Kamis, 08 November 2012

Pumpkin Bread with Cream Cheese Filling




Tadi lihat postingan mbak Lindawati Kurniawan di IDFB langsung ngileerr. Pokoknya harus bikin hari ini. Sudah nggak tahan pengen nyobain, hihi. Alhamdulillah semua bahan ada. Sebenarnya labunya kemarin aku beli buat disayur...tapi entar aja yaaaa. Ada yang lebih menggoda...
Resepnya Mbak Linda lihat di Joy of baking, tapi aku lihat cantikan dan kayaknya lebih moist punya mbak Linda. Mungkin karena pake loyang agak tinggi dan kurus jadi hasilnya membumbung tinggi dan tentunya lebih lembab. Aku tadi bikinnya lupa masukin air *saking semangatnya* tapi jadinya tetap lembut kok. Dan yang paling bikin gak tahan tentu saja bau spekkuknya yang wangi. Karena nggak ada kacang dan coklat chips aku pake kismis hitam dan kuning saja. Makasih ya mbak Linda inspirasinyaaaa.
Dan seperti biasa, karena bikin percobaan pertama hasilnya cuman 1 loyang loaf dan ternyata kurang euy. Laris manissssss....

Di bawah ini setengah resep dari resep asli Joy of baking ya.
 
Bahan creamcheese filling (proses dengan food processor sampai lembut saja) :
- 115 gr creamcheese, suhu ruang
- 35 gr gula pasir
- 1/2 butir telur

Bahan Bread :
- 225 gr tepung terigu protein sedang
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm bumbu spekku
- 2 butir telur (aku tambahkan 1/2 butir sisa filling)
- 200 gr gula pasir 
- 115 unsalted butter, lelehkan
- 210 gr labu kukus halus
- 60 ml air
- 1/2 sdt vanilla
- 1/2 cup kismis

Cara membuat :
  1. Olesi loyang loaf dengan mentega dan alasi kertas roti. Panaskan oven 350 F atau 175 C.
  2. Dalam wadah ayak campuran tepung terigu, baking powder, baking soda, spekku dan garam. tambahkan kismis.
  3. Dalam wadah lain kocok telur dengan mixer sampai berbusa halus. Tambahkan gula dan mentega leleh dan kocok asal rata dan gula larut.
  4. Masukkan labu, air dan vanila aduk rata. Campurkan adonan ini ke dalam campuran tepung lalu aduk asal tercampur rata. jangan overmix atau kue akan keras hasilnya.
  5. Tuang separuh adonan ke dalam loyang loaf. Ratakan adonan cheese di tengahnya. Lalu masukkan sisa adonan labu dan panggang kurang lebih selama 50 menit. Atau ketika lidi dimasukkan keluar dalam keadaan kering ataupun masih lembab.
  6. Dinginkan di rak pendingin dan sajikan.


15 komentar:

atie @ ejay mengatakan...

pernah buat sekali.. labu kukus masih ada, nak buat lg esok:)

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum
salam kenal mbak. pertama liat blognya mbak,sy langsung jatuh hati. ga cm isi resep n foto asal, tp banyak bgt aneka resep disertai foto2 yg cantik. duh sempurna bgt mbak ini, beruntung anak2 n suami pny wanita sehebat ini,hehe. motretnya pake camera profesional ya mbak ? trs tampilan blog jg menarik, betah sy bertamu lama2 disini sambil ngiler liat foto2nya ...
saya jg seneng masak tp byk malesnya mbak. salut deh mbak rajin bgt bikin ini itu. klo sy krn dapurnya "rame" jdnya males mau kreasi ( halah alasan,hehe).....pengen deh rajin coba bikin2 ky mbak. doain ya mbak,hehehe thx

Hesti HH. mengatakan...

Ditunggu hasilnyaaaaa...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Waaaaah mbak, pujiannya bikin aku melayaaaaang...hehe makasih ya apresiasinya. Iya saya emang serius ngisi postingan blog ini karena dah addicted. Puyeng kalo dah berapa hari ngga blogging. Kameranya alhamdulillah udah DSLR mbak, kebetulan canon EOS 60D.

Kelihatannya aku rajin banget ya mbak, padahal nggak amat amat sih. Kadang juga beli di luar sekali kali. Tapi kalo bikin kue emang sukaaa

Farrah Eungeline mengatakan...

mbak hesti...
mau nana boleh ya.. hiks...
kalo krimer yang suka buat kopi itu bisa ga sih kita bikin kue?
gimana caranya mbak??
abis dirumah ada krimer, tapi ga dimanfaatkan, kan sayang.. hehe
makasih sebelumnya ya mbak.. :)

Alice mengatakan...

aku mau coba ah.... secara aku lg jatuh cinta ama pumpkin :P
tp kyknya yg makan bakal cuma aku ama misua nih heheheheheh

Tati Widarti mengatakan...

Aku udah nyobak mba hesti tapi keju ku keenceran jadi dia larinya kesamping pas ditumpukin adonan yang atas jadi bagian tengahnya ndak kebagian chesee nya ... jadinya ndak cantik tapi rasanya enak banget ...

Hesti HH. mengatakan...

Maksudnya yang kental manis atau yang evaporated mbak? Dua duanya bisa. Tapi kalau yang dicampurkan ke adonan biasanya evaporated, kalau susu kental biasa buat bikin vla sus atau puding. Susu evap jg bisa kok.

Hesti HH. mengatakan...

Cobain deh sama anak anak mbak, siapa tau mereka berubah pikiran. Soale enaaakk ^^

Hesti HH. mengatakan...

Wah kok bisa mbak, telurnya gede kaliiii...tp kan gak papa mbak yang terpenting rasanya hehe

amira munawar mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
amira munawar mengatakan...

Mba hesti mau tanya dong, beli kertas lilin dimana ya? Aku cari cari di toko plastik sama toko alat2 kue gak ketemu mba. Sebelumnya makasih ya mba :)

Hesti HH. mengatakan...

Saya beli di supermarket expatriat di sini mbak. Barangnya langsung impor dari luar.n Tapi gak selalu ada juga. Jarang banget karena jarang yang pake mungkin atau stoknya mmng kurang.

amira munawar mengatakan...

Kayak Ra*nchMarket gitu? Boleh dishare gak mbak nama produknya? terimakasih :)

Hesti HH. mengatakan...

Saya gak pernah ke Ranch Market mbak jd gak ngerti. Nama produknya Scott Cut-Rite wax paper mbak...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails