman dikit. Eh pas bener Kak CT posting resep yogurt cheesecake ini di blognya. Cuman membutuhkan 125 gr creamcheese. Segera siapin bahan dan buat sebelum cream cheesenya jamuran...makasih Kak CT buat resepnya ya. Resep asli bisa dilihat di Ros Jintan Manis yang menggunakan cream cheese 100 gr.




Hasilnya enaaaaak, ringan dan yang pasti cheesy lah. Modelnya kayak Japanese cotton cheesecake. Tapi emang aku lebih suka yang model gini dibandingkan cheesecake berat ala amerika or eropa yang super duper ngeju, hehe. Lidahnya nggak terlalu cocok ^^

Berikut resepnya ya, tapi aku menggunakan loyang persegi panjang brownies karena cuma punya springform ukuran 22cm. Takut ketipisan hasilnya. Ternyata pas. Aku alasi juga dengan kertas roti setelah dioles mentega. Gampang ngangkatnya dari loyang, yang penting kertasnya dibuat melebihi tinggi loyang.

Bahan A :
- 125 gr cream cheese
- 30 gr mentega
- 20 gr gula kastor
- 3 kuning telur 

- 2 sdm plain yogurt
- vanili

Bahan B :
- 40 gr tepung maizena
- 20 gr tepung protein sedang/rendah

- 20 gr susu bubuk full cream

Bahan meringue :

- 3 putih telur 

- 40 gr gula kastor

Topping :

- blueberry topping

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang segi empat untuk water bath(cara au bain marie). Isikan air ke dalam loyang dan panaskan pada suhu 160 - 170' C. Alasi dasar loyang springform 18 cm dengan baking sheet dan olesi mentega di sekeliling loyang. Bungkus bagian luar loyang dengan alumunium foil agar isi loyang tidak terkena rembesan air.  
  2. Bahan A : kocok cream cheese bersama gula kastor dan mentega hingga lembut. Masukkan kuning telur dan kocok hingga agak mengembang, menyusul plain yogurt dan vanili lalu kocok sampai rata.
  3. Satukan semua bahan B dan aduk rata. Masukkan campuran tepung ke dalam bahan A dan aduk rata, sisihkan. 
  4. Meringue : kocok putih telur hingga berbuih, lalu masukkan gula sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga jambul petruk.
  5. Masukkan adonan meringue ke dalam adonan tepung dalam 3 tahap sambil diaduk balik. Jangan terlalu lama mengaduk adonan, nanti overmix.  Pastikan meringue betul-betul tercampur rata dalam adonan dan jangan gunakan mixer, gunakan sendok kayu atau spatula. 
  6. Tuang adonan ke dalam loyang springform. Bakar selama 40 sampai 45 menit atau sampai permukaan kue berwarna cokelat keemasan. Dinginkan di atas rak kawat dan tuangi atasnya dengan topping blueberry, setelah hilang uap panasnya baru dimasukkan ke dalam kulkas selama 2 hingga 4 jam baru dipotong.  Hidangkan dingin lebih nikmat.

48 komentar:

coretanderbi mengatakan...

mbak hesti..ayoo..daftar master chef indonesia...
1000% aku dukung mb hesti...
*minimal 3 besar insyaallah...

tika hapsari nilmada mengatakan...

Waaaaa....keliatan lembuuuuttt.. mau bikin ah. Enak ga, Hes ? :p

lafia rahman mengatakan...

duuh mbak hesti,,cakenya bikin ngiller abiis,,bolehlah rima cpy ya resepnya...

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaah...tersanjung aku mbak, tapi gak mungkin karena akunya jauh dari Jakarta. Lagian nggak PeDe kalo pake acara masuk tipi, aku orang belakang layar aja mbak ^^ but makasih banyak apresiasi dan supportnya *hugs*

Sashy mengatakan...

Mba hesti bagi donk cakenya ngilerrr berat

Hesti HH. mengatakan...

Iya emang beneran lembut mbak...rasanya enak lembut dan ringan khas pengocokan pisah telur. Apalagi ada blueberrynya jadi lebih segar. Oh iya aku lupa, waktu bikinnya ada kecelakaan, loyang water bathnya bocor airnya netes habis ke oven terpaksa sementara manggang aku keluarin kuenya dan aku tutupin alfoil ke sekeliling loyang waterbathnya. Jadi emang harusnya pake loyang tanpa sambungan sih. Alhamdulillah tetep naik juga kuenya, gak tau apa itu yang menyebabkan kuenya agak berongga dikit atau memang pengocokannku yg gak betul ^^

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiih mbak Rima, silahkan dicopy ^^

tika hapsari nilmada mengatakan...

Sip deh...nanti pake loyang biasa ajah. Kalo aku sudah bikin, aku kabarin ya.... *ngiler berat ! Thank you Hesti sayaaanngg :)

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama mbak, oh iya karena di sini gak ketemu blueberry topping aku pake selai bluberry botol yang diencerin dan dipanasin, dikasih maizena dikit biar kinclong dan kental ^^

Hesti HH. mengatakan...

Yuuuuk dicomot mbak Sashy ^^

Ridha Soemansyah mengatakan...

Mba Hesti, klo blueberry diganti buah plum enak ga ya? soalnya beli plum tapi ternyata ga ada yang suka makan, jadi pengen coba dibikin buat toppingnya ini.

Hesti HH. mengatakan...

Sejujurnya saya juga gak tau mbak krn gak pernah makan buah plum, hehe. Tapi kalo di rumah gak ada yg suka apa gak sayang kalo ditaruh di atas kuenya, entar kuenya nggak ada yang makan hehe ^^

ira rodrigues mengatakan...

Lembut banget penampakannya Hes. aku prnh bikin topping citrus, tp asli gak selembut punya kamu. kapan2 aku contek! hihi

adi joos mengatakan...

Mbak hesti tolong kasih resep roti santen atau biasa di sebut roti kijing..trims

adi joos mengatakan...

Mbak hesti buat roti santen doank..buat nenek sukanya roti santen atau roti kijing. Tanks

Ajeng Rani R mengatakan...

Wah mba..beneran bikin ngiler fotonya. Keliatan lembut bangeeett.. ^^ Kirain itu toppingnya pake selai blueberry yang masih ada buahnya :)

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, emang lembut. Enak juga kayaknya rasa cirus ya *ngeces* kebayang deh rasanya...hehe

Hesti HH. mengatakan...

Aku udah lihat di google mas Adi, nggak ketemu resepnya. Kalaupun ada disebutin bahan tapi gak ada jumlahnya. Baru dengar juga roti ini dan langsung tertarik sih mas, tapi belum ketemu resepnya. Maaf belum bisa bantu...

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiih mbak Ajeng. Bener pake selai aja mbak, merek Mariza kalo nggak salah. Diencerin dan ditambah larutan maizena biar gal terlalu kental dan asem.

ila mengatakan...

Mbak ini rasanya mirip ga ama Cheddar Cheese Cake? kok komposisi bahannya mirip meski ga sama.. saya juga bukan penggemar new york cheese cake, jadi tertarik pengen nyoba tapi takut berasa enek kejunya.. klo CCC sih sukaaaa... btw selamat ya mbak resepnya dah masuk Aroma Malay..

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak hesty, mbak aku ijin praktek cake ini ya... Aku mau nanya maizenanya lebih banyak ya dari terigunya? Makasih loh sebelumnya...

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiiih mbak ucapannya.

Iya mirip tapi lebih lembut menurutku. Dan memang resepnya maizenanya lebih banyak.

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbak, betul mazenanya memang lebih banyak...good luck bikinnya yaaa...

Anonim mengatakan...

Makasih mbak Hesty, udak aku coba kemaren. Hasilnya puas banget...... Mbak, aku pake cream cheese yummy kemasan kuning (light cream), aku lihat ada juga kemasan warna merah. Beda gak sih penggunaannya? Mbak aku juga mau ijin coba cake sirop jeruknya... Good luck juga ya....

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillaaahhh...

Kalau nggak salah yang kuning itu light mbak, kalo yang merah creamcheese biasa lebih padet. Kalau untuk cheesecake sebenarnya lebih bagus yang merah mbak, karena kurang kandungan airnya. Tapi nggak papa juga sama sama creamcheese kok cuman kadang agak asin dikit.

Anonim mengatakan...

Thx mbak... You are so inspiration...

Anonim mengatakan...

resepnya emang woke mbak...saya berhasil on my first try lhooo
sesuatu banget deh hahaha
step by step nya jelas bgt
tengkiu ya mbakkk

tee mengatakan...

Mbak loyang buat water bathnya emang harus segi empat ya?oya gak pngn nyoba bikin mille crepe kah mbak?hehehe

yan mengatakan...

mbak, resepnya dah kupraktekkan. enak gak enek hehehe...
tu cake nya emang agak beremah ya mbak?soalnya gak pernah tau cake nya kyk apa.jd gak ngerti punyaku hasilnya dah bener ato gak.trus klo belom sampe coklat atasnya ngaruh gak sama rasanya?maaf ya mbak banyak nanya soalnya ni pertama kalinya bikin cake.makasih mbak.

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, makasih ya dah diinfoin ^^

Hesti HH. mengatakan...

Nggah harus kok yg penting ukurannya lebih besar dari loyang adonannya.

Hesti HH. mengatakan...

Makasih ya mbak udah laporan.
Tentang tekstur yang beremah harusnya nggak sih mbak. Mungkin mbak ngocok putih telurnya kelamaan. Harusnya nggak boleh sampai kaku cuman sampai soft peak/jambul petruk. Biasanya itu menyebabkan kue turun ataupun beremah.

Kalau atasnya nggak cokelat bisa aja bau telurnya masih terasa karena kurang garing walaupun dah matang.

hera mengatakan...

Ass. Mbak Hesti sy buat resep ini tadi malam, hanya agak kecewa karena hasilnya kok tidak padat seperti contohnya (terlalu lembut sampai berantakan kalau dipotong)hiks...hanya kalau rasa sih enaaak tidak enek n pagi pagi dieksekusi langsung 2 iris. Kira kira apa penyebabnya ya Mbak Hesti?

Rika mengatakan...

Mbak Hesti, putih telurnya dikocok dengan kecepatan rendah atau tinggi? Kira2 berapa lama ya sampai jambul petruk?
Lalu gula kastor bisa diganti gula pasir biasa gak? Pengaruh gak ke tekstur/hasilnya? Makasih ya mbak.. :)

Hesti HH. mengatakan...

@ Hera : waalaikumsalam, mungkin air rendaman tuk au bain marienya kebanyakan mbak. Cukup satu cm saja tingginya setelah loyang masuk. Karena kalau dah tinggi airnya pas loyang dimasukin jadi tambah tinggi lagi. Uapnya kebanyakan jadi kuenya terlalu basah, Atau bisa juga loyangnya ada yang bocor/kemasukan air.

@ Rika : kecepatan tinggi tapi sampai jambul petruk tergantung nixer masing masing. kalau heavy duty kayak Bosc atau Kitchen Aid mungkin 5-7 menit. kalau handmixer biasa sekitar 10 menitan. Tandanya kalau adonan diangkat ujungnya akan melengkung ke bawah tapi gak netes. kalau jambulnya udah lurus ke atas artinya kelamaan mixernya.
Bisa pakai gula pasir tapi jangan yg terlalu kasar supaya mixernya gak lama.

Hera mengatakan...

Ass. Terima kasih untuk jawabannya Mbak Hesti, kalau saya ingat memang airnya lebih mungkin 3 cm. Nanti sy mau coba lagi, tdk akan bosan soalnya rasanya bikin ketagihan.

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Semoga sukses di percobaan berikutnya ya mbak...

asty mengatakan...

Mb,a koq bikin ngembang dikit n rada bantet gitu..knp y?

Nottinia mengatakan...

Mba Hesty tips triknya biar cake tetap ngembang apa ya? Cake aku pas udh dingin nyusut smp hampir setengahnya pdhal meringue sdh smp soft peak...

Anonim mengatakan...

mba hesty 'plain yogurt' y gimana ya, kalau pake yogurt y sehari2x bisa nggak dipakai ya mbak, karena diwilayah saya tidak ada plain yogurt nya... makasih mbak

Hesti HH. mengatakan...

@Asty : mungkin pas nyampur putih telurnya kurang rata atau bisa juga ngaduknya kelamaan mbak

@Nottinia : aduknya perlahan aja mbak, supaya udara yg udah terbentuk nggak kempes kembali

@anonim : boleh mbak. Plain yogurt itu yogurt biasa tanpa rasa mbak ^^

Firlia Iskandar mengatakan...

Mbak hestiiiiii... I did it hehe, yoghurt kuganti sour cream yg hampir kadaluarsa. Alhamdulillah jadiiii, seneng deh. Makasih banyak mbak, mo ubek2 blognya mbak hesti n praktekin resep lg nih :)

Anonim mengatakan...

Mba Hesti.. Mo nany, kalo Cream Cheeseny di ganti Mascarpone piye mba ? Soalny cari Cream Cheese di daerahku ssh bngt mba.. :'( seringan ngga adany e..

Hesti HH. mengatakan...

@Firlia : yeayyyyyy, ayo ditunggu reep berikutnya yaaa

@Anonim : bisa aja mbak, cuma kurang nendang aroma dan rasa kejunya. Tapi gak masalah kok

Anonim mengatakan...

Mba hesti yg juara baking n cooking, saya salut bener dech sm mba hesti, jago bngt buat cake, kue2, n cooking jg, hasil karyanya cantik2 n trlihat enak2 yummii bngt, gak prnh bosen brselanacar di blog mba ni, tp bru berani cake yg mudah2 aja yg sy praktekin dr sekian bny postingan mba hehe.. tp alhamdulillah yg udh sy coba enak2 dan gak bantet lho hehe... diantaranya cake pandan, cake marmer, n cake apa lg ya ..lupa hehe pokoknya yg mudah n anti gagal lh yg sy berani coba. Makasih utk smua resep n tips2nya y a mba, smoga mba hesti slslu sehat ya..aamiin.
Saya udah lma tertarik dgn resep ini, inginberanikan diri buat nyobain cake jenis bginian, prtnyaannya apa hrus pake cream cheese ya mba gak bs dignyi keju cheddar biasa gitu?...
makasih sebelumnya ya, sukses slLu tuk mba hesti, salam_ida.

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaah, alhamdulillah mbak. Amin tuk doa doanya dan makasih tuk apresiasinya.
Senang kalau kue yg dipraktekkan sukses krn tujuanku sharing resep di blog tercapai mbak ^^


Kalau diganti keju cheddar sepertinya bisa saja mbak, hasilnya rasa kejunya lebih tajam. Saya pernah coba waktu bikin JCC. Alhamdulillah enak dan ngembangnya cantik. Kalau mbak bikin jgn lupa reviewnya yaaaa

eka agustina mengatakan...

Assalamualaikum mbak hesty,,suka deh jalan ke blogny mbak hesty,hmpr tiap hari nyempetin mampir,,mbak saya ijin coba resepny y(sbnrny udh sering coba resep2 mbak hesty,,cm baru ijin skrg hehe,maaf y mbak)Alhamdulillah semuany berhasil,,makasih y mbak udh berbagi resep,,semoga barokah,aamiin...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, silahkan dicopy mbak...makasih uah jadi pembaca setia dan udah dipraktekkan yaaaa ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails